Internet

Cara Menghitung 1 MB Berapa KB ?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dunia internet masa kini menjadi hal yang paling banyak diminati baik dari segi generasi muda maupun tua.

Mudahnya mengakses sesuatu menggunakan internet menjadikan nilai plus tersendiri dari pengguna. Bisa digunakan dimanapun dan kapanpun, dan lebih terjangkau dari standar waktu maupun akomodasinya.

Internet sendiri bisa digunakan di berbagai alat elektronik, baik laptop, smartphone, komputer, televisi dan lain sebagainya. Tak heran, masa kini dunia banyak berlomba-lomba perihal kemajuan teknologi.

Menghitung 1 MB Berapa KB. Kadang kala internet sendiri seakan menjadi pengganti bagi kebutuhan hidup kita, sebagai pengalih yang seakan membuat orang menjadi candu karenanya.

Satuan Data dari Kecil ke Besar
Satuan Data dari Kecil ke Besar

Bingung aktivasi kartu by.U ? Ikuti tutorial lengkap cara aktivasi by.U Telkomsel.

Hal ini semakin didukung dari segi pendidikan yang sudah sangat terbuka dengan pengetahuan dunia luas dan memperbolehkan akses sumber online dengan internet.

Karena itu pula, pentingnya bagi kita untuk mulai memperhitungkan banyaknya anggaran yang dibutuhkan untuk mengakses internet. Untuk keperluan di smartphone maupun laptop.

Saya sendiri pernah berpikir, sebenarnya 1 MB itu berapa KB? Dan berapa banyak MB yang habis setiap bulannya untuk internet? Berapa banyak anggaran yang harus disediakan?.

Pertanyaan semacam itu muncul dan saya berusaha sedetail mungkin dalam menghitung.

MB sendiri sebenarnya berasal dari singkatan Mega Bytes, dan KB adalah Kilo Bytes.

Menghitung 1 MB berapa KB, jika diukur menggunakan Biner, 1 MB sama dengan 1024 KB, namun jika diukur dalam skala Decimal maka 1 MB adalah sama dengan 1000 KB. Saya gambarkan sebagai berikut:

MB

Mega Bytes
KB (Biner)

Kilo Bytes
KB (Desimal)

Kilo Bytes
1 MB
1024 KB
1000 KB
2 MB
2048 KB
2000 KB
3 MB
3072 KB
3000 KB
4 MB
4096 KB
4000 KB
5 MB
5120 KB
5000 KB

Lalu sebenarnya untuk apa kita perlu menghitung 1 MB berapa KB?

Bagi saya ini sangat penting karena sebagai tolak ukur seberapa boros saya dalam menggunakan internet dan apakah setimpal dengan manfaat yang saya dapatkan dari akses internet tersebut.

Selain itu, juga untuk memperhitungkan aplikasi manakah yang paling banyak menggunakan internet dan kapan kiranya saya perlu mengisi ulang paket internet saya.

Dengan begitu anggaran bisa disiapkan lebih awal dan diperhitungkan kemanfaatannya.

Tentang Penulis

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-enam. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tulis Komentar