Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat

Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat

Dari jenis produk buatan Microsoft Office, tentu masing-masing telah dibekali dengan fungsi yang berbeda beda. Dari beberapa diantaranya, tiga aplikasi yang sering kita gunakan yakni Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

Microsoft Word biasanya digunakan untuk membuat dokumen yang berisi kalimat, paragraf dan beberapa pelengkap fitur media lainnya.

Lalu untuk Microsoft Excel dipakai untuk membuat data berbasis tabel, di dalamnya juga dilengkapi dengan rumus serta hitungan statistik sebagai media pembuatan laporan administratif. Sedangkan Microsoft PowerPoint jelas kegunaannya sebagai media aplikasi presentasi.

Walaupun berbeda fungsi, apakah aplikasi ini dapat kita kombinasikan? Contohnya memasukkan tabel data Excel ke dalam Word?

Faktanya, membuat tabel di dalam Word itu cukup menyusahkan. Jauh sangat terbantu kalau kita dapat menginsert tabel dalam Excel kedalam Word. Kebetulan kita disini akan bahas seputar tips Word, salah satunya cara memasukkan data Excel ke Word dengan cepat.

Langsung saja silahkan ikuti pembahasan konten artikel ini hingga selesai.

Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat

Sebelum itu, pertama kalian buat dulu file Excel yang nantinya akan dimasukkan. Untuk membuat tabel seperti Excel di Word, bisa dilakukan dengan 3 cara atau metode diantaranya :

  1. Yang pertama kalian dapat menyematkan tabel baru dengan bentuk dan duplikasi dari Excel. Namun tabel masih kosong, jadi pengguna perlu mengisi dari awal seperti menginput data.
  2. Kedua kita gunakan fitur Embedding untuk memindahkan hasil editan dari Excel kedalam Word. Cara kedua ini termasuk yang paling sering orang gunakan, karena selain cepat dan praktis, kamu bisa langsung memindahkan data file Excel ke dalam Word.
  3. Terakhir melakukan Copy Paste secara manual, langkah paling sederhana ini menjadi yang paling praktis karena tinggal kamu tekan Copy di Excel, dan buka lembaran Word lalu Paste disana.

Silahkan kalian pilih salah satu yang menurut kalian efektif serta simpel…keterangan lengkap telah kita siapkan dibawah ini.

Cara 1 : Excel Spreadsheet

Menggambar tabel di Word dinilai sangat menyusahkan. Cara paling praktis dalam mengatasi persoalan ini adalah dengan menginsert tabel Spreadsheet Excel. Nanti akan muncul tampilan dan navigasi tabel yang sama persis di Excel. Setelah itu tinggal isi…

  1. Buka Microsoft Word.
  2. Kemudian klik pada menu Insert. Disini kamu bisa tap lagi untuk dialog box Table.1 Pencet Insert Tabel - Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat
  3. Selanjutnya pilih Excel Spreadsheet.2 Pilih Insert Spreadsheet - Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat
  4. Secara langsung tabel Excel akan masuk sebagai ekstensi tambahan, kamu bisa atur ukuran besar tabelnya.
  5. Terakhir tinggal masukkan data yang ingin dibuat. Gunakan juga fitur-fitur yang ada didalamnya.3 Tampilan Excel Di Word - Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat

Cara 2 : Embed File Excel di Word

Namun bagaimana bila kita sudah membuat data eksternal di Excel? apa tidak melelahkan memasukkan satu per satu kembali kalau pakai cara diatas…tenang saja, metode kedua berikut termasuk pilihan alternatif yang sering orang-orang gunakan.

Sebab kalian bisa memasukkan file Excel ke dalam Word secara cepat. Tinggal manfaatkan fitur Object pada menu Insert, setelah itu pilih file Excel yang akan dimasukkan. Selengkapnya simak ulasan dibawah.

  1. Buka file Word.
  2. Pastikan kamu sudah membuat data di Excel sebelumnya. Karena file beserta isinya tersebut yang nantinya akan kita masukkan ke dalam Word.
  3. Setelah itu buka menu Insert. Disini kamu bisa pencet fitur bernama Object.4 Pencet Insert Object - Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat
  4. Nanti akan muncul jendela pengaturan, arahkan saja ke sub menu Create from File.5 Pilih Create From File - Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat
  5. Kemudian tap Browse untuk mencari file Excelnya.6 Pencet Tombol Browse - Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat
  6. Pilih file Excel dan pencet Open.7 Pilih File Excel - Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat
  7. Maka tabel dalam Excel tersebut akan masuk ke dalam Word.8 Terakhr Pencet OK - Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat

Cara 3 : Manual Copy Paste

Cara memasukkan data Excel ke Word dengan cepat yang terakhir termasuk cara sederhana yang banyak orang ketahui. Copy paste sudah sangat umum kita lakukan dalam membuat data.

Berikut akan kita terapkan dari Excel ke Word.

  1. Buka file Excel terlebih dahulu.
  2. Blok bagian cell yang ingin kamu masukkan ke Word.
  3. Setelah terblok, pencet CTRL + C.
  4. Lalu buka Office Word.
  5. Dan disini kamu paste dengan cara CTRL + V.
  6. Rapikan kembali agar terlihat profesional.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara memasukkan data Excel ke Word dengan Cepat. Silahkan ikuti penjelasan diatas untuk melengkapi hasil laporan, dokumen atau file yang sedang kalian buat. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang