Word Office

Cara Membuat Denah Lokasi Undangan di Word

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi yang sering datang ke event-event nikahan, ulang tahun, dan acara-acara besar lainnya, pasti sebelumnya akan dapat yang namanya undangan.

Undangan ini selain sebagai surat resmi untuk meminta dalam menghadiri suatu acara, juga memiliki beberapa informasi yang sangat penting didalamnya.

Yang pertama undangan harus jelas apa isi dan jenis acaranya, kemudian undangan harus memiliki keterangan waktu, tempat dan juga hari. Selain itu undangan juga biasanya

ilengkapi dengan denah lokasi, hal ini ditujukan agar si penerima dengan mudah membaca alamat lengkap dengan bantuan visualisasi denahnya.

Untuk membuat denah lokasi, kebanyakan orang menggunakan software editing seperti CorelDraw, Photoshop atau sejenisnya, namun tidak semua orang bisa mengoperasikan aplikasi tersebut dan bisa dibilang cukup ribet bagi para pemula.

Tetapi tenang saja, sebenarnya masih ada solusi yang lebih mudah, yakni kamu bisa menggunakan aplikasi Office Word untuk membuat suatu denah lokasi undangan dengan metode yang lebih lebih simpel dan mudah dipahami.

Jadi fitur yang perlu digunakan dalam membuat denah lokasi ini adalah fitur Shape, kalau kamu sudah sering membuat shape di Office Word pasti akan lebih terbiasa menggunakannya.

Cara Membuat Denah Lokasi Undangan di Word

Cara ini bisa digunakan di semua versi Office Word, cukup manfaatkan fitur Shape kamu sudah bisa membuat denah undangan.

  1. Buka Office Word.
  2. Masuk ke menu Insert lalu tekan tombol “Shapes”.
  3. Pilih Shape Line seperti dibawah ini :

    Buat Shape Line Melalui Menu Shapes - Cara Membuat Denah Lokasi Undangan di Word
    Buat Shape Line Melalui Menu Shapes
  4. Buat satu garis dulu setelah itu klik kanan garis tersebut lalu pilih “Format Shape”.

    Klik Kanan dan Pilih Format Shape
    Klik Kanan dan Pilih Format Shape
  5. Setelah muncul dialog Format Shape seperti dibawah ini tinggal arahkan ke menu Fill, sesuaikan warna di bagian “Color”, naikan ukuran shape di bagian “Width” untuk memperlebar ukuran garisnya.

    Atur Warna dan Width Shape Line
    Atur Warna dan Width Shape Line
  6. Jika sudah copy shape tersebut, kemudian paste di sampingnya.

    Copy Shape Line untuk Membuat Denah
    Copy Shape Line untuk Membuat Denah
  7. Sekarang kamu tinggal atur dan sesuaikan denah lokasi yang ingin dibuat, ulangi dengan cara copy-paste sampai selesai.

    Buat Denah Sesuai Lokasimu
    Buat Denah Sesuai Lokasimu
  8. Bila denah sudah selesai pencet tombol CTRL dan klik semua garis, kemudian klik kanan pilih “Group” untuk menggabungkan jadi satu.

    Jika Sudah Selesai Silahkan Grup Semua Shape Menjadi 1
    Jika Sudah Selesai Silahkan Grup Semua Shape Menjadi 1
  9. Untuk memberikan kesan informatif, silahkan insert beberapa simbol seperti gambar rumah, gedung, SPBU, Masjid dan sebagainya. Pertama buat dulu Text Box di menu Insert ➜ Text Book ➜ atur ukuran Text Book, selanjutnya tekan Symbol ➜ cari font segoe Ui Symbol ➜ pilih dan “Insert”.
    Tambahkan Teks Informatif pada Denah
    Tambahkan Teks Informatif pada Denah
    Kamu Bisa Juga Menambahkan Ikon (Rumah, Kantor, Lapangan) pada Denah
    Kamu Bisa Juga Menambahkan Ikon (Rumah, Kantor, Lapangan) pada Denah

    Ganti Font ke Segoe UI Symbol untuk Menemukan Ikon Gambar
    Ganti Font ke Segoe UI Symbol untuk Menemukan Ikon Gambar
  10. Sekarang tinggal mengkoreksi denah yang sudah jadi.

    Denah di Word Sudah Selesai
    Denah di Word Sudah Selesai
  11. Selesai.
Bingung mau bikin label undangan ? Belum tahu caranya ? Ikuti tutorial cara membuat label nama undangan di Word dengan mudah.

Contoh File Denah Lokasi Undangan Word

Jika kamu membutuhkan contoh file dari denah lokasi undangan diatas. Kamu bisa mendownload filenya dengan mengklik tombol Unduh dibawah ini :

[su_button url=”https://www.kompiwin.com/wp-content/uploads/2020/06/Contoh-File-Denah-Lokasi-Undangan.docx” target=”blank” style=”soft” size=”5″ wide=”yes” center=”yes” radius=”5″ icon=”icon: download” desc=”Klik untuk Download File”][/su_button]


Cukup simpel bukan, sekarang kamu gak perlu bingung lagi membuat denah lokasi undangan, cukup manfaatkan aplikasi Office Word kamu sudah bisa dengan mudah membuatnya. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar