Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 17 Maret 2017

Share:

Cara Matikan Animasi di Android untuk Tingkatkan Performa

cara matikan efek animasi android

gambar: youtube.com

Smartphone bersistem operasi Android mungkin menjadi yang paling populer digunakan, dan hadir dengan berbagai spesifikasi yang menggiurkan. Namun jika sobat tak tahu cara memaksimalkan penggunaan smartphone Android sobat, seperti meningkatkan performa/kinerja Android, maka smartphone pun akan terasa biasa-biasa saja – seperti handphone biasa.

Salah satu cara untuk meningkatkan performa atau kinerja smartphone Android adalah dengan mematikan animasi atau efek apa pun yang muncul ketika sobat menggunakan smartphone. Mematikan animasi Android akan sangat meningkatkan kinerja smartphone sobat.

Tapi, bagaimana caranya?

Cara Matikan Animasi di Smartphone Android

Terlepas dari versi Android yang sobat gunakan, sobat tetap dapat mematikan animasi di smartphone Android sobat.

Pertama, pastikan sobat telah mengaktifkan developer mode/option. Jika belum, buka Settings, lalu gulir layar ke paling bawah, dan pilih “About phone” atau “About tablet”.

efek animasi android

Gulir layar ke paling bawah, lalu klik berkali-kali pada Build number, hingga nanti muncul tulisan “You are now a developer!”

Masih di Settings. Masuk ke Developer options. Lalu gulir layar ke bawah sampai sobat menemukan “Window animation scale”, “Transition animation scale”, dan “Animator duration scale”.

android animasi

Ketiga pilihan tersebut berguna untuk mengatur bagaimana smartphone Android sobat menampilkan animasi atau efek, berdasarkan scale/kecepatan animasinya.

Sobat dapat mengatur sesuai keinginan sobat di sini, seperti mengatur kecepatan efek animasi menjadi .5x untuk animasi yang paling cepat.

cara matikan animasi android

Namun jika sobat benar-benar ingin mematikan efek animasi di Android untuk meningkatkan performa atau kinerjanya, maka matikan saja. Pilih “Animation off” pada ketiga opsi tersebut.

Setelah ketiga-tiganya Off, sobat tak akan lagi melihat efek animasi apa pun ketika membuka aplikasi, menutup aplikasi, membuka atau menutup navigation bar, dan sebagainya.

Namun, sejumlah aplikasi memiliki efek animasi bawaan yang mungkin tak dapat sobat matikan melalui Developer options di Settings barusan. Tapi dengan mematikan efek animasi Android, setidaknya kinerja smartphone sobat akan bertambah lebih kencang dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.