Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 03 Agustus 2017

Share:

Apa Arti dari Last Seen (Terakhir Dilihat) di WhatsApp? – 5 Fakta Soal Fitur Last Seen di WhatsApp

last seen terakhir dilihat di whatsapp

Kita semua tahu WhatsApp adalah aplikasi chatting yang populer. Biasanya pengguna WhatsApp adalah orang-orang dewasa yang tak ingin fitur-fitur yang rumit, namun tetap berguna dan memudahkan proses komunikasi.

Salah satu fitur yang mendukung hal itu adalah Last seen atau fitur yang biasa tertulis Terakhir dilihat.

Fitur Last seen sempat membingungkan para pengguna WhatsApp, terlebih pengguna baru WhatsApp.

Tapi, kamu tak perlu lagi bingung. Ternyata penjelasan tulisan atau tanda Last seen atau Terakhir dilihat di bawah nama profil WhatsApp, sangatlah sederhana. Keberadaan fitur ini bukanlah tanpa alasan.

#1 Apa itu Fitur Last Seen di WhatsApp? Apa Artinya?

last seen terakhir dilihat di whatsapp

Bagi pengguna WhatsApp yang sudah lama menggunakannya, fitur Last seen sangatlah berguna.

Last seen adalah fitur yang tampil untuk memberitahu kita (pengguna WhatsApp) tentang kapan terakhir kali orang yang kita kirimi pesan/chat online atau menggunakan WhatsApp.

Fitur ini sangatlah berguna mengingat kita mudah sekali cemas ketika menunggu balasan dari seseorang, apalagi yang sudah berhari-hari tidak membalas pesan WhatsApp yang kita kirim.

Pada kondisi itu, tulisan Last seen akan sangat berguna untuk memberitahu kamu apakah orang tersebut menerima notifikasi chat WhatsApp dari kamu atau tidak.

Kalau ternyata pesan WhatsApp yang kamu kirim beberapa hari yang lalu tidak dibalas padahal tertulis Last seen today, berarti dia membuka WhatsApp hari ini namun sengaja tidak membuka pesan WhatsApp yang kamu kirim. Atau, dia sengaja menunda-nunda waktu untuk membalas pesan dari kamu.

Mungkin inilah penyebab dan alasan kenapa banyak pengguna WhatsApp adalah orang dewasa, orang tua, atau orang sibuk. Ya, tentu mereka tidak ingin terganggu dengan stiker atau fitur yang tidak berguna, ingin aplikasi chatting yang simpel-simpel saja, dan yang pasti, tak ingin merasa cemas ketika pesan tidak dibalas padahal si penerima sering online.

#2 Kapan Saja Tulisan “Last Seen” atau “Terakhir Dilihat” Muncul?

last seen di wa android

Last seen akan muncul secara otomatis setelah seseorang meninggalkan WhatsApp.

Misalnya, ketika mengunci smartphone, menutup aplikasi WhatsApp, menghentikan proses background aplikasi WhatsApp, atau ketika koneksi internet mati seperti kuota internet habis misalnya.

Dalam kondisi-kondisi di atas, akun WhatsApp akan terdeteksi offline. Kemudian muncullah tulisan Last seen today at (jam), atau Terakhir dilihat hari ini pada (jam) yang terlihat di bawah nama profil WhatsApp.

#3 Pada Siapa Saja “Last Seen” Muncul?

apa maksud last seen whatsapp

Tulisan Last Seen atau Terakhir Dilihat muncul bukan hanya pada orang yang mengirimi kamu pesan chat WhatsApp, tapi juga muncul pada orang-orang dalam kontak WhatsApp kamu, serta juga muncul pada semua orang yang menggunakan WhatsApp.

Kamu, orang-orang dalam kontak kamu, dan semua pengguna WhatsApp dapat saling melihat status Last seen masing-masing. Kalau kamu bisa melihat tanda Last seen orang lain, berarti Last seen profil WhatsApp kamu juga terlihat di WhatsApp orang lain.

Bagi pengguna yang plin-plan dan masih labil apalagi remaja, menggunakan WhatsApp mungkin sudah menjadi dilema.

Di WhatsApp, kita tak bisa berbohong kapan terakhir kali kita membuka WhatsApp, dan kalau kita sembunyikan itu, kita juga tak bisa mengetahui kapan orang lain terakhir kali membuka WhatsApp di smartphone mereka.

#4 Bisakah Kita Benar-Benar Mematikan atau Menyembunyikan Last Seen?

mematikan last seen di whatsapp

Kita bisa mematikan atau menyembunyikan Last seen atau kapan terakhir kita online di WhatsApp. WhatsApp sendiri menyajikan tiga opsi untuk mengatur Last seen: 1) dapat dilihat semua orang (Everyone); 2) hanya dapat dilihat oleh orang dalam kontak buku telepon (My Contacts); 3) tidak bisa dilihat siapa pun (Nobody).

Ketika memilih opsi nomor dua atau tiga, maka status Last seen dari WhatsApp kita tidak akan muncul lagi di WhatsApp orang lain, atau WhatsApp siapa pun.

Dilemanya, kita juga jadi tak bisa melihat Last seen orang lain.

Itulah yang memperkuat privasi WhatsApp, yang juga disukai oleh para pengguna WhatsApp, yakni ketika kamu menyembunyikan fitur Last seen pada WhatsApp kamu agar tidak muncul di WhatsApp orang lain, maka kamu juga tidak akan bisa melihat Last seen-nya orang lain di WhatsApp kamu.

Jadi, kejujuran dalam berkirim pesan sangatlah penting bagi tim marketing WhatsApp. Kalau saja WhatsApp sengaja membuat perubahan pada fitur Last seen agar dapat dengan bebas kita matikan, namun kita masih bisa melihat Last seen WhatsApp orang lain, maka WhatsApp akan kehilangan ratusan juta penggunanya dari seluruh dunia dalam sekejap.

#5 Selain Last Seen, Muncul Juga Online. Apa Bedanya?

whatsapp terakhir online

Kalau bukan Last seen today at (jam) yang muncul, maka tulisan Online yang akan muncul. Tapi, apa perbedaan Online dengan Last seen/Terakhir dilihat di WhatsApp? Apa artinya?

Tulisan Online adalah status bahwa kamu sedang aktif menggunakan WhatsApp. Ketika chatting, membuka Settings, atau menambah kontak WhatsApp, maka teman, orang atau pengguna WhatsApp lain akan melihat status Online di bawah nama profil, dan mereka tahu dengan jelas bahwa kamu memang sedang menggunakan WhatsApp.

Kemudian, ketika kamu mengunci smartphone, menutup aplikasi WhatsApp, atau kehabisan kuota internet, maka WhatsApp kamu akan terdeteksi offline yang berarti status Online di bawah profil berubah menjadi Last seen today at (jam) atau Terakhir dilihat hari ini pada (jam).

Sayangnya, kita tak bisa menyembunyikan status Online. Meski kita matikan fitur Last seen, semua orang akan tetap tahu bahwa kita sedang menggunakan WhatsApp dengan status Online yang terus muncul di bawah profil nama kita.


Itulah alasan dan penyebab kenapa fitur Last seen di WhatsApp tidak bisa seenaknya dimatikan. WhatsApp mewakili ratusan juta atau lebih dari satu miliar pengguna-penggunanya yang mengutamakan kejujuran dalam berkirim pesan, serta tak ingin fitur rumit yang ramai dan muluk. Kalau kamu adalah salah satu orangnya, maka WhatsApp adalah aplikasi chatting yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.