Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 03 Agustus 2017

Share:

Cara Agar Terlihat Offline di WhatsApp (Menghilangkan "Last Seen" atau "Terakhir Dilihat")

aplikasi chat whatsapp last seen

Di antara semua aplikasi chatting atau messenger, WhatsApp mungkin menjadi yang paling populer. Bukan hanya karena fitur mengirim pesan yang lengkap, melainkan pula karena fitur keamanan dan privasi yang kuat.

Salah satu fitur WhatsApp yang sangat berguna untuk menjaga privasi adalah fitur Last seen atau Terakhir dilihat.

Tapi, apakah fitur Last Seen di WhatsApp itu?

#1 Apa Maksud atau Arti Last Seen di WhatsApp?

fitur last seen atau terakhir dilihat hari ini di whatsapp

Fitur Last seen berguna untuk mempermudah orang, teman, pacar, atau pengguna lain yang menggunakan WhatsApp mengetahui kapan terakhir kali orang lain menggunakan WhatsApp.

Ketika kamu mengaktifkan fitur Last seen, maka teman yang pernah mengirim pesan chat (atau teman yang sekedar punya kontak WhatsApp/nomor telepon kamu) akan mengetahui dan melihat dengan jelas bahwa kamu sedang online atau terakhir kali kamu online dalam aplikasi WhatsApp.

whatsapp last seen today

Begitu pula dengan akun WhatsApp kamu. Orang lain atau teman chat yang pernah mengirimi kamu pesan atau punya kontak WhatsApp kamu, kamu akan mengetahui Last seen atau terakhir kali mereka online di WhatsApp.

Tapi, fitur Last seen atau Terakhir dilihat kadang mengganggu privasi.

Misalnya, ketika kamu memang ingin tidak dikirimi pesan/chat apa pun oleh teman karena sibuk, dan tak mau mereka mengetahui ternyata kamu online di WhatsApp dengan orang tertentu, kamu memberi sinyal atau tanda kepada mereka bahwa kamu tak ingin dihubungi, dengan cara membuat mereka tidak bisa melihat kapan terakhir kamu online di WhatsApp.

Sehingga, ketika mereka mengirimi kamu pesan WhatsApp, tapi kamu malas atau tak sempat membalasnya, kamu bisa tenang karena mereka mengira kamu offline, tidak punya kuota internet, baterai smartphone habis, atau alasan lainnya.

Meski mereka juga mungkin tahu bahwa kamu sedang menonaktifkan fitur Last seen, setidaknya kamu bisa tenang chatting dengan orang-orang tertentu saja di WhatsApp, tanpa ketahuan oleh orang lainnya kalau ternyata kamu sedang online seharian di WhatsApp.

Maka dari itu, kamu perlu mematikan fitur Last seen/Terakhir dilihat agar menghilang untuk sementara dari WhatsApp, serta agar teman dalam kontak buku telepon memahami bahwa kamu sedang sibuk, tanpa perlu membuat status WhatsApp.

Tapi, bagaimana caranya?

#2 Cara Menghilangkan atau Menonaktifkan Fitur Last Seen di WhatsApp

Last seen atau Terakhir dilihat dapat kita sembunyikan. Mereka yang berada dalam kontak buku telepon atau WhatsApp tidak akan bisa melihat kapan terakhir kamu menggunakan WhatsApp. Meski kamu juga tidak akan bisa melihat Last seen mereka.

Kamu bisa melakukan ini di WhatsApp pada smartphone Android, iPhone, atau Windows 10 Mobile. Caranya untuk masing-masing device juga tak terlalu berbeda jauh. Tinggal sesuaikan saja. Kamu juga tak bisa membuat Last seen tidak terlihat di WhatsApp Web/PC.

Baca Juga: Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop

Buka aplikasi WhatsApp di HP Android, iPhone, atau Windows 10 Mobile.

Buka menu overflow (tiga titik vertikal), dan pilih Settings. Pilih Account.

cara mematikan last seen terakhir dilihat di whatsapp

Masuk ke Privacy. Masuk lagi ke Last seen.

menghilangkan tulisan last seen terakhir dilihat whatsapp

Status Last seen sebelumnya adalah Everyone, yang berarti semua orang (termasuk pengguna WhatsApp yang tidak punya kontak kamu) bisa melihat kapan terakhir kali kamu online atau offline di WhatsApp.

Untuk mengubahnya agar tidak bisa dilihat oleh orang lain di luar kontak, pilih Last seen dan ubah statusnya menjadi My contacts. Sedangkan untuk mengubahnya agar tidak bisa dilihat oleh siapa pun, pilih Nobody.

last seen today terakhir dilihat hari ini

Status Last seen akan berubah bergantung pada apa yang kamu pilih barusan. Nobody berarti semua orang tidak bisa melihat Last seen, dan My contacts berarti hanya akun atau nomor WhatsApp dalam kontak buku telepon yang dapat melihat Last seen atau terakhir kamu online.

Ketika memilih Nobody dan mencegah orang lain tahu kapan kamu terakhir kali online, kamu juga tak bisa melihat atau mengetahui kapan terakhir kali orang-orang dalam kontak WhatsApp kamu online.

Buruknya, ketika kamu sedang chatting di WhatsApp dengan orang lain, maka kamu akan terdeteksi dan terlihat online meski kamu memilih Nobody. Sayangnya, hanya tulisan Last seen saja yang dapat kita hilangkan.

fitur last seen atau terakhir dilihat hari ini di whatsapp

Sedangkan untuk tulisan Online¸ kita tidak bisa menghilangkannya dari WhatsApp.

Tapi setidaknya, kamu berhasil menghilangkan Last seen dari seluruh kontak teman WhatsApp dengan memilih Nobody. Setidaknya, hilangnya tulisan Last seen menandakan bahwa kamu tidak mau dikirimi pesan atau tidak mau membalas banyak pesan di WhatsApp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.