Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 02 Juni 2017

Share:

Cara Menampilkan Subtitle Video/Film secara Otomatis di PC/Smartphone

menampilkan subtitle

Kegiatan menonton video atau film sudah menjadi makanan sehari-hari. Terlebih bagi penggemar film yang hobinya menguras kuota untuk download dan streaming film.

Di Windows 10, kamu bisa menonton video/film dengan nyaman menggunakan aplikasi Movies & TV. Di PC/laptop dengan sistem operasi lain, kamu bisa menggunakan KMPlayer. Di Android atau iPhone, kamu bisa menonton video/film bersamaan subtitle dengan MX Player.

Aplikasi Movies & TV merupakan aplikasi bawaan Windows 10, yang secara UWP (Universal Windows Platform) mampu memutar video dengan fitur yang maksimal. Bukan hanya sistem subtitle yang enak, Movies & TV juga menyajikan fitur video 360.

Sebagai media player, KMPlayer dan MX Player pun tak kalah bagusnya.

Ketiga aplikasi ini mampu memutar video/film dengan subtitle.

Subtitle sendiri tampil dengan tampilan yang dapat kita ubah. Namun bagi beberapa pengguna, kadang heran ketika subtitle tidak tampil atau muncul dalam video secara otomatis. Dan harus menambah subtitle secara manual.

#1 Cara Memunculkan Subtitle Video/Film secara Manual (di PC/Laptop)

Cara manual sangatlah mudah. Kalau kamu menggunakan aplikasi Movies & TV, kamu cuma perlu memutar video atau film secara normal seperti biasanya. Lalu tampilkan subtitle dengan membukanya melalui menu ber-tolltip “Show menu for subtitle and audio”.

menonton video/film dengan subtitle

Kemudian muncul opsi “Choose subtitle file”. Klik itu untuk membuka subtitle yang sesuai dengan video/film yang diputar.

memunculkan subtitle

Kalau kamu tak pakai Windows 10, maka gunakan KMPlayer untuk memutar video atau film. Untuk memunculkan subtitle, klik-kanan pada video yang sedang diputar, dan pilih Subtitle > Load subtitle.

kmplayer subtitle

#2 Cara Memunculkan Subtitle Video/Film secara Otomatis (di PC/Laptop)

Menonton film atau video tak perlu repot-repot dengan memunculkan subtitle secara manual. Kamu bisa menonton setiap video/filmnya dengan subtitle yang menempel secara otomatis di dalam media player-nya. Kamu nggak perlu repot-repot mengedit ulang video.

Cara otomatis untuk memasukkan subtitle ke dalam video adalah dengan menyamakan nama file video/film dengan nama file subtitle-nya.

Misalnya, film yang kamu tonton bernama file “One Day 2016.mp4”. Maka kamu perlu mengubah nama subtitle menjadi “One Day 2016.srt”.

Seketika itu, media player yang kamu pakai akan mengenali subtitle sesuai film yang kamu tonton.

Di Windows 10 dengan aplikasi Movies & TV misalnya. Kamu tinggal mengklik opsi “Show menu for subtitle & audio”, dan pilih subtitle-nya langsung.

video subtitle otomatis

Di KMPlayer, kamu tak perlu melakukan apa-apa lagi. KMPlayer akan memutar video/film bersamaan dengan subtitle-nya, selama kedua nama file tersebut sama.

menonton video dengan subtitle

#3 Cara Menonton Film/Video dengan Subtitle di Android dan iOS (iPhone/iPad)

memunculkan subtitle di android

Kalau kamu menggunakan smartphone Android atau iPhone/iPad, kamu bisa menggunakan MX Player untuk memutar film kesukaanmu bersamaan dengan subtitle yang sesuai.

Download MX Player untuk Android

Download MX Video Player untuk iOS (iPhone/iPad)

Buka video atau film yang hendak ditonton dengan subtitle, menggunakan MX Player.

nonton dengan subtitle

Kemudian pilih tombol titik-titik vertikal yang letaknya di pojok kanan atas layar smartphone.

download subtitle

Pilih Subtitle.

Pilih Open.

buka file subtitle

Kemudian cari file subtitle yang hendak kamu tonton bersama film tersebut.

mencari subtitle

Dan, BOOM! Video/film pun akan diputar dengan subtitle yang telah kamu download.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.