Masih Hangat
memuat ...

Senin, 02 Oktober 2017

Share:

10 Tips dan Trik Google Search yang Akan Memudahkan Tugas Kuliah hingga Hidupmu

cari google

Hidup kini jadi lebih mudah dengan teknologi. Termasuk dalam mencari informasi, Google menjadi situs yang paling diandalkan. Bahkan, hampir semua orang selalu mengatakan “cari di Google”, seolah Google yang menyajikan seluruh informasi yang ada di internet, meski pada kenyataannya hanyalah mesin telusur biasa.

Sayangnya, di tahun 2017 ini, masih banyak milenial yang belum tahu cara menggunakan Google Search secara maksimal. Tampilan yang sederhana dari Google Search memberi kesan “minimalis”, meski sebenarnya punya fitur lebih yang sangat berguna.

Berikut tips dan trik dalam mencari sesuatu melalui Google Search. Tips dan trik ini berupa footprint yang akan memudahkan kamu dalam mencari informasi secara maksimal, melalui keyword atau kata kunci yang sesuai.

Tips #1: Mencari Gabungan Dua atau Lebih Kata di Google

tips trik google

Ketika mengetik suatu kata kunci di Google, kamu akan disuguhkan jutaan situs web yang akan tampil per sepuluh pada setiap hasil pencariannya.

Ketika yang diketik adalah dua kata atau lebih yang masing-masing maknanya berbeda, maka hasil yang akan muncul bukanlah gabungan dari kedua atau lebih kata itu.

Contohnya, ketika mencari aku kerja keras, maka hasil yang biasanya muncul akan memisahkan kata aku dari kata kerja dari kata keras.

Tapi, jika kata kuncinya menggunakan tanda kutip awal dan tanda kutip akhir, menjadi “aku kerja keras”, maka hasil pencarian Google akan menampilkan daftar halaman web yang mengandung kata aku kerja keras secara lengkap.

“aku kerja keras”

Bukan hanya untuk menggabungkan dua atau lebih kata yang punya makna yang sama, dengan tanda kutip pada awal dan akhir, kamu juga bisa memisahkan dua atau lebih kata yang topiknya berbeda dan mencarinya secara bersamaan.

“Windows” “Android” “handphone”

Tips #2: Mengecualikan Suatu Kata di Google

google mencari kata

Ketika kamu mencari beberapa kata kunci di Google, namun tak ingin salah satu dari kata itu muncul dalam hasil pencarian, maka tambahkan “-“ di depan kata yang ingin dikecualikan.

Contohnya, jika ingin mencari microsoft namun tak ingin hasil pencarian menampilkan kata windows, maka gunakan kata kunci microsoft -windows. Atau, ketika hendak mencari hotel tanpa kata mewah, dengan hotel -mewah.

microsoft -windows

hotel -mewah

Trik #3: Mencari Konten yang Ada dalam Suatu Situs

mencari konten google

Apabila ada suatu artikel, postingan, atau konten apa pun dalam suatu situs web yang hendak kamu cari di Google, gunakan kata kunci site:kompiwin.com. Ganti kompiwin.com dengan domain atau alamat website yang dituju.

Kamu juga bisa menambahkan kata kunci tambahan untuk lebih spesifik. Misalnya, mencari topik Windows 10 pada kompiwin.com melalui Google Search, dengan kata kunci site:kompiwin.com Windows 10.

site:kompiwin.com windows 10

site:instagram.com (nama orang)

site:facebook.com (keyword lain)

Tips #4: Mencari Sesuatu yang Lupa Kata Kuncinya

mencari sesuatu yang lupa kata kunci google

Apabila kamu hendak mencari lirik lagu yang kamu lupa judulnya, maka gunakanlah trik keyword ini. Misalnya, kamu sedang mencari lirik lagu Love The Way You Lie, maka gunakan:

“love * * lie”

Tips #5: Mencari Situs Web yang Serupa

google search

Ingin tahu situs web yang sejenis? Kamu tinggal mengetik related:website.com di Google.

Google akan menampilkan hasil penelusuran yang berisi daftar website yang serupa dengan yang kamu ketik.

related:google.com

Tips #6: Mencari File dengan Lebih Cepat di Google

pdf teks editorial

Google Search punya footprint yang mampu membantu kamu mencari dokumen, lagu, foto, atau apa pun berdasarkan tipe file-nya. Tinggal ketik filetype:tipe (keyword), maka kamu bisa dengan mudah mencari file tersebut.

filetype:pdf teks editorial

Dengan begini, mencari sebuah dokumen PDF untuk tugas sekolah pun akan menjadi lebih mudah dengan cara ini.

Trik #7: Mencari Dua Hal Secara Bersamaan di Google

mencari di google

Gunakan perintah OR. Ini akan membantu kamu mencari suatu kata kunci yang diikuti dengan kata kunci lain pada hasil pencarian Google. Tulisan OR haruslah dalam bentuk uppercase atau kapital.

windows OR android

Trik #8: Mencari Definisi Kata di Google

mencari di google

Google punya perintah untuk mencari definisi kata. Sayangnya, ini tak akan atau belum bekerja dalam bahasa Indonesia. Sehingga, saat ini, kita hanya bisa mencari definisi dari kata dalam bahasa Inggris.

define:chicken

Trik #9: Menghitung Angka di Google

google search

Malas membuka aplikasi kalkulator? Gunakan saja perintah untuk menghitung seperti +, -, *, dan /. Gunakan pula tanda kurung jika diperlukan.

(5 – 10) * (10-5)

Trik #10: Mengonversi Mata Uang, Jarak, Massa, dan Lainnya

cari google

Terakhir, Google mampu mengonversi mata uang, jarak, massa, dan perhitungan sederhana dari satu format ke format lainnya. Tinggal masukkan angka, format, dan to untuk mengonversi.

99USD to IDR


Itulah tips dan trik dalam mencari informasi di Google. Dengan begini, mencari dokumen, lirik lagu, video, atau apa pun di Google akan menjadi jauh lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.