Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 28 Maret 2017

Share:

Aplikasi Facebook di Android Terasa Berat? Gunakan 3 Cara Ini!

facebook mobile chrome android

Facebook sebagai jejaring sosial terbesar tampaknya tak terlalu serius mengembangkan aplikasi mobile-nya. Aplikasi Facebook di Android (dan iOS) berjalan terlalu berat di background hingga membuat baterai smartphone jadi jauh lebih boros.

Aplikasi Facebook memang bekerja sangat berat, hingga sering force close (aplikasi keluar sendiri). Sobat akan kemungkinan besar melihat pesan “Sayangnya, aplikasi Facebook telah berhenti” lebih sering di smartphone Android dengan RAM yang kurang dari 1GB.

Sobat mungkin menggunakan aplikasi Facebook di smartphone karena kemudahan yang tak bisa didapatkan dari situs versi mobile dari Facebook. Tapi, sobat tampaknya punya solusi ampuh untuk mengatasi dilema ini.

#1 Situs Mobile Facebook di Chrome Android

Situs mobile Facebook memiliki fitur yang cukup lengkap, namun tak selengkap situs desktopnya.

Facebook baru-baru ini menghilangkan fitur chat di Facebook versi mobile – mengharuskan kita untuk men-download dan menginstal Messenger untuk melakukan chat dengan teman Facebook.

facebook chat messenger

Situs Facebook versi mobile yang sekarang masih memiliki fitur-fitur selengkap versi mobile dahulu – yang berbeda hanya “paksaan” untuk menginstal Messenger.

Jika sobat tetap ingin menggunakan situs Facebook versi mobile di Android, gunakan browser Google Chrome saja. Karena bukan hanya data-data sobat sinkron dengan Chrome di PC, melainkan pula hadirnya notifikasi web di Chrome versi Android.

Buka dan login ke Facebook di Google Chrome pada smartphone Android sobat. Facebook akan langsung meminta izin untuk mengaktifkan notifikasi atau pemberitahuan yang akan muncul bahkan ketika sobat menutup aplikasi Chrome.

facebook

Ketika notifikasi web dari Facebook telah aktif, sobat akan mendapat pemberitahuan kapan pun dari Google Chrome, yang tentunya akan selalu bekerja di background, yang berarti akan menguras baterai smartphone serta kuota internet sobat.

Ironis memang. Sobat menghindari aplikasi Facebook karena bekerja terlalu berat di background