Fungsi ALT + F4 pada Windows (Pembahasan Lengkap)

Shortcut atau hotkeys pada sebuah perangkat Windows, memang memiliki berbagai macam fungsi. Salah satu peran tombol yang sering digunakan yaitu ALT + F4. Banyak pengguna yang masih bingung,

Update

Fungsi ALT + F4 pada Windows (Pembahasan Lengkap)

Shortcut atau hotkeys pada sebuah perangkat Windows, memang memiliki berbagai macam fungsi. Salah satu peran tombol yang sering digunakan yaitu ALT + F4.

Banyak pengguna yang masih bingung, apa sih sebenarnya tugas dari ALT + F4 pada Windows?

Dalam kesempatan ini, Tim Kompiwin akan membagikan pembahasan lengkap mulai dari memberikan pembahasan fungsi, tugas, dan berlaku untuk jenis perintah apa saja tombol ALT + F4.

Sebetulnya bukan hanya ALT + F4 saja yang harus kamu ketahui, masih ada banyak jenis hotkeys yang pada dasarnya bisa mempersingkat alias efisiensi perintah pengguna, dalam mengoperasikan Windows.

Fungsi ALT + F4 pada Windows

Tampilan Keyboard - Fungsi ALT + F4 pada Windows (Pembahasan Lengkap)

Pada dasarnya tugas atau fungsi yang dimiliki oleh shortcut ALT + F4 yaitu menutup program yang sedang aktif di Windows.

Misalnya kamu sedang membuka sebuah aplikasi Microsoft Word, jika perintah tutup sering kita lakukan melalui icon tombol silang di pojok kanan atas, tetapi melalui tombol ALT + F4, peran tombol silang tersebut sama juga dengan menutup atau close aplikasi.

Perintah seperti ini sangat praktis, apalagi pengguna tanpa perlu repot pindah kendali tangan dari atas keyboard, dan geser-geser kursor sampai ke perintah tombol tutup aplikasi.

Satu fungsi sama selain hotkey ALT + F4 adalah CTRL + F4. Menurut pengertiannya CTRL + F4 berguna menutup jendela yang terbuka di Windows. Sama praktisnya, dan respon antara keduanya pun tidak memiliki selisih waktu yang berbeda.

Sebab pada dasarnya, keberadaan shortcut dibuat untuk mempercepat respon komputer, atas perintah user. Peran CTRL + W di sebagian aplikasi atau jendela, juga artinya perintah tutup.

Tetapi perlu diingat, hanya beberapa aplikasi saja, terkadang ada yang tidak menunjukkan respon apapun, dan justru berisi kombinasi shortcut dalam arti yang berbeda.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan mengenai fungsi ALT + F4 yang ada di Windows. Pembahasan lengkap sudah kami rangkumkan diatas, bahkan bukan cuma fungsi ALT + F4 saja, melainkan ada kombinasi serupa seperti CTRL + F4 dan CTRL + W. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar