Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 23 April 2014

Share:

5 Cara Mengubah Tampilan Lock Screen di Windows 8.1

lock screen di windows 8.1 -- cara mengubah tampilan lock screen di windows 8.1

Lock screen di Windows 8.1 adalah tampilan yang menampilkan wallpaper dengan tanggal dan waktu. Tanggal dan waktu pada Lock screen ditampilkan dengan font Segoe UI yang modern. Wallpaper yang ditampilkan pun terlihat menarik dan keren. Tampilan yang terdapat pada Lock screen dapat diubah sesuai selera Anda dengan mengetahui cara mengubah tampilan Lock screen-nya.

Cara mengubah tampilan Lock screen itu semudah seperti mengubah tampilan Start screen, namun tampilan Lock screen hanya dapat diubah melalui PC Settings, tidak ada jalan pintas seperti Start screen. Beberapa fitur dapat digunakan untuk mengubah tampilan Lock screen di Windows 8.1. Lalu bagaimana cara mengubah tampilan Lock screen di Windows 8.1?

Cara Mengubah Tampilan Lock Screen di Windows 8.1

1. Mengubah Gambar Latar Belakang (Background) Lock Screen

Anda dapat mengubah gambar latar belakang dengan wallpaper yang Anda punya, atau mungkin foto sebagai gambar latar belakang Lock screen. Tentunya Anda harus menyiapkan gambar mana yang ingin ditampilkan sebagai gambar latar belakang Lock screen.

Masuk ke PC Settings. Caranya: arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah, arahkan kursor sedikit ke atas, klik Settings. Klik Change PC settings.
change pc settings -- cara mengubah tampilan lock screen di windows 8.1

Setelah masuk ke PC Settings, masuk ke PC and devices > Lock screen. Klik gambar yang tersedia untuk mengganti gambar latar belakang Lock screen, atau klik Browse untuk memilih gambar yang lain.

Jika sudah, klik Choose image.


2. Mengaktifkan Slideshow di Lock Screen

Slideshow pada Lock screen berfungsi sebagai tampilan yang menampilkan beberapa gambar yang berpindah-pindah dengan efek khusus. Slideshow juga dapat menampilkan beberapa gambar dalam satu layar secara bersamaan.

Masih di PC Settings > PC and devices > Lock screen. Pastikan opsi play a slideshow on the lock screen berstatus On.

Pilih folder yang ingin dijadikan sebagai kumpulan gambar slideshow. Jika belum ada, klik add a folder. Jelajahi folder yang sudah berisi beberapa gambar. Jika sudah, klik Choose this folder.

Beberapa opsi lain di bawahnya juga dapat digunakan untuk menyesuaikan tampilan slideshow. Untuk mengetahui fungsinya dan untuk mengetahui cara lebih lanjut mengenai slideshow pada Lock screen, klik di sini.

3. Mengaktifkan dan Menggunakan Kamera di Lock Screen

Ini adalah fitur baru pada Lock screen. Di mana Anda dapat menggunakan kamera di Lock screen tanpa harus pergi dan membuka aplikasi metro kamera.

Masih di PC Settings > PC and devices > Lock screen. Pada grup "Camera", klik dari Off menjadi On pada opsinya.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Pada Lock screen, letakkan kursor mouse pada atas layar, klik tahan pada posisi itu, geser ke bawah kursor mouse sampai bawah layar. Setelah itu, Anda dapat menggunakan kamera pada Lock screen.


4. Mengubah dan Menyesuaikan Notifikasi Aplikasi pada Lock Screen

Secara default, Lock screen menampilkan notifikasi aplikasi metro. Anda dapat menyesuaikan dan mengubahnya dengan mudah.

Masih di PC Settings > PC and devices > Lock screen. Lihat pada grup "Lock screen apps". Pada opsi pertama, Anda dapat menyesuaikan aplikasi mana yang notifikasi-nya dapat tampil di Lock screen. Pada opsi kedua, Anda dapat menyesuaikan aplikasi mana yang dapat menampilkan notifikasi secara rinci. Pada opsi ketiga, Anda dapat mengubah aplikasi mana yang dapat dijadikan sebagai alarm.


5. Menghilangkan/Disable Lock Screen di Windows 8.1

Jika Anda benar-benar merasa terganggu dengan hadirnya Lock screen pada Windows 8.1, Anda dapat menghilangkan Lock screen dengan cara berikut ini.

Tekan + Q pada keyboard, dan ketik gpedit.msc pada kotak pencarian. Klik gpedit.msc pada hasil pencarian.

Setelah muncul Local Grup Policy Editor, masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > Control Panel > Personalization. Dan klik dua kali pada "Do not display the lock screen".

Pilih Enabled dan klik Ok. Restart PC atau Sign out dan masuk kembali.


Akhir Kata

Sepertinya tutorial Windows 8.1 dan tips trik Windows 8.1 di atas mudah dilakukan. Anda dapat berkomentar melalui kotak komentar di bawah jika merasa ada yang kurang atau belum bisa dimengerti. Ikuti tips trik Windows 8.1 lain di blog ini!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.