Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 20 Juli 2017

Share:

7 Aplikasi Note/Catatan untuk Jurnal/Buku Harian Terbaik di Android

aplikasi catatan buku harian terbaik di android

Android sudah menjadi sistem operasi terpopuler di dunia. Android menyajikan jutaan aplikasi dan games yang dapat kamu download secara gratis atau berbayar.

Salah satu jenis aplikasi yang wajib kamu download adalah aplikasi notes, catatan, untuk semacam jurnal atau buku harian/diary. Ada banyak aplikasi catatan semacam itu di Android, yang dapat kamu download secara gratis.

Aplikasi catatan biasanya digunakan sebagai pengingat untuk melakukan sesuatu, atau mengingat sesuatu kembali. Misalnya catatan belanja, catatan diary, jurnal pribadi, keuangan, catatan ide-ide proyek pembuatan film, daftar ide-ide postingan blog, dan lain sebagainya.

Ada banyak aplikasi catatan yang bagus, keren, ringan, fitur lengkap, dan sebagainya di Android. Kamu bisa memilih salah satu yang terbaik dalam daftar di bawah ini:

#1 OneNote (Windows 10, Mac, Android, iOS iPhone/iPad, Web, Desktop)

onenote aplikasi catatan terbaik android

OneNote bukan hanya aplikasi catatan yang terpopuler, melainkan pula aplikasi terbaik di antara aplikasi catatan lainnya. Ini karena seluruh fitur OneNote disajikan sepenuhnya gratis untuk Android, Windows 10, iPhone/iPad, Web, Mac, dan Desktop (Windows 7-10).

Dengan OneNote, kamu bisa membuat beragam catatan dengan mudah. Tampilan OneNote yang simpel membuat kamu bisa mengakses segala fiturnya dengan mudah.

aplikasi note catatan belanja harian terbaik

Kamu juga bisa membuat catatan gambar dari kamera/gallery, voice note untuk keperluan pribadi, tulisan tangan, checklist/kotak cek, bullet/poin, dengan highlight/penanda, link, serta bold/italic/underline.

Setiap notes dibungkus ke dalam setiap sections/kategori, dan sections dibungkus ke dalam setiap notebooks yang berbeda. Aplikasi catatan ini dapat bekerja secara offline, tanpa koneksi internet.

Aplikasi catatan ini berjalan ringan di Android, namun membutuhkan minimal RAM 1GB untuk berjalan secara maksimal.

Download OneNote di Android

Download OneNote di Windows 10 PC/Mobile

Download OneNote di iOS iPhone/iPad

Download OneNote di Mac

Download OneNote untuk Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10

Buka OneNote versi Web

#2 Evernote (Android, iPhone, Windows 10)

aplikasi catatan buku harian terbaik di android

Evernote adalah aplikasi catatan pesaing OneNote. Aplikasi catatan ini mampu mencatat apa pun yang kamu pikirkan, dengan fiturnya yang lebih banyak ketimbang OneNote.

Kamu bisa menggunakan fitur pengingat/reminder, text note, tulisan tangan, dengan foto dari kamera/gallery, attachment/file, audio recording atau voice note, tags, punya fitur chatting sendiri, dan fitur lain sebagainya.

Evernote tersedia untuk Android, Windows 10, dan IOS. Aplikasi catatan ini tidak sepenuhnya gratis. Untuk fitur anotasi PDF, pencarian dokumen dan attachment, akses notebook secara offline, penjelajah history notes, kamu perlu membayar Rp.109.000 per bulan.

Baca Juga: Cara Membeli Aplikasi dengan Pulsa

Buruknya, aplikasi kurang ramah dengan koneksi lambat. Evernote akan terus loading jika koneksi internet terdeteksi kurang kencang.

Download Evernote di Android

Download Evernote di Windows 10

Download Evernote di iOS iPad/iPad

#3 Google Keep (Android)

google keep aplikasi catatan terbaik android

Google Keep adalah aplikasi catatan terbaik kembangan Google yang tak terlalu populer. Meski begitu, Google Keep terintegrasi dengan semua layanan Google mulai dari Chrome, Calendar, Gmail, Photos, Drive, Docs, Google Now, Google Assistant, dan Google Home.

Google Keep sedikit berbeda dari aplikasi catatan lainnya. Dengan aplikasi catatan ini, kamu bisa membuat notes teks, voice notes, tulisan tangan, gambar dari kamera/gallery, dengan reminder yang bisa berulang, fitur pin, label, dan lainnya.

Download Google Keep di Android

#4 Trello (Android, iPhone, Web)

aplikasi catatan

Aplikasi catatan yang satu ini berbeda. Ia tampil dan bekerja dengan sistem card. Semua notes akan dibuat dalam bentuk kartu yang dapat di-share dengan mudah ke list lain, atau ke pengguna Trello yang lain.

Trello lebih cocok digunakan secara kolaborasi dengan teman atau rekan yang juga menggunakan Trello. Aplikasi catatan ini terasa kurang nyaman jika digunakan secara pribadi. Tapi akan sangat terasa berguna ketika digunakan untuk keperluan bisnis, ide, atau pengingat yang lebih penting.

Download Trello untuk Android

Download Trello untuk iPhone

Buka Trello versi Web

#5 ColorNote (Android)

catatan aplikasi terbaik

ColorNote adalah aplikasi catatan gratis yang klasik. Tampilannya agak jadul, tapi berguna bagi sebagian orang. Aplikasi ini punya dua jenis notes, text notes dengan checklist. Kamu juga bisa membuat reminder atau pengingat dengan ColorNote.

Secara keseluruhan, aplikasi ini minim fitur. Selain tema gelap dan kuning, aplikasi catatan ini membawa kalender sendiri, backup otomatis, master password, sinkronisasi Facebook dan Google. Hanya itu.

Tapi jika kamu penasaran, kamu bisa men-download aplikasi catatan ini di Android:

Download ColorNote di Android

#6 FairNote (Android)

aplikasi catatan fairnote android

Aplikasi catatan ini punya perbedaan. FairNote mampu membuat catatan tanpa style apa pun, tanpa format bold, italic, underline, dan sebagainya. Tapi kamu bisa membuat checklist juga di sini.

Fitur reminder, notes yang terenkripsi, label, hanya segelintir fitur yang tersedia bagi pengguna gratis. Untuk mendapat fitur lebih, seperti tema gelap, enkripsi semua notes, dan lainnya, kamu perlu membeli fitur Pro seharga Rp.16.000.

Download FairNote di Android

#7 Omni Notes (Android)

aplikasi omni notes catatan android

Aplikasi catatan ini sangatlah sederhana. Omni Notes masih punya fitur reminder, text note, list note, tag, attachment/file, kategori notes, dan notifikasi.

Download Omni Notes di Android


Itulah sejumlah aplikasi catatan terbaik di Android, yang dapat kamu download dan gunakan secara gratis di smartphone. OneNote, Evernote, Trello, dan aplikasi catatan lainnya dapat kamu pilih di Google Play Store.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.