Cara Pulihkan Email Yang Terhapus Di Gmail

Cara Pulihkan Email Yang Terhapus Di Gmail

Pernahkah kalian tanpa sengaja menghapus pesan masuk yang di Gmail, lalu mengetahui jika pesan tersebut penting dan harus kita simpan sebagai backup.

Pertanyaannya adalah apakah kita bisa mengembalikan pesan yang sudah terlanjur dihapus baik sengaja maupun tidak sengaja? Tentu sangat bisa.

Gmail telah memberikan fasilitas baru bernama Trash/Sampah yang pada dasarnya fitur ini akan membantu menyimpan pesan yang terhapus masuk sementara ke dalam folder Sampah. 

Fungsinya kurang lebih mirip dengan Recycle Bin pada komputer, dengan harapan bila pengguna ingin mencari file yang terhapus bisa direcovery kembali.

Lalu bagaimana dengan cara pulihkan email yang terhapus di Gmail? Di bawah sudah kita terangkan dalam dua versi, simak penjelasannya sampai akhir.

Cara Pulihkan Email Yang Terhapus Di Gmail

Jadi ada dua versi untuk mengembalikan pesan email yang terhapus di Gmail. Yang pertama cara untuk versi komputer / laptop dan yang kedua cara untuk aplikasi Gmail pada smartphone.

Kurang lebih sebetulnya kedua cara tersebut hampir sama, tinggal kalian masuk ke folder Sampah kemudian pilih pesan yang ingin di recovery.

Akan tetapi, fitur Sampah ini hanya menampung email-email yang sudah dihapus dalam 30 hari. Maka setelah 30 hari, email berada di folder Sampah akan terhapus secara otomatis dan permanen.

Berikut cara pulihkan email yang terhapus di Gmail dengan mudah dan lengkap.

Cara 1 : Menggunakan Komputer / Laptop

  1. Pertama kita buka dulu browser PC.
  2. Masuk ke dalam website Gmail di www.gmail.com
  3. Login terlebih dahulu bila belum.
  4. Kalau sudah masuk ke tampilan akun Gmail, perhatikan pilihan menu dibawah tombol Tulis. Scroll kebawah dan temukan folder Sampah.Pencet Folder Sampah PC
  5. Klik kanan pesan yang ingin kalian kembalikan, lalu pilih Pindah ke Kotak Masuk.Klik Kanan Dan Pindah Ke Kotak Masuk
  6. Silahkan kalian cek.

Cara 2 : Menggunakan Smartphone

  1. Buka aplikasi Gmail pada ponsel kalian.
  2. Pastikan kamu sudah Login ke akun masing-masing.
  3. Setelah itu klik icon strip tiga di pojok kiri atas.Pencet Icon Strip Tiga
  4. Scroll kebawah lalu tap folder Sampah.Ketuk Folder Sampah Mobile
  5. Pilih pesan yang ingin kamu kembalikan.
  6. Ketuk tahan pesan sampai terseleksi, lalu tap icon Titik Tiga di pojok kanan atas.Pencet Icon Titik Tiga
  7. Pilih Pindahkan ke.Klik Pindahkan Ke
  8. Lalu pencet Utama.Klik Menu Utama
  9. Silahkan kamu cek.
Tutorial Lain :

Ingin mengubah mengubah bentuk warna, ukuran, dan posisi aligment tulisan di Gmail? Berikut panduan cara mengubah font di Gmail secara lengkap.


Akhir Kata

Demikian adalah tutorial tentang cara pulihkan email yang terhapus di Gmail. Fitur sampah ini memang sangat membantu, namun yang perlu kalian perhatikan adalah folder sampah hanya menampung file yang dihapus 30 hari sebelumnya.

Jika lebih dari itu maka pesan akan hilang permanen. Jadi kamu tidak bisa memulihkan pesan 5 bulan yang lalu. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.