Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 08 Oktober 2017

Share:

Cara Pesan GrabBike dengan Aplikasi Smartphone

perhitungan harga grabbike

Zaman berubah. Market juga berubah. Kebutuhan dan keinginan hidup juga berubah. Hampir semua disebabkan karena kemajuan teknologi yang mempermudah hampir semua aspek hidup manusia, termasuk transportasi.

Grab hadir menjadi salah satunya. Grab menyajikan layanan aplikasi untuk memesan ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), dan taksi (GrabTaxi). Sebagai tambahan, Grab juga menawarkan pelayanan antar makanan (GrabFood), nebeng (GrabHitch), dan kirim paket (GrabExpress).

Grab yang hadir di 6 negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menjadi layanan ojek online yang cukup populer di kalangan pengguna yang sehari-harinya membutuhkan angkutan untuk melakukan perjalanan.

Namun, masih banyak pengguna awam yang belum tahu cara memesan salah satu layanan Grab, yakni GrabBike. Perbedaan pemesanan dengan ojek konvensional tak membuat kita kesulitan. Karena dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet yang cukup, kamu bisa memesan GrabBike dengan mudah.

#1 Download dan Install Aplikasi Grab di Smartphone (Android/iPhone)

Bagi pengguna Android dan iPhone, untuk memesan GrabBike, download dan install dulu aplikasi Grab dari Google Play atau iTunes. Sayangnya, sampai saat ini belum tersedia aplikasi Grab di Windows Store, sehingga pengguna hanya bisa memesan ojek online dari Android dan iPhone saja.

Download Grab untuk Android

Download Grab untuk iPhone

Setelah proses install selesai, buka aplikasi Grab.

Kamu akan melihat tampilan login awal yang memintamu untuk login dengan akun Facebook, Google, atau email dan password langsung Grab.

*Bagi pengguna Xiaomi yang kesulitan membuka aplikasi Grab, atau tidak bisa login ke Grab, mohon kecualikan aplikasi Grab dalam battery saver – dengan memilih No restriction. Ini akan membuat aplikasi Grab berjalan dengan semestinya.

Ketika membuka aplikasi Grab di smartphone, kamu harus mengizinkan aplikasi Grab untuk mengakses lokasi atau GPS dari smartphone-mu. Lalu daftar dan login ke Grab. Kemudian masuklah ke tampilan awal aplikasi.

memesan grabbike

Dalam menggunakan aplikasi Grab, terlebih jika smartphone Android/iPhone-mu “terlalu aman”, kamu diminta untuk mengaktifkan izin-izin tertentu untuk membiarkan aplikasi Grab mengakses lokasi/, nomor telepon, kontak, dan lainnya.

gps lokasi aplikasi grab di android

#2 Mulai Memesan GrabBike dengan Aplikasi Grab

Aplikasi Grab di smartphone sudah mencakup cara pemesanan GrabBike, GrabCar, GrabFood, dan lainnya. Dalam satu aplikasi, kamu bisa memesan layanan yang berbeda. Dalam tutorial ini, kita fokus lebih untuk memesan GrabBike.

Pada halaman awal aplikasi Grab, pastikan kamu telah memilih Transport pada bagian atas aplikasi.

aplikasi grabbike

Lalu pilih GrabBike di bagian bawah aplikasi.

aplikasi grabbike memesan grab

Kemudian muncullah kotak Enter pickup point dan where are you going?.

grabbike transport memesan

Isi Enter pickup point dengan lokasi di mana kamu ingin dijemput, dan where are you going? dengan tujuan lokasi yang ingin kamu tuju.

lokasi jemput grabbike

lokasi tujuan grabbike

Kemudian muncullah estimasi harga yang harus kamu bayar setelah kamu sampai di lokasi tujuan. Perhitungan biaya GrabBike tidak bisa ditawar-tawar.

perhitungan harga grabbike

Kamu juga akan melihat opsi-opsi lain seperti Personal, Cash, Promo, dan Notes untuk pengemudi Grab.

personal cash promo grabbike

Apabila perjalanan dengan GrabBike tidak dibiayai atau bukan dari bagian mitra Grab, atau hanya ingin menggunakan GrabBike untuk tujuan biasa (ojek online biasa), maka biarkan pilihan menjadi Personal.

tag this trip grabbike

Dengan GrabBike, kamu bisa membayar secara langsung (tunai/cash), membayar melalui GrabPay, atau menggunakan kartu kredit atau debit.

grabbike cash

Apabila kamu punya kode promo untuk Grab, maka biaya perjalanan dengan GrabBike biasanya mendapat diskon-diskon tertentu pada hari-hari tertentu.

grabbike kode promo

Kamu juga bisa menambah suatu catatan yang memudahkan pengemudi GrabBike menemuimu di lokasi jemput atau mengantar ke tempat tujuan yang diinginkan.

hp android grabbike

Apabila semua kolom sudah diisi dengan lengkap, pilih tombol Book untuk memesan ojek online GrabBike.

grabbike book

Maka, Grab akan mencarikanmu pengemudi GrabBike terdekat. Dalam aplikasi Grab, kamu akan melihat merek/brand kendaraan, nomor plat motor, dan nama beserta foto profil pengemudi Grab.

mencari driver grabbike

Setelah pengemudi Grab ditemukan, kamu tinggal menunggu waktu saja. Pengemudi GrabBike akan menjemputmu di lokasi yang sudah kamu pilih (pickup point). Kamu juga bisa melihat lokasi real-time di mana driver GrabBike berada melalui maps dalam aplikasi Grab.

pengemudi grabbike

Sambil menunggu driver GrabBike tiba, kamu dan pengemudi Grab dapat saling mengirim pesan tentang informasi lokasi jemput atau tujuan melalui fitur chat atau voice call dalam aplikasi.

grabbike chat

#3 Pergi ke Tempat Tujuan dengan GrabBike

Ketika pengemudi tiba, kamu akan mendapat notifikasinya. Pastikan informasi seperti nomor plat motor driver yang datang sama dengan yang terdapat dalam aplikasi. Pengemudi GrabBike akan memberikan helm, atau mungkin juga masker.

Maka, pengemudi akan mulai mengantarmu ke tempat tujuan.

Ketika sudah sampai di tempat tujuan, bayarlah ongkos sesuai yang tertera dalam layar smartphone. Bagi pengguna GrabPay, kamu tinggal mengucapkan terima kasih tanpa perlu membayar lagi karena biaya perjalanan dipotong secara otomatis dari saldo GrabPay milikmu.

Terakhir, kamu boleh memberi rating bintang pada pengemudi GrabBike untuk mendukung pelayanannya menjadi lebih baik lagi.

aplikasi grabbike tutorial memesan


Itulah cara memesan GrabBike di smartphone Android/iPhone. Ketika tak punya kendaraan pribadi untuk pergi ke tempat yang cukup jauh sekali pun, atau ingin angkutan yang langsung menuju lokasi, GrabBike bisa menjadi solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.