Cara Membuat Undangan Aqiqah Di Photoshop

Cara Membuat Undangan Aqiqah Di Photoshop 1
Cara Membuat Undangan Aqiqah Di Photoshop

Banyak yang sudah tahu peran aplikasi Photoshop ini digunakan sebagai apa, dan kebanyakan pengguna diluar sana mengandalkan software berikut untuk membuat suatu karya grafis digital. Dari mulai mengedit sebuah foto, membuat banner, poster, sketsa gambar, pamflet, kalender, undangan pernikahan hingga undangan aqiqah.

Kita warga Indonesia sangat mengenal betul tradisi Aqiqah ini, jika diartikan makna dari Aqiqah adalah sebuah ucapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas kelahiran anak tercinta dan dengan ditandai dengan beberapa ritual seperti mencukur rambut bayi dan lainnya.

Untuk ikut serta merayakan dan merasakan kebahagiaan dari pemilik acara, terkadang Aqiqah banyak dirayakan dan mengundang kerabat dekat atau orang-orang disekitar untuk sekedar datang dan mengikuti ritual tradisi Aqiqah ini.

Bagi kalian yang sedang atau ingin membuat sebuah undang untuk acara Aqiqah, berikut kami akan sediakan panduan cara membuat undangan Aqiqah di Photoshop.

Kamu bisa berkreasi dan menggunakan kreatifitas masing-masing dalam membuat undangan Aqiqah yang akan dibuat. untuk contohnya, kita akan tunjukkan langkah-langkah dibawah ini.

Cara Membuat Undangan Aqiqah Di Photoshop

Sebelum membuat undangan, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa materi seperti foto bayi yang akan ditampilkan di dalam undangan, serta memastikan kapan acara akan digelar. Setelah itu tentukan ide dan kreasi yang akan dibuat lewat aplikasi Photoshop.

Langkah 1.Buat projek baru

Buat File Baru, Masukkan Ukuran dan Tekan OK

Buka aplikasi Photoshop, kemudikan tekan CTRL + N untuk membuka project baru, setelah terbuka masukkan ukuran kertas di dalam jendela New Project. Kamu bisa ubah satuan ukuran menjadi Pixel, kemudian masukkan ukuran 2600 x 2000.

Lalu yang terakhir tekan tombol OK.

Langkah 2. Membuat tampilan depan belakang

Model undangan yang akan kita buat kali ini adalah undangan dengan dua buah tampilan muka atau bisa dibilang model seperti buku. Dengan itu kita akan memisahkan antara lembar satu dengan lembar kedua dengan menggunakan tools bantuan bernama Guide.

  1. Buat grid dengan menekan tombol View ➜ New Guide.Buat Guide Lewa Menu View
  2. Arahkan tombol pada mode Vertical, kemudian isi kotak Guide dengan angka 47.5% lalu tekan OK. Kemudian ulangi dengan angka 50%, ulangi lagi dengan angka 52.5%.Buat Guide Sesuai Ukuran Dan Pilihan
  3. Selanjutnya untuk membuat tepian samping kita bikin guide lagi dengan format Horizontal 3% dan 97%. Kemudian bikin lagi guide dengan format Vertical 2% dan 98%.Lanjutkan Buat Guide Sesuai Ukuran Dan Pilihan
  4. Sampai membentuk seperti ini.Hasil Guide Kurang Lebih Seperti Ini

Langkah 3. Memberi warna background

  1. Jika semua guide sudah, langkah berikutnya kita beri background undangan dengan warna solid color. Caranya gunakan Tools bernama Rectangular Marquee Tools, kemudian gambar kotak tersebut di sisi samping kiri mengikuti batas guide yang telah dibuat.Buat Persegi Menggunakan Fitur Rectangle Marque Tools
  2. Selanjutnya warnai kotak tersebut menggunakan Paint Bucket Tool, pilih warnanya dengan mengetuk dua kali Set foreground color sebanyak dua kali, pilih palet warna dan tekan OK.Pilih Warna Dan Aktifkan Tools Paint Bucket
  3. Jika sudah tuangkan warna ke dalam kotak tersebut, untuk menghilangkan titik kotaknya bisa tekan tombol CTRL + D.
  4. Ulangi cara diatas untuk membentuk sisi kotak bagian kanan.Ulangi Untuk Sisi Kanan
Mau bikin garis putus-putus di Photoshop ? Tutorial selengkapnya di cara membuat garis putus-putus di Photoshop.

