Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 18 Maret 2017

Share:

Cara Matikan Update Aplikasi Otomatis di Android

cara matikan fitur update otomatis aplikasi android

Android, sebagai sistem operasi kembangan Google, membawa beragam aplikasi-aplikasi yang umum digunakan bagi pengguna smartphone Android – utamanya adalah aplikasi kembangan Google, seperti Google Maps, Gmail, dan Google PlayStore.

Google PlayStore sendiri hadir secara khusus bagi pengguna smartphone Android. PlayStore berfungsi sebagai tempat download dan install aplikasi Android. Dengan fitur-fiturnya di sana, kita bisa mendapatkan aplikasi sesuai keinginan kita.

Ada satu fitur PlayStore yang mungkin sedikit kurang berguna, yakni fitur auto-update, yang berfungsi untuk meng-update aplikasi yang sobat download dari PlayStore. Proses update ini dilakukan secara otomatis di background, tanpa sepengetahuan sobat.

Jika sobat tak ingin aplikasi Android di-update secara otomatis, yang dapat menghabiskan kuota tanpa sobat sadari, maka matikan saja fitur update otomatis ini.

Cara Matikan Fitur Update Otomatis Aplikasi Android

Untuk menghentikan fitur update otomatis, dan mengubahnya menjadi manual, buka Google PlayStore di smartphone Android sobat.

Lalu klik tombol tiga garis horizontal untuk membuka navigation menu PlayStore.

stop auto update aplikasi android

Kemudian gulir layar sedikit ke bawah, dan pilih Settings.

update aplikasi otomatis

Pada grup “General”, pilih “Auto-update apps”.

update playstore

Di sinilah tempatnya untuk mengatur fitur update otomatis di PlayStore.

matikan update

Ada tiga pilihan: 1) Do not auto-update apps; 2) Auto-update apps at any time. Data charges may apply; 3) Auto-update apps over Wi-Fi only.

Pilih yang pertama untuk mematikan update otomatis aplikasi. Sobat juga dapat memilih untuk meng-update aplikasi hanya ketika smartphone Android sobat terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Ketika sobat sudah memilih, PlayStore akan langsung menerapkan pilihan tersebut. Singkatnya, PlayStore tidak akan meng-update aplikasi secara otomatis lagi, dan hanya akan update ketika sobat ingin update, atau ketika smartphone terkoneksi Wi-Fi.

Sobat juga dapat mengatur satu per satu aplikasi agar di-update secara otomatis. Sehingga sobat dapat memilih aplikasi apa yang akan di-update secara manual, dan aplikasi apa yang akan di-update secara otomatis.

Masih di PlayStore, buka halaman aplikasi yang hendak diatur.

Di sana sobat akan melihat tombol tiga titik vertikal. Klik tombol itu.

Kemudian muncul check box “Auto-update”. Beri centang untuk membuat aplikasi ini meng-update secara otomatis, atau hilangkan centang untuk update secara manual.

matikan auto update

Itulah cara mengatur fitur update otomatis aplikasi di Android. Mengatur update otomatis akan sangat berguna untuk menyesuaikan kondisi penggunaan internet sobat, khususnya kuota – agar jadi lebih hemat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.