Masih Hangat
memuat ...

Senin, 07 Mei 2018

Share:

26 Aplikasi Android Terbaik 2018 yang Penting & Wajib untuk Kamu Download GRATIS!

aplikasi android terbaik 2017

Android masih menjadi sistem operasi ponsel pintar yang terus digemari mayoritas orang di dunia. Bukan hanya karena mudah digunakan, melainkan pula karena terdapat jutaan aplikasi dan games yang dapat kita download dan gunakan secara gratis (dan berbayar).

Dari jutaan aplikasi di Android, hanya ada sekitar ratusan aplikasi penting di Android yang memudahkan produktivitas. Jika produktivitas adalah bagian dari hidup kamu, maka hidup pun akan berubah dengan ratusan aplikasi terbaik tersebut.

Tapi dalam artikel ini, sudah saya cantumkan 14 aplikasi terbaik di Android yang wajib di-download dan di-install di smartphone. Di waktu lain, list ini akan saya tambah dengan lebih banyak aplikasi Android yang layak dianggap "terbaik".

Lalu, apa saja aplikasi terbaik itu?

26 Aplikasi Terbaik di Android 2018

#1 Find My Device (Gratis 100%)

aplikasi tracker smartphone terbaik android

Find My Device adalah aplikasi buatan Google yang wajib di-download dan di-install bagi pengguna smartphone Android yang sering teledor dalam menyimpan smartphone-nya. Terlebih jika kamu adalah pengguna multi-device dengan lebih dari satu smartphone atau tablet.

Jika pekerjaan menuntutmu untuk menggunakan dua atau lebih device Android sekaligus, kamu wajib men-download Find My Device. Meski kamu tak akan selalu menggunakan aplikasi ini, tapi ketika waktunya darurat, aplikasi ini akan sangat berguna.

Download Find My Device di Android

#2 Any.Do (Gratis, atau Rp.329.000/tahun)

aplikasi android terbaik 2017

Perlu sebuah aplikasi to-do list terbaik untuk HP Android kamu?

Any.Do bisa menjadi jawabannya.

Any.Do adalah aplikasi to-do list yang akan mencatat seluruh kebutuhan dan keinginan hidup dari segala sisi, dalam bentuk list/daftar.

Misalnya untuk membuat daftar belanja, daftar bahan masakan, daftar download mingguan, daftar ide-ide postingan blog, daftar buku yang akan dibeli, dan daftar-daftar lainnya.

Karena gratis, kamu hanya bisa mengakses dan menggunakan sedikit fitur yang tersedia bagi pengguna Any.Do gratis. Kamu masih bisa membuat reminder/pengingat, notes/catatan, share ke teman, dan meng-upload file.

Tapi untuk membuat location reminder, automatic to-do review, unlimited sharing, dan kolaborasi tanpa batas dengan pengguna Any.Do lainnya, kamu perlu membayar Rp.329.000 per tahun.

Any.Do juga bahkan tersedia di Windows 10 PC/Mobile, iOS pada iPhone/iPad, dan versi Web.

Download Any.Do untuk Android

Download Any.Do untuk Windows 10

Download Any.Do untuk iPhone/iPad

Atau buka versi Web

#3 Microsoft To-Do (Gratis 100%)

microsoft to-do aplikasi terbaik android

Bagi pengguna yang hanya ingin aplikasi to-do list yang simpel-simpel saja, dan tak terlalu rumit, maka Microsoft To-Do adalah jawabannya.

Microsoft To-Do diciptakan untuk mengganti aplikasi to-do list lamanya Wunderlist. Microsoft To-Do punya fitur reminder, list tanpa folder list, komentar, share ke teman, dan belum mendukung attachment/upload file.

Meski aplikasi ini masihlah baru, Microsoft To-Do punya fitur AI yang akan me-review to-do yang telah selesai dilakukan, yang juga mungkin akan kamu buat lagi secara otomatis.

Download Microsoft To-Do di Android

Download Microsoft To-Do di iPhone/iPad

Download Microsoft To-Do di Windows 10

#4 AirDroid (Gratis, atau Rp.263.645/tahun)

AirDroid adalah aplikasi terbaik di Android yang mampu mem-backup semua data di smartphone. Kamu bisa mem-backup file dari Android ke PC atau Mac dengan mudah lewat AirDroid.

AirDroid bukan hanya berfungsi sebagai aplikasi backup, melainkan pula untuk mengendalikan smartphone Android lewat komputer (secara remote), mengetik di smartphone Android lewat komputer, mem-backup SMS dan kontak telepon, merekam layar smartphone, mengekspor file APK, menemukan device/perangkat yang hilang, dan lainnya.

Download AirDroid di Android, Windows PC, atau Lihat di Browser

#5 Duolingo (Gratis 100%)

aplikasi terbaik android belajar bahasa inggris

Duolingo mungkin menjadi aplikasi terbaik untuk belajar bahasa asing. Mulai dari bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Jepang, Itali, Portugis, Belanda, Turki, dan masih banyak bahasa asing lainnya yang dapat kamu pelajari dengan Duolingo.

Berbagai latihan dan materi ada di sini. Kata kerja, kata benda, preposisi, kata depan, jamak, dan berdasarkan kategori seperti makanan, hewan, pakaian, tempat, keluarga, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Download Duolingo di Android

#6 Facebook Lite (Gratis 100%)

facebook lite aplikasi terbaik android

Aplikasi Facebook berat di Android? Kamu bisa menggunakan Facebook Lite sebagai aplikasi alternatif.

Facebook Lite yang juga dikembangkan oleh Facebook, menyajikan berbagai fitur biasa Facebook ke dalam sebuah aplikasi kecil dan ringan. Di Facebook Lite, kamu juga bisa menggunakan reaction, posting ke grup, share postingan secara public, dan fitur lainnya.

Kamu juga tak perlu meng-install Messenger untuk chatting di Facebook. Tinggal gunakan saja fitur chat di Facebook Lite.

Download Facebook Lite

#7 Trello (Gratis, atau $9.99/bulan)

aplikasi android terbaik terbaru gratis

Apabila hidup kamu sudah terlalu rumit dengan banyaknya tugas kuliah atau ide untuk proyek selanjutnya, kamu membutuhkan aplikasi Trello.

Trello adalah aplikasi to-do list yang lebih cocok digunakan bagi pengguna yang hidupnya sudah terlalu rumit dengan banyak kegiatan yang membutuhkan kreativitas, ide, atau hal-hal baru.

Kalau aplikasi Any.do hanya mampu menampung to-do yang sekategori dan tidak beranak , maka Trello mampu menampung seluruh to-do list dalam banyak list yang berada dalam satu board.

Setiap to-do, to-do list, dan board juga bahkan dapat kita pindah-pindahkan dengan sistem drag and drop. Trello memiliki fitur yang lengkap untuk mengatur seluruh kebutuhan hidup.

Bagusnya, aplikasi to-do list Android terbaik ini juga menyajikan fitur kolaborasi yang memungkinkan kita bekerja dengan pengguna Trello lain dalam waktu yang bersamaan.

Download Trello untuk Android

Download Trello untuk iPhone

Buka Trello Web di Browser

#8 OneNote (Gratis 100%)

aplikasi catatan terbaik android

OneNote adalah salah satu aplikasi catatan terbaik di Android. Bahkan aplikasi ini dinilai lebih baik ketimbang saingannya Evernote. OneNote yang merupakan aplikasi catatan kembangan Microsoft, punya cara yang unik untuk mengatur segala catatan pribadimu.

Satu hal yang membuat OneNote menjadi aplikasi catatan terbaik adalah karena tersedia secara cross platform di Android, Windows 10, iOS pada iPhone atau iPad – tanpa fitur yang dibatasi, dengan tampilan yang sederhana, serta berjalan sangat ringan.

Kamu bisa menambah gambar, voice note, bullet, checkbox, dan berbagai format menulis seperti bold, italic, underline, dan strikethrough – disertai section dan notebook dengan tampilan yang mudah digunakan.

OneNote sepenuhnya gratis untuk di-download. Aplikasi ini dapat berjalan dengan sangat ringan, meski memerlukan RAM minimal 1GB.

Download OneNote untuk Android

Download OneNote untuk iPhone

Download OneNote untuk Windows 10

#9 Loop Habit Tracker (Gratis)

aplikasi android terbaik untuk melacak kebiasaan

Bagi kamu yang sangat ingin mengembangkan kebiasaan baru yang sulit untuk diterapkan dalam hidup sehari-hari, Loop Habit Tracker bisa menjadi solusi terbaik.

Aplikasi Android ini sangatlah berguna. Ia mampu mengumpulkan seluruh kebiasaan baru yang positif untuk kamu lakukan setiap harinya.

Loop Habit Tracker nantinya akan mengingatkan kamu tentang jadwal kebiasaan itu dengan reminder yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Sebagai tambahan, aplikasi habit tracker yang satu ini menyajikan fitur analytics yang merupakan statistik yang melacak seluruh kebiasaan yang sudah kamu lakukan dalam seminggu terakhir, atau sebulan terakhir.

Download Loop Habit Tracker di Google Play

#10 Feedly (Gratis)

feedly aplikasi terbaik android

Aplikasi terbaik di Android yang satu ini sangatlah populer di kalangan blogger dan jurnalis.

Feedly mampu mengumpulkan seluruh situs favorit agar kamu bisa membaca keseluruhan berita terbaru dari situs yang berbeda-beda dalam satu aplikasi yang sama.

Dengan aplikasi ini, kamu tak perlu lagi membuka satu per satu situs web dan membaca berita atau blog secara bergantian di browser.

Tinggal download aplikasi gratis ini, lalu masukkan situs-situs yang akan kamu baca secara bersamaan.

Download Feedly di Android

Download Feedly di iPhone

#11 Xodo (Gratis)

aplikasi pembaca pdf terbaik

Xodo merupakan aplikasi pembaca PDF yang nyaman digunakan. Fiturnya yang lengkap, dan tampilan yang enak dipandang hanya segelintir dari seluruh kelebihannya.

Dengan Xodo, kamu bisa membaca PDF dengan sangat mudah, dengan fitur highlights, text to speech, vertical scrolling, tab, dan lainnya. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa membaca dua halaman PDF sekaligus, melompat ke halaman lain dengan thumbnail, dan masih banyak fitur lainnya.

Xodo tersedia secara gratis untuk Android, Windows 10, iOS pada iPhone atau iPad. Kamu bisa men-download-nya secara gratis, tanpa batasan fitur apa pun atau iklan yang mengganggu.

Download Xodo untuk Android

Download Xodo untuk iPhone

Download Xodo untuk Windows 10

#12 Truecaller (Gratis, In-App Purchase)

xodo gratis download aplikasi terbaik

Sering ditelepon atau di-SMS oleh orang-orang yang tidak dikenal, spam, tukang promosi, penipuan mama minta pulsa lagi di kantor polisi? Truecaller bisa menjadi pilihan utamanya.

Truecaller sudah dikenal sebagai aplikasi pemblokir telepon dan SMS yang paling banyak digunakan. Aplikasi ini telah lama dipercaya untuk mendeteksi otomatis nomor telepon spam yang akan secara otomatis diblokir di smartphone Android/iPhone kamu.

Download Truecaller untuk Android

Download Truecaller untuk iPhone

#13 Pocket (Gratis, In-App Purchase)

Pocket adalah salah satu aplikasi read-it-later terbaik di Android. Meski masih ada sejumlah aplikasi read-it-later yang layak dipakai, Pocket adalah yang paling nyaman dan mudah digunakan.

Aplikasi ini mampu menyimpan beragam URL atau halaman web yang berupa artikel favorit yang akan kamu baca nanti secara offline. Ketika ada artikel di internet yang ingin kamu baca nanti, maka Pocket adalah tempat untuk menyimpannya.

Download Pocket di Android

Download Pocket di iPhone

#14 Mercury Browser (Gratis)

Mercury adalah salah satu browser terbaik di Android. Meski masih kalah dengan Google Chrome, Mercury bisa menjadi alternatif browser terbaik.

Mercury browser bisa dianggap sebagai gabungan Chrome dan Firefox, karena tampilan yang enak dipandang seperti Firefox, dengan kinerja yang juga tetap cepat dan ringan seperti Google Chrome.

Aplikasi browser di Android ini punya fitur yang lengkap. Mulai dari pengganti user agent, ad-block, built-in flash player, offline reading list, tema, pengatur kecerahan layar, dan masih banyak lainnya.

Download Mercury untuk Android

#15 WhatsApp

aplikasi whatsapp

Tak ada yang tak mengenal aplikasi chatting yang satu ini. WhatsApp sudah digunakan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia. Dari fitur dan tampilannya, WhatsApp memang layak dinilai sebagai aplikasi chatting terbaik.

WhatsApp tersedia secara cross-platform di berbagai perangkat: Android, Windows 10, iOS, hingga web (di web.whatsapp.com).

Download WhatsApp untuk Android

#16 Twitter

twitter

Twitter adalah media sosial dengan ciri khas yakni batasan jumlah karakter yang hanya 280 karakter. Twitter adalah aplikasi di mana kamu bisa bercuit-cuit tentang apa yang sedang terjadi, sehingga sudah dianggap sebagai aplikasi penyebar berita paling cepat.

Di balik kesederhanaannya, Twitter juga layak digunakan untuk membantu pemasaran daring (online marketing).

Download Twitter untuk Android

#17 Kindle

kindle aplikasi android

Bagi kamu yang hobi membaca buku secara digital, Kindle adalah satu-satunya aplikasi yang layak digunakan. Kindle menyajikan puluhan juta buku yang dapat kamu baca, secara gratis maupun berbayar. Dari novel hingga buku non-fiksi yang paling berat sekalipun tersedia dalam aplikasi ini.

Download Kindle untuk Android

#18 Spotify

aplikasi musik

Spotify merupakan aplikasi di mana kamu bisa mendengarkan musik, secara gratis maupun berbayar. Spotify kini telah menyajikan puluhan juta lagu yang bisa dinikmati dalam aplikasi. Hal ini memungkinkan kita untuk mendengarkan musik di mana pun dan kapan pun, tanpa perlu repot-repot membelinya secara terpisah.

Download Spotify untuk Android

#19 Flipboard

aplikasi flipboard

Dari seluruh aplikasi berita di Android, Flipboard menjadi yang paling unik. Bagaimana tidak, aplikasi ini menyajikan berita pilihan dengan gaya koran yang tak pusing dibaca. Berbeda dengan Feedly, Flipboard menyajikannya lebih sederhana sehingga tak begitu berat dibaca.

Download Flipboard untuk Android

#20 Instagram

aplikasi instagram

Siapa yang belum mengenal Instagram? Aplikasi yang telah diakuisisi oleh Facebook ini menjadi terkenal dan digunakan hampir satu miliar pengguna di seluruh dunia. Dengan Instagram, kamu bisa berbagi foto dan video yang juga dibagikan oleh satu miliar pengguna lainnya di sana.

Download Instagram untuk Android

#21 Medium

aplikasi android

Medium adalah aplikasi baca yang cukup terkenal bagi penulis digital. Kamu bisa membaca banyak sekali karya tulis fiksi dan non-fiksi dari jutaan penulis di sana. Sebagai seorang member, kamu juga bisa mempublikasikan karya tulismu sendiri untuk dibaca secara publik.

Download Medium untuk Android

#22 Evernote

aplikasi evernote

Evernote adalah aplikasi catatan terbaik kedua setelah OneNote. Bagi sebagian pengguna, aplikasi ini lebih baik ketimbang OneNote karena memiliki fitur lebih seperti reminder. Meski kendalanya adalah Evernote tak bisa dengan mudah diakses bagi pengguna dengan koneksi internet yang lambat.

Download Evernote untuk Android

#23 IFTTT

aplikasi iftt

IFTTT adalah aplikasi produktivitas yang memungkinkan kita meng-otomatis-kan beragam perintah yang dulunya dilakukan secara manual. Misalnya, jika kita ingin secara otomatis men-download foto Facebook yang dipublikasikan oleh seorang teman, kamu bisa meminta IFTTT untuk men-download secara otomatis setiap kali foto dipublikasikan.

Download IFTTT untuk Android

#24 Microsoft Launcher

aplikasi launcher

Microsoft Launcher mungkin menjadi aplikasi launcher terbaik Android. Bagi sejumlah pengguna, aplikasi launcher ini sangatlah bagus karena menyajikan tampilan sederhana bergaya khas Microsoft ditambah dengan Cortana, asisten personal semacam Google Now.

Download Microsoft Launcher untuk Android

#25 Swiftkey

swiftkey

Bagi pengguna yang tak suka dengan keyboard bawaan di Android, maka Swiftkey bisa menjadi alternatif terbaiknya. Swiftkey adalah aplikasi keyboard yang menyandang sistem flow untuk mempermudah proses pengetikan. Dibandingkan dengan aplikasi keyboard lainnya, Swiftkey adalah yang terbaik.

Download Swiftkey Keyboard untuk Android

#26 Slack

aplikasi slack

Slack adalah aplikasi yang paling cocok digunakan bagi sebuah tim untuk mengerjakan proyek-proyeknya. Dengan aplikasi ini, kamu dan seluruh anggota tim dapat berbincang membahas proyek hingga meng-upload dokumen dengan mudah.

Download Slack untuk Android


Itulah sejumlah aplikasi terbaik di Android. Hanya baru 26 aplikasi terbaik yang masuk ke dalam list ini. Di waktu lain, saya akan meng-update list ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

*Any comment that's containing live link will be deleted. So, be wise and have a nice discussion!