Langkah 4. Menambahkan foto adek bayi

Berikutnya kita akan masukkan foto bayi dengan menekan tombol File ➜ Place, pilih foto file yang ingin dimasukkan.Atur Ukuran Foto Yang Dimasukkan

Letakkan gambar berada di tengah-tengah bagian sisi kotak kiri, sesuaikan ukuran dengan menekan tombol CTRL + T. Ketika kamu ingin mengubah ukurannya sambil tekan tombol Shift agar skalanya rasionya tidak berubah.

Langkah 5. Crop foto bayi

Pada langkah kelima ini, kita akan melakukan crop foto di Photoshop menggunakan Elliptical Marquee Tools. Sehingga foto dicrop menjadi bulat, berikut langkah-langkahnya:

  1. Crop foto bayi tersebut menjadi lingkaran, caranya buat New Layer yang kita tandai di bawah ini.Buat New Layer
  2. Kemudian buat lingkaran Elliptical Marquee Tools di layer baru tersebut, buat dengan menekan tombol Shift agar lingkaran bulat sempurna. Sesuaikan ukuran lingkaran diatas foto bayi yang akan kita crop.Buat Lingkaran Seleksi Menggunakan Elliptical Marque Tools
  3. Setelah itu klik layer foto bayi.Klik Layer Fotonya
  4. Masih di layer foto bayi, kamu bisa tekan tombol CTRL + J.
  5. Delete layer foto bayi yang pertama.Hapus Layer Foto Pertama

Langkah 6. Membuat border

Selanjutnya kita akan kombinasikan beberapa shape untuk membuat hasil undangan jadi makin bervariatif.

  1. Gunakan Pen Tool untuk membuat pita foto bayi tersebut.
  2. Jika sudah selesai ubah warna pita tersebut di kotak yang kita tandai di bawah ini sesuai dengan selera.Ubah Warna Pen Tool
  3. Untuk menambahkan variasi kamu bisa membuat stroke pita menjadi titik-titik atau memperbesar ukurannya.
  4. Ubah warna stroke atau membuat no stroke di kotak yang kita tandai di bawah ini.Berikan Sentuhan Variasi
Mau buka file desain Adobe Illustrator di Photoshop ? Tutorial cara membuka file Ai di Photoshop ini akan membantumu.

Langkah 7. Tambahkan foto lainΒ 

Kamu bisa menambahkan beberapa variasi seperti balon, botol dot atau yang lain-lain di menggunakan referensi gambar di Google.

Pastikan gambar tersebut kamu download dalam format PNG. Jika gambar masih terdapat background, silahkan ikuti tutorial cara menghapus background dengan Photoshop.

Langkah 8. Tambahkan kata pembuka dan penutup

Mendekati tahap terakhir silahkan isi tulisan menggunakan Horizontal Type Tools di bagian sisi kanan undangan. Sesuaikan dengan jadwal dan tambahkan beberapa kata pembuka dan penutup. Pengisian tulisan ini bebas mengikuti keinginan si pembuat.

Sisipkan objek jika kamu ingin menambahkan di bagian sisi kanan undangan.

Untuk mengubah warna tulisan silahkan blok tulisan tersebut dan ketuk dua kali kotak yang kita tandai di bawah ini, setelah itu ubah sesuai selera.Ubah Warna Tulisan

Langkah 9. Simpan undangan aqiqah

Terakhir cara membuat undangan Aqiqah di Photoshop hampir selesai,Β  kamu tinggal save undangan tersebut dengan menekan tombol CTRL + S. ubah format penyimpanan menjadi JPEG. Terakhir tinggal cetak.Save As Dan Ubah Format Penyimpanan

Bagaimana membuat tulisan menjadi melengkung di Photoshop ? Selengkapnya di cara membuat tulisan melengkung di Photoshop.

10. Hasil undangan aqiqah dengan Photoshop

undangan


Akhir Kata

Demikianlah tutorial cara untuk nembuat undangan Aqiqah di Photoshop sekarang sudah bisa kamu kuasai, silahkan diterapkan menyesuaikan ide dan kreasi yang ingin dibuat. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.