Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 11 Agustus 2017

Share:

Cara Menambah Kapasitas Partisi Drive (C:), Drive (D:), atau Semua Partisi Hard Disk di PC/Laptop

berhasil menambah kapasitas hard disk

Hard disk adalah tempat penyimpanan utama dari sebuah komputer atau laptop. Kapasitas hard disk dapat dibagi-bagi menjadi sejumlah partisi, yang biasa ditemui adalah partisi drive (C:) dan drive (D:).

Kalau kamu merasa bahwa lagu, film, foto, atau dokumen presentasi tidak lagi muat di semua partisi hard disk di komputer atau laptop kamu, kamu bisa menambah isi jumlah kapasitas dengan sangat mudah.

Kamu bisa menambah jumlah total kapasitas dari partisi hard disk dengan mudah di PC/laptop dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, atau Windows 10.

Ada dua cara untuk mengelola partisi hard disk, termasuk membuat partisi baru, yakni dengan menggunakan Disk Management, atau menggunakan EaseUS Partition Master.

Sayangnya, Disk Management tidak menyajikan opsinya, dan kamu hanya bisa menambah kapasitas partis hard disk dengan EaseUS Partition Master saja, atau gunakan AOMEI Partition Assistant kalau EaseUS tidak bekerja atau gagal.

Cara Tambah Isi Kapasitas Partisi Hard Disk di PC/Laptop

Download dulu EaseUS Partition Master di sini.

Install, dan jalankan aplikasi EaseUS Partition Master.

Maka, aplikasi pun akan men-scan seluruh partisi atau drive yang ada, termasuk drive (C:).

Untuk menambah kapasitas, ukuran, volume, atau ruang dari kapasitas suatu partisi, kamu haruslah memperkecil suatu kapasitas partisi lain terlebih dahulu.

Caranya, klik-kanan pada partisi lain tersebut dan pilih Resize/Move Partition.

mengubah ukuran size partisi

Muncullah status detail jumlah kapasitas dari partisi tersebut.

ubah ukuran kapasitasa hdd drive c

Perkecil size atau kapasitas dari partisi tersebut dengan menggeser tombol pada sisi kanan bar sedikit ke kiri. Ambil kapasitas partisi tersebut sewajarnya saja.

memperkecil kapasitas hdd

Jika sudah, pilih OK.

Maka, muncullah partisi baru yang bernama Unallocated. Unallocated ini adalah partisi yang hanya berupa kapasitas yang tak terpakai saja. Nah, dari Unallocated ini, kamu juga bisa mengubahnya menjadi partisi baru beneran.

kapasitas hard disk

Tapi, target kita adalah menambah kapasitas partisi atau drive (C:) (atau drive lain yang kamu inginkan). Maka, kamu bisa melakukannya dengan menggabungkan partisi Unallocated dengan drive C.

Kamu sebenarnya bisa saja menggabungkan suatu partisi misalnya D dengan partisi drive C agar kapasitas drive tersebut bertambah – kalau kamu mau. Tapi, partisi drive D sudah dipenuhi file.

Ketimbang menggabungkan partisi lama dengan partisi C, akan lebih baik langsung menggabungkan Unallocated dengan partisi drive C sehingga kapasitas partisi drive C benar-benar bertambah.

Untuk membuat partisi baru, kita tak memerlukan EaseUS. Kita gunakan saja AOMEI Partition Assistant.

Download AOMEI Partition Assistant

Install dan buka aplikasinya.

Lalu pilih Drive C (atau drive/partisi lain yang hendak ditambah size/kapasitas/ukurannya. Klik-kanan > Merge Partitions.

cara menambah kapasitas hard disk drive

Kemudian muncullah kotak dialog baru yang menampilkan informasi soal kapasitas dari semua partisi yang ada di PC/laptop kamu.

Perhatikan, dalam artikel ini, size dari partisi C saat ini adalah 233GB, yang akan kita tambah dengan Unallocated yang berkapasitas 2.8GB.

Lalu beri tanda cek pada Drive C (atau drive lain yang diinginkan) beserta Unallocated (atau Free space). Pilih OK.

cara tambah jumlah ukuran partisi drive

Kemudian size atau kapasitas dari Drive C akan bertambah dari 233GB menjadi 236GB, setelah ditambah dengan Unallocated yang ber-size 2.8GB.

cara menaikkan jumlah kapasitas

Tapi, bertambahnya drive C atau partisi lain yang telah kamu tambah hanyalah bersifat sementara. Untuk membuatnya permanen, kamu perlu menerapkan perubahan dengan memilih Apply.

Kemudian, muncullah pesan loading seperti ini:

loading size drive c bertambah

Muncullah kotak dialog yang berisi informasi soal proses pengubahan kapasitas partisi. Klik Proceed.

size meningkat hdd

Pilih Retry untuk mulai mengubah kapasitas atau size partisi.

memperbesar kapasitas hard disk

Kemudian, muncul lagi pesan loading ini:

cara memperbesar ukuran drive c

Pilih Proceed lagi.

kapasitas hdd diperbesar

Kalau kamu menggunakan laptop, yang baterainya tersisa kurang dari 70%, maka gunakanlah laptop sambil di-charge.

laptop harus di-cas

Ketika baterai laptop penuh atau sedang di-charge, maka pesan It can’t continue to work without power connected or power is less than 70%. Please do it again after connecting power akan hilang. Langsung pilih Proceed lagi.

cara memperbesar isi partisi

Pilih Yes untuk mengonfirmasi bahwa kamu hendak memperbesar kapasitas drive atau partisi tersebut.

kapasitas drive c

Maka, proses panjang pun akan segera dimulai. Meningkatkan jumlah kapasitas partisi bisa memakan waktu yang sangat lama. Mungkin bisa lebih dari satu jam, dua jam – tergantung kecepatan HDD/SSD dalam memproses file.

memproses file

Ketika AOMEI telah selesai meningkatkan isi kapasitas atau ukuran HDD/SSD, maka akan muncul pesan berikut:

sukses menambah kapasitas drive partisi c

Dan, BOOM! Ketika kamu mengecek File Explorer, maka size dari kapasitas HDD/SSD telah bertambah. Kamu telah berhasil memperbesar kapasitas partisi system C, atau partisi mana pun dengan mudah di komputer.

berhasil menambah kapasitas hard disk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.