Cara Mengatasi Error Msvcr100.Dll Missing Di Windows 10

Error MSVCR100.dll bukan termasuk kerusakan yang fatal, pengguna akan dihadapkan dengan notifikasi popup bahwa sedang terjadi masalah pada komputer saat memulai, membuka atau memasang program tertentu. Contohnya seperti aplikasi, program dan game.

Pesan yang dikirimkan bermacam-macam, yang peratama jendela popup akan memunculkan notifikasi “Msvcr100.dll Not Found”, kemudian ada juga pesan yang dikirim “The program can’t start because MSVCR100.dll is missing from your computer”. Try reinstalling the program to fix this problem”,  dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan msvcr100.dll.

Penyebab Error Msvcr100.dll

Sebelum masuk kedalam cara mengatasi error msvcr100.dll missing di Windows 10, kalian perlu ketahui terlebih dahulu apa faktor yang menyebabkan perangkatmu mengalami masalah seperti ini.

Penyebabnya ternyata cukup simpel yakni sistem kehilangan sebuah file yang seharusnya muncul bersamaan dengan jalannya program. Hilangnya file tersebut bisa dikatakan virus, corrupt, atau jenis gangguan lain.

Ketika salah satu file perintah mengalami masalah, seperti hilang atau corrupt, dan kalian tetap memaksa aplikasi terus berjalan…kemungkinan komunikasi internal sistem akan berantakan dan memicu masalah baru.

Biasanya file MSVCR100.dll ini dapat kalian temukan di dalam aplikasi Microsoft Visual C++ Redistributable.

Nanti dibawah akan disediakan metode terkait Microsoft Visual C++, untuk lebih lanjut mari kita masuk ke segmen cara mengatasi error msvcr100.dll missing di Windows 10.


Cara Mengatasi Error Msvcr100.Dll Missing Di Windows 10

Segala permasalahan ujung buntutnya tidak selalu soal reset ulang, seperti error MSVCR100.dll, kalian bisa gunakan beberapa opsi mudah untuk kembali memulihkan sistem yang rusak.

Dibawah telah kita sediakan cara mengatasi error msvcr100.dll missing di windows 10, silahkan pilih salah satu yang menurutmu efektif dan membantu.

Cara 1 : Install Ulang Microsoft Visual C++ Redistributable Package

Faktor penyebab error MSVCR100.dll salah satunya dari file instalasi Microsoft Visual C++ rusak. Coba lakukan install ulang khusus untuk versi Microsoft Visual C++ Redistributable, maka sistem bakal kembali pulih.

  1. Silahkan kamu download terlebih dahulu Microsoft Visual C++ Redistributable Package di website resmi Microsoft.
  2. Klik tombol vc_refistx86.exe atau vc_redistx64.exe, sedikit penjelasan untuk x86 versi 32-bit sedangkan x64 merupakan versi 64-bit, jadi sesuaikan type Operating System yang digunakan pada perangkat komputer kalian.Lihat Berdasarkan System TypeDownload Salah Satu
  3. Tunggu proses download selesai.
  4. Setelah itu kamu install program tersebut dengan cara double klik filenya.Install Aplikasi
  5. Saat jendela install muncul, kamu hanya perlu mencentang I have read and accept the license term. Dan klik Install.Centang I Have Read Dan Install
  6. Tunggu proses install selesai.
  7. Terakhir tinggal kamu coba jalankan aplikasi, program atau game yang error.

Cara 2 : Download Dan Replace File MSVCR100.dll

Cara mengatasi error msvcr100.dll missing di Windows 10 yang kedua yaitu dengan mereplace file msvcr100.dll itu sendiri dengan file baru.

Sebelumnya silahkan download terlebih dahulu file tersebut, kemudian paste di partisi disc C:/.

  1. Download terlebih dahulu file MSVCR100.dll terlebih dahulu.
  2. Setelah itu cari cari hasil download, kemudian klik kanan untuk memiliki Copy.Copy File Baru
  3. Jika kamu menggunakan tipe sistem OS 32 bit maka Paste file tersebut kedalam alamat direktori C:\Windows\System32. Sedangkan jika tipe sistem OS milikmu 64 bit silahkan paste ke alamat direktori C:\Windows\SysWOW64.Paste Di Alamat Yang Ditentukan
  4. Jika muncul konfirmasi replace, silahkan ketuk tombol Replace File.

Cara 3 : Update Sistem OS

Opsi terakhir yang kita berikan yakni melakukan update Windows 10 ke versi terbaru, karena dengan opsi ini perangkat dapat memperbaiki dengan sendiri internal sistem dari bug, virus, atau sistem yang tidak kompatibel dengan versi baru.

  1. Sambungkan ke Internet.
  2. Silahkan masuk ke menu Start, lalu klik tombol Pengaturan.
  3. Buka tombol Update & Security.
  4. Masuk ke dalam menu tab Windows Update.
  5. Setelah itu pencet tombol Check For Update, jika status komputermu perlu di update, maka akan keluar tombol untuk update.
  6. Tinggal tunggu prosesnya.

Akhir Kata

Jika semua cara mengatasi error msvcr100.dll missing di Windows 10 diatas tidak ada yang berhasil, kamu boleh ambil jalur reset ulang. Tetapi sebelum itu backup semua data yang ada di partisi utama. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.