Resetter Epson L120

Resetter Epson L120 1
Resetter Epson L120

Menanggapi pembahasan kita tentang Resetter Epson beberapa waktu lalu, disana kita telah berikan salah satu list untuk tipe L Series yakni Epson L120.

Lanjut di pembahasan berikutnya ini, kita mau kamu untuk lebih mengenal tentang Resetter Epson L120. Selain seputar resetter, dibawah akan sedikit menyinggung soal ulasan review printer seri L120. Cocok bagi calon pembeli yang sedang ingin memilih atau membeli printer, siapa tahu seri L120 yang satu ini termasuk ke dalam list pilihan kamu.

Nah, Epson sendiri memiliki beragam jenis tipe atau seri printer, setiap serinya mereka bedakan dan bagi berdasarkan segmentasi pasar serta fitur dan kebutuhan. Untuk seri L, merupakan seri yang bisa dibilang midd-entry level, apalagi untuk tipe yang akan dibahasa ini.

Untuk lebih lengkapnya simak review tentang printer Epson L120.

Review Epson L120

Bagi yang sedang mencari printer berukuran compact dan praktis, sepertinya L120 bisa jadi opsi yang menarik untuk dipertimbangkan. Selain ukurannya yang minimalis, harga dari mesin cetak elektronik ini juga lumayan terjangkau yakni di kisaran 1 jutaan.

Printer ini hanya memiliki fungsi tunggal yakni print saja, kamu tidak akan mendapatkan alat scanner disini apalagi buat fungsi copy. Dan itulah mengapa ukuran L120 jauh lebih compact di kelasnya.

Tujuan market dari Epson L120 yaitu menyasar para pengguna rumahan dan pekerja kantoran, sebab mereka mengunggulkan ukuran print yang kecil tersebut sebagai daya tarik utama dari segi fisik.

Hampir sama seperti seri L lainnya, dimana L120 berikut sudah dibekali dengan tank ink eksternal. Sehingga pengguna tidak perlu repot lagi ketika melakukan penyuntikan manual, cukup dengan buka katup tank yang ada di samping printer lalu isi dengan tinta refil.Printer Epson L120

Dari segi kecepatan cetak, kemampuan yang dimiliki L120 bisa dibilang cukup cepat. Epson mengunggulkan teknologi bernama Epson’s Micro Piezo dalam menghasilkan kualitas warna dan ketajaman yang nyata didalam hasil cetakannya.

Keunggulan lainnya yakni perusahaan berani memberikan garansi resmi selama 2 tahun, itu sekaligus membuktikan jika reliabel suatu produk milik Epson memang terbukti kuat minimal selama 2 tahun penggunaan.

Selesai kita bahas soal kelebihan printer L120, selanjutnya kita singgung soal kekurangan yang dimiliki dari printer mungil ini. Pertama sudah jelas, fungsi dari L120 hanya sebatas printer saja, pengguna tidak akan mendapatkan alat scan atau copy untuk menjiplak dan memperbanyak file.

Resolusi maksimum hanya sekedar 710 x 720 dpi saja, dan yang berikutnya belum dibekali dengan fitur Automatic Duplex Printing atau print bolak balik secara otomatis.

Tetapi, bagian yang menurut admin paling krusial adalah, printer ini tidak dilengkapi dengan Front Tray. Bagi yang tidak tahu apa itu Front Tray, alat ini merupakan alat tatakan yang ada di mulut print, fungsinya adalah ketika hasil cetakan keluar maka kertas tidak akan kemana-mana karena ada fungsi stopper dari Front Tray ini.

Permasalahan Yang Sering Ditemui Pada Epson L120Penampakan Printer L120 Atas

Terlepas dari kekurangan fisik dan keterbatasan fitur yang diberikan karena segmentasi level, ada satu hal yang hampir umum terjadi di beberapa seri printer bahkan merk lainnya sekaligus yakni masalah Waste ink pad counter.

Kondisi seperti ini dapat ditandai dengan beberapa malfungsi-malfungsi yang muncul secara bersamaan. Contohnya lampu indikator berkedip merah secara terus menerus. Lampu tersebut menandakan jika printer sedang tidak dalam kondisi yang normal.

Setelah itu chip komputer di dalam printer akan mengirimkan sinyal berupa notifikasi popup yang akan muncul di layar PC atau komputer kamu. Pesan tersebut bertuliskan  ‘it is nearly time to reset the ink levels‘, ‘Service Required‘, ‘Ink waste is full‘, ‘Ink pad is at the end of its service live‘, dan ‘it is time to reset the ink levels‘.

Biasanya gejala seperti diatas selain indikasinya adalah resetter, bisa juga karena tinta cartridge luber atau kotor, tinta habis, counter ink pad penuh, paper jam/kertas nyelip di dalam roller, dan cetakan sudah mencapai batas.

Cek Sebelum Melakukan ResetterPrinter Mengalami Paper Jam Printer Mengalami Paper Jam

Oleh karena itu sebelum kamu melakukan reset pada printer, silahkan cek beberapa poin berikut siapa tahu masalah diatas ditimbulkan oleh kerusakan lain.

  1. Cek bagian tabung tinta, untuk seri L120 ini sudah dilengkapi dengan tabung eksternal, silahkan kamu buka klep penutup dan lihat apakah masih ada atau habis. Jika habis silahkan isi kembali dengan tinta baru.
  2. Intip selang tinta di dalam mesin printer, jangan sampai ada selang tinta yang terjepit. Karena jika terjepit, dapat menghambat inject tinta ketika penyemprotan diatas kertas.
  3. Periksa bagian Cartridge, jangan sampai tersumbat oleh tinta yang kering, tinta luber atau kotoran. Akan lebih pasti kalau cartridge kamu lepas dan bersihkan sisa tinta di dalamnya lalu pasang kembali.
  4. Perhatikan area roller, apakah ada kertas yang nyempil atau tidak. Terkadang pemasangan kertas yang tidak sesuai itu bisa bikin posisi entry-nya tidak sejalur dengan roller printer. Nah karena tidak sejalur bisa bikin pinggiran kertas robek dan terselip di bagian roller. Hilangkan serpihan kertas atau paper jam jika ada.
  5. Tabung sisa tinta penuh, munculkan indikator di atas bisa dikarenakan tabung penuh, jika sudah seperti ini silahkan bersihkan sampai kering kembali.
  6. Terakhir pastikan colokan kabel tiap lubang terpasang dengan presisi, jangan sampai ada yang kendor.

Jika semua poin di atas masih belum bisa mengatasi solusi, dapat dipastikan kamu harus melakukan metode resetter Epson L120. Dengan cara ini dipercaya mampu mengembalikan kondisi printer ke posisi normal lagi.

Resetter Epson L120

Resetter Epson L120 itu bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama lewat metode manual yang kedua itu lewat metode bantuan aplikasi PC.

Pertanyaannya adalah apa penyebab printer ini minta direset? nah, diharapkan setelah membaca ini pengguna jadi lebih tahu karena sebuah printer itu memiliki kapasitas cetak dari main pad counter tertentu. Umumnya standar yang ada di dalam printer itu memiliki batas main pad sampai 10 ribu lembar, jika sudah melebihi artinya printer perlu untuk direset.

Perhitungan tersebut sudah diatur dan dicatat oleh chip EEPROM yang ada di dalam printer, vendor sengaja memberikan siklus ini agar menghindari yang namanya tinta luber atau meluap keluar sampai mengenai bantalan dasar yang bentuknya seperti busa.

Beruntung Epson telah menyediakan aplikasi khusus bernama Epson Adjustment Program untuk mengembalikan print kembali normal.

AdjProg ini dapat kamu download lewat link dibawah. Di dalam program tersebut, silahkan masuk kedalam menu Maintenance untuk melakukan perintah reset lewat tools Waste ink pad counter.

⬇️ Download Resetter L120

Fitur Resetter Epson L120

Dalam aplikasi resetter Epson L120 kamu bisa mengatur jenis printer yang akan diperbaiki. Dan aplikasi reset printer ini memiliki beberapa fitur untuk memperbaiki printer.

Menu Tools Adjustment

Ada 3 menu yang ada di Adjustment Program, pertama yakni menu Adjusment, dimana terdiri dari :

  • EEPROM Data Copy
  • Initial Setting
  • Initialize PF deterioration offset
  • Head ID Input
  • Firs dot position adjustment
  • Top margin adjustment
  • Head angular adjustment
  • Bi-D adjustment
  • PF / EJ adjustment
  • PF band adjustment
  • CR motor head protection control
  • PF motor heat protection control
  • Scanner motor head protection controlMenu Tools Maintenance

Selanjutnya di menu Maintenance terdapat perintah perbaikan seperti :

  • Head cleaning
  • Ink charge
  • Waste ink pad counter
  • Shipping settingMenu Tools Appendix

Sedangkan yang terakhir yakni menu Appendix terdiri dari beberapa perintah yaitu :

  • Final check pattern print
  • EEPROM dump
  • Printer information check
  • Paper feed test

Cara Reset Epson L120

Setelah mendownload resetter Epson L120 kamu download. Sekarang tinggal ikuti cara reset Epson L120 menggunakan resetter tersebut.

👉 Klik untuk cara reset Epson L120


Akhir Kata

Resetter Epson L120 sudah sedikit kita berikan gambarannya diatas. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *