Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut (MDPL)

Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut

Untuk mengetahui ketinggian tempat MDPL (dari permukaan laut), kita tidak perlu alat khusus untuk mengukur suatu lokasi.

Badan lembaga resmi yang berwenang dalam urusan geografis Indonesia, tentu mereka lebih memiliki alat yang canggih. Akan tetapi kita sebagai orang awam, juga dapat mengetahui ketinggian tempat dari permukaan laut secara mudah.

Bahkan alat yang digunakan disini sangat sederhana, yaitu fitur Maps milik browser Microsoft Edge dan Google Chrome.

Cara seperti ini sangat mudah dilakukan, selain bukan hanya ketinggian tempat dari permukaan laut (mdpl), terdapat banyak informasi tentang lokasi yang ingin kita ketahui.

Keterangan yang ditandai untuk melihat mdpl disebutkan dengan Sea Level. Mungkin bagi kalian ingin riset ketinggian mdpl untuk mengetahui sebuah suhu, kontur, komoditi alam, prediksi bencana alam di suatu wilayah tertentu, bisa cara lebih mudah melalui fitur maps berikut.

Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut (mdpl)

Dijaman yang serba canggih seperti saat ini, mengetahui suatu lokasi, karakteristik tempat, seperti kontur, ketinggian, suhu dan sebagainya bisa dilakukan dengan mudah melalui bantuan visual digital seperti maps.

Seperti contoh mengetahui ketinggian tempat dari permukaan laut, kamu bisa memakai cara menghitung detail angka ketinggian tersebut cukup melalui maps.

Meskipun titik akurasi angka mdpl tidak sejelas melalui riset dan penelitian yang dilakukan badan khusus, setidaknya angka tersebut bisa menjadi acuan seseorang, dalam menentukan berbagai kondis di sebuah titik lokasi yang dilihat.

Berikut cara ketahui ketinggian tempat dari permukaan laut (mdpl) menggunakan Maps lewat Microsoft Edge dan Google Chrome.

Lewat Microsoft Edge

Sebagai pengguna Windows, kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya browser Microsoft Edge. Aplikasi berikut memiliki beragam fasilitas baru, salah satunya menyediakan fitur maps berstandar keterangan ilmiah.

Disini kita akan fasilitas maps tersebut sebagai cara mengetahui ketinggian mdpl.

  1. Buka browser Microsoft Edge.
  2. Setelah itu akses website mapcoordinates.net
  3. Saat jendela map sudah terbuka, scroll kebawah sampai kamu menemukan tampilan peta digital.
  4. Gunakan fasilitas Search untuk mencari kota, atau lokasi yang ingin kamu ketahui.1 Gunakan Fitur Search - Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut
  5. Ketikkan saja disana, misalnya Jakarta, dibawahnya akan keluar rekomendasi lokasi yang ingin ditemukan, pilih salah satu list-nya.2 Pilih Rekomendasi Lokasi - Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut
  6. Setelah itu maps langsung bergeser ke tempat yang ingin kamu lihat.
  7. Perhatikan keterangan diatas titik lokasi, untuk mengetahui ketinggian tempat dari permukaan laut, ditunjukkan dalam kolom Sea level.3 Lihat Sea Level - Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut
    Keterangan :
    Latitude : Lintang
    Longitude : Bujur
    Sea Level : Ketinggian diatas permukaan air laut (mdpl)
  8. Kalau ingin spesifik lagi melihat suatu wilayah khusus, ketuk dan tahan titik koordinat berwarna biru.4 Geser Titik Lokasi - Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut
  9. Geser titik tersebut di atas lokasi yang ingin kamu ketahui.
  10. Keterangan tersebut akan muncul.
  11. Selamat mencoba

Lewat Google Maps

Cara yang kedua bisa menggunakan fasilitas Google Earth milik browser Chrome. Kurang lebih fungsi berikut hampir sama seperti diatas, menampilkan secara utuh maps dan memperlihatkan detail informasi tentang geografis sebuah tempat.

Google Maps merupakan aplikasi yang paling sering digunakan, aksesnya yang mudah, tanpa ribet download aplikasi, bahkan Google telah menyematkan maps di dalam menu search engine mereka.

  1. Pertama buka browser Google Chrome.
  2. Buka browser dan kunjungi laman earth.google.com5 Buka Google Earth - Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut
  3. Gunakan tombol pencarian untuk menemukan lokasinya. Silahkan ketuk icon Search.6 Gunakan Fitur Search - Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut
  4. Ketikkan lokasi yang ingin kamu ketahui.
  5. Di bawah akan muncul list rekomendasi lokasi, dan klik salah satu.7 Pilih Rekomendasi Lokasi - Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut
  6. Setelah kamu dibawa ke tampilan lokasi, arahkan kursor tepat diatas titik koordinat warna merah.
  7. Perhatikan status angka yang muncul di paling pojok kanan bawah layar.8 Lihat Ketinggian Laut - Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut
  8. Angka tersebut menunjukkan ketinggian mdpl lokasi yang kamu tunjuk dengan cursor.
  9. Untuk mengetahui ketinggian di tempat lain, tinggal kamu gerakkan cursor di atas tempat yang diketahui.
  10. Secara otomatis keterangan mdpl juga akan berubah menyesuaikan gerak kursor kamu.
  11. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Bagaimana sangat mudah bukan melihat ketinggian tempat dari permukaan laut (mdpl), menggunakan fitur maps digital? Saat ini banyak cara praktis yang bisa kita lakukan, bahkan mengetahui detail mdpl saja sudah bisa lewat aplikasi khusus. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar