Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 24 September 2017

Share:

Cara Membuat Password Folder di PC/Laptop tanpa/dengan Software

folder diberi password

Teknologi yang semakin maju, juga membuat proses keamanan data menjadi lebih maju. Privasi dan hak-hak pribadi pun bisa dirangkul secara bersamaan, dengan bantuan teknologi. Salah satunya adalah folder dan seluruh isi datanya, yang dapat diamankan dengan password.

Sayangnya, masih belum ada sistem operasi yang membawa fitur password folder secara default. Padahal, dalam penggunaan yang kompleks seperti penyimpanan data di PC/laptop/komputer, mengunci folder dengan password sangatlah penting.

Bagi pengguna yang ingin data-datanya aman dan lebih aman, kamu bisa membuat password untuk setiap folder yang diinginkan dengan mudah. Kamu bisa memberi password pada folder dengan dan tanpa software di Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10.

#1 Cara Mengunci Folder dengan Password tanpa Software

Windows punya fitur enkripsi folder. Fitur enkripsi ini dapat mengunci folder yang diinginkan dengan password yang menempel pada akun standar atau akun administrator yang sedang login.

Apabila terdapat suatu folder rahasia yang tak ingin dibuka oleh user lain di komputer umum yang digunakan oleh lebih dari satu orang di rumah, gunakan cara ini untuk mengunci folder tersebut dengan password.

Buka File Explorer. Kunjungi destinasi folder yang hendak diberi password.

Pada folder target, klik-kanan dan pilih Properties.

folder lock

Pada tab General, pilih Advanced.

folder lock password

Di sinilah pengguna dapat mengunci folder dengan fitur enkripsi. Untuk memberi folder tersebut sebuah password, beri tanda cek pada Encrypt content to secure data. Pilih OK.

folder password

Pilih OK lagi.

password folder

Pilih Apply change to this folder, subfolder, and files. Lalu pilih OK.

simpan

Maka, folder tersebut sudah diamankan dengan password yang menempel pada akun standar atau administrator yang menguncinya. Folder pun tak lagi bisa dibuka oleh sembarang user. Kecuali, kamu men-share folder itu ke user tersebut.

#2 Cara Mengunci Folder dengan Password (dengan Software)

Satu-satunya cara termudah untuk memberi password pada folder adalah dengan menggunakan aplikasi yang mengelola file ZIP atau RAR. Salah satu aplikasi gratis yang dapat melakukan itu adalah 7Zip.

Download 7Zip

Install 7Zip seperti biasa hingga selesai.

Lalu kunjungi folder target, dan klik kanan pada folder target > 7Zip > Add to archive.

mengunci folder

Kemudian muncullah jendela 7Zip. Pada Archive format, pilih format arsip yang diinginkan. Disarankan menggunakan ZIP agar lebih mudah.

zip folder password

Lalu masukkan password yang akan mengunci folder tersebut sebagai archive ZIP. Jika sudah, pilih OK.

password folder

Maka, folder pun telah diamankan dengan password. Apabila ada seseorang yang hendak membuka folder dan isinya, akan muncul pesan yang meminta password untuk dimasukkan.

folder diberi password

Apabila ZIP dibuka dengan File Explorer, muncul pesan error Windows cannot complete the extraction.

folder lock

Itulah cara mengunci folder dengan password di Windows 10, 7, dan 8.1. Memberi password untuk folder sangatlah berguna apabila ada file-file rahasia yang tak ingin dibuka oleh orang lain.

Jika ingin nama folder dan seluruh isi file-nya tidak terlihat, sembunyikan folder dengan cara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.