Template Kartu Nikah Digital

Template Kartu Nikah Digital CDR
Template Kartu Nikah Digital CDR

KTP merupakan sebuah kartu tanda identitas setiap individu yang menjadi warga negara Indonesia.

Kemudian SIM merupakan kartu untuk menandakan bahwa kita sudah sah dan diizinkan mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya.

Lantas apa yang dimaksud Kartu Nikah?

Kementerian Agama (Kemenag) belum lama ini mengeluarkan kebijakan baru terkait peningkatan layanan kualitas pernikahan di Indonesia.

Fungsi dari kartu nikah ini sebetulnya hampir sama dengan kartu identitas seperti diatas, hanya saja fungsi dari kartu nikah adalah untuk menunjukkan bukti yang kuat kalau kedua pasangan ini merupakan pasangan yang sah dan diakui oleh negara.

Keberadaan kartu nikah akan menjadi pelengkap buku nikah, jadi bukan berarti salah satu fungsi dihilangkan ya…bukuh nikah sebagai penanda keabsahan pernikahan dari KUA (Kantor Urusan Agama).

Keuntungan dari menggunakan Kartu Nikah adalah mempermudahkan dalam validitas pernikahan sepasang suami istri.

Sebab di beberapa kasus kejadian, buku nikah masih sering dijadikan alat pemalsuan bagi pasangan yang tidak sah oleh hukum.

Pada dasarnya kartu nikah digital ini akan tersedia barcode, dimana barcode tersebut jika kita scan akan muncul informasi data dari suami istri, tanggal akah nikah, akta nikah dan lokasi KUA.

Tertarik mendapatkan kartu nikah? Berikut akan kami bagikan link download template Kartu Nikah Digital versi CDR (format file CorelDRAW).

Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital CDR

Contoh Kartu Nikah

Layanan Kartu Nikah Digital ini dapat kalian miliki melalui permohonan lewat kantor KUA terdekat.

Syaratnya asalkan KUA tersebut mempunyai layanan akses laman Sistem Inforamasi Manajemen Nikah (Simkah) pada website www.simkah.kemenag.go.id, maka permohonan akan segera dikonfirmasi.

Ingat fungsi dari Kartu Nikah Digital ini adalah untuk menghindari yang namanya penipuan, mereka yang membuat wajib memiliki identitas dan data pasangan suami istri sah, jika tidak maka dilarang membuatnya.

Template Kartu Nikah

Namun bagi pasangan suami istri yang buru buru ingin membuat kartu nikah digital, namun belum sempat ke KUA, download template kartu nikah digital CDR lalu sesuaikan identitas masing-masing.

Yang terpenting adalah sertakan barcode yang ada di buku nikah kalian, caranya scan barcode tersebut, lalu isi konten hasil scan kita ubah menjadi barcode kembali, dan letakkan pada posisinya.

Nama DesainKeterangan
Template Kartu Nikah 1Download Sekarang!
Template Kartu Nikah 2Download Sekarang!
Template Kartu Nikah 3Download Sekarang!
Template Kartu Nikah 4Download Sekarang!

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah pengertian Kartu Nikah Digital. Download template kartu nikah digital CDR jika kalian dalam kondisi mendadak atau terburu-buru.

Tetapi wajib bagi mereka yang membuat sudah termasuk pasangan suami istri sah, dilarang untuk memalsukan identitas. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.