Cara Cek Typo Di Dokumen

Cara Cek Typo Di Dokumen 1
Cara Cek Typo Dokumen

Namanya juga manusia, tentu gak akan luput dengan yang namanya salah. Bahkan dalam hal sekecil apapun, contohnya seperti mengetik suatu kalimat saja, terkadang sudah salah ketik.

Dalam konteks kebutuhan formal, kebiasaan salah ketik atau yang sering disebut dengan istilah typo ini wajib dihindari.

Karena jika kita sedang membuat seperti contoh surat lamaran, surat laporan, atau file dalam bentuk dokumen Word yang sifatnya resmi, jika terjadi kesalahan ketik bisa-bisa mengurangi poin dan menimbulkan salah arti.

Salah arti inilah yang bisa bikin orang lain timbul pikiran rancu, gak perlu dalam konteks formal saja kalau memang kamu sedang mengirim pesan dan pesan tersebut banyak yang typo, si penerima bisa-bisa gak akan mengerti dan sulit mengartikan apa yang kamu maksud.

Karena ada beberapa kata yang ketika typo itu bisa membuat rangkaian kata baru yang memiliki makna lain juga. Maka dari itu penting buat kita selalu mengoreksi atau cek typo ketika mengetik sesuatu hal.

Berbicara soal cek typo ketika mengetikkan sesuatu kalimat, kami memiliki satu buah tips untuk menghasilkan kalimat atau paragraf yang kamu sudah ketik dapat terhindar lagi yang namanya typo. Solusi tersebut akan kita kemas dalam artikel cara cek typo dokumen berikut, lengkap dengan metode panduannya.

Bagi yang sudah penasaran langsung saja simak ulasan berikut.

Cara Cek Typo Dokumen Β 

Dalam membuat sebuah dokumen, satu hal yang perlu dan sangat penting diperhatikan adalah penataan kalimat dan isi kalimatnya itu sendiri.

Pasti kamu pernah dong ketika disuruh buat sebuah makalah, ada aturan yang mengharuskan dokumen tersebut diketik dalam ukuran margin makalah dan spasi tertentu.

Namun tanpa kamu sadari, isi kalimat yang ada di dalam dokumen itu juga harus dibuat benar, dalam arti benar dalam penataan kalimat dan terhindar dari typo. Untuk membuat dokumen terhindar dari typo, silahkan ikuti cara cek typo dokumen di bawah ini.

  1. Buka website bernama Typoonline.com.Buka Website Typoonline
  2. Silahkan login terlebih dahulu, karena dengan login akun ini kamu dapat membuka akses ketika upload dokumen supaya tidak akan muncul notifikasi login yang cukup mengganggu nantinya.Sebelumnya Tekan Tombol Masuk Untuk Login
  3. Login menggunakan akun Google + Setelah itu kembali ke menu awal.Login Menggunakan Akun Google Saja
  4. Klik bagian menu tab Dokumen.Tekan Tombol Fitur Dokumen
  5. Upload file dokumen kamu, bisa dengan metode drag dan taruh atau membuka lewat jendelaΒ folder.Unggah File Di Kotak Yang Sudah Tersedia
  6. Tunggu beberapa saat sampai tampilan dokumen kamu muncul di layar website.
  7. Setelah itu kamu bisa cek dan cocokan bagian yang typo, lalu ganti dengan kata yang benar.Nanti Akan Muncul Isi Dokumennya
  8. Terakhir tinggal Unduh.Jika Sudah Selesai Tekan Unduh
  9. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Cara cek typo dokumen sudah bisa kamu lakukan untuk menghindari salah kata akibat dari typo. Metode diatas bisa dilakukan lewat HP atau laptop, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.