7 Kelebihan & Perbedaan iPhone 8 dengan iPhone 8 Plus

Apple selalu memuaskan fans-nya dengan iPhone terbaru. Setelah iPhone X, Apple meluncurkan iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone XS Max. Perbedaannya tak begitu jauh, dan hey, sebagian orang juga bahkan masih belum tahu perbedaan iPhone 8 dengan iPhone 8 Plus.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus diluncurkan untuk melanjutkan generasi iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Ya meski tak begitu berbeda jauh, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memang secara teknis lebih bagus ketimbang iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Dikarenakan Apple meluncurkan iPhone terbaru seperti iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR, harga iPhone 8 dan iPhone 8 Plus jadi turun. Hal ini membuat iPhone 8 dan iPhone 8 Plus diburu oleh pengguna yang ingin menggunakan iPhone terbaru namun dengan budget yang lebih rendah.

Tapi apa perbedaan antara iPhone 8 dengan iPhone 8 Plus? Berikut perbedaan yang dapat kita ketahui agar tak lagi kebingungan apakah kamu lebih baik membeli iPhone 8 atau iPhone 8 Plus.

#1 Perbedaan Harga iPhone 8 dengan iPhone 8 Plus

iphone 8 vs iphone 8 plus

iPhone 8 saat ini dibanderol dengan harga mulai dari 6juta, sementara iPhone 8 Plus dibanderol dengan harga mulai dari 8,5juta.

iPhone 8 64GB : Rp 6,5juta.

iPhone 8 256GB : Rp 10,1juta.

iPhone 8 Plus 64GB : 8,4juta.

iPhone 8 Plus 256GB : Rp 12juta.

Berbeda sekitar 2juta yang tentunya sedikit membuat kita bertanya-tanya: apa perbedaan iPhone 8 dengan iPhone 8 Plus?

#2 Perbedaan Display iPhone 8 dengan iPhone 8 Plus

iphone 8 dan iphone 8 plus perbedaan

Tentu saja, dengan tambahan nama plus pada sebuah smartphone akan berarti bertambahnya ukuran layar dan harganya.

iPhone 8 memiliki layar 4,7inci sedangkan iPhone 8 Plus 5,5inci. Keduanya menggunakan retina display dan mendukung teknologi True Tone ketimbang iPhone 7 yang hanya menggunakan OLED.

iPhone 8 juga hanya beresolusi 1334 x 750 sementara iPhone 8 Plus beresolusi 1920 x 1080.

#2 Perbedaan Kamera pada iPhone 8 dengan iPhone 8 Plus

iphone 8 dan iphone 8 plus lebih bagus mana

iPhone 8 menggunakan satu lensa kamera 12megapixel sedangkan iPhone 8 Plus menggunakan dua lensa kamera 12megapixel. Ini berarti iPhone 8 akan kesulitan dalam membuat gambar 3D, efek bokeh yang tak sebagus iPhone 8 Plus, sulit memotret dengan cahaya yang tak begitu terang, kualitas zoom yang tak sebagus kualitas zoom iPhone 8 Plus.

Apple mengklaim bahwa kedua iPhone ini dapat mengambil gambar lebih baik dengan cahaya gelap dengan prosesor ISP baru yang memungkinkan mengambil 80% cahaya lebih dari iPhone 7. Namun iPhone 8 Plus tetap memiliki kualitas yang jauh lebih baik karena dual-lens-nya.

iPhone 8 Plus juga sudah mendukung AR (augmented reality) untuk meningkatkan pengalaman bermain games. Kedua kamera iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga dapat merekam video 4K dengan 60fps.

#3 Prosesor iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sama-sama menggunakan prosesor A11 Bionic, yang berkecepatan 2,4GHz.

Prosesor A11 ini dinilai lebih cepat dan lebih baik 70% ketimbang prosesor A10 milik iPhone 7 dan iPhone 7 Plus karena fitur six-core dengan arsitektur 64-bit.

Apple juga meyakini dua inti prosesor tersebut lebih cepat 25% daripada A10 Fusion. Dari sisi grafis, GPU A11 Bionic 30% lebih cepat dibandingkan A10 yang tertanam di generasi pendahulunya.

Apple mengklaim bahwa dua prosesor tersebut bekerja lebih cepat 25% ketimbang prosesor A10 Fusion, dengan GPU A11 Bionic yang 30% lebih cepat dan lebih baik ketimbang A10 pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

#4 Wireless Charging pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iphone 8 atau iphone 8 plus

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga mendukung pengisian baterai tanpa kabel (wireless charging). Hal ini berarti iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memiliki kemudahan yang tak dimiliki iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Sayangnya, charger wireless ini tak dijual bersamaan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Kamu harus membelinya secara terpisah di tempat lain ketika membeli iPhone 8 atau iPhone 8 Plus.

#5 Perbedaan Baterai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memiliki masing-masing baterai 1.821 dan 2.675 mAh. Hal ini berarti iPhone 8 lebih kecil ketimbang iPhone 7 dengan 1.960 mAh dan iPhone 8 Plus lebih kecil ketimbang iPhone 7 Plus dengan baterai 2.900 mAh.

Kurangnya kapasitas baterai pada generasi iPhone ini sedikit menyebalkan meski fitur-fitur lain jauh lebih baik ketimbang iPhone 7.

#6 iOS 11

Meski Apple sudah meluncurkan iOS 12, iPhone 8 dan 8 Plus menggunakan iOS 11 sebagai versi sistem operasi default-nya. Kamu bisa meng-upgrade iPhone 8-mu ke iOS 12.

iOS 11 ini bekerja sangat optimal ketimbang versi pendahulunya. Meski begitu, sangat disarankan meng-upgrade ke iOS 12 demi performa yang jauh lebih baik.

#7 Tersedia dalam 3 Warna

mending iphone 8 atau iphone 8 plus

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tersedia dalam tiga warna: space gray, silver, gold. Beragamnya varian warna membuatmu dapat memilih iPhone dengan desain warna yang sesuai dengan seleramu.


Itulah perbedaan dan kelebihan iPhone 8 dengan iPhone 8 Plus. Dengan begitu, kamu jadi lebih tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing iPhone sehingga kamu tak lagi kebingungan untuk membeli salah satunya sesuai budget-mu.

(gambar: digitaltrends.com, gadgethacks.com, youtube.com, cnet.com, iphonehacks.com)

You May Also Like

7 Perbedaan iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone XS Max

Cara Mematikan Suara Keyboard Ketika Mengetik di iPhone

7 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget, Komputer & Smartphone (Android/iOS iPhone) bagi Pekerjaan yang Libatkan Gadget

5 Ciri-Ciri Baterai iPhone yang Mulai/Sudah Rusak, dan Harus Segera Diganti Baru

Leave a Reply

avatar
180
  Subscribe  
Notify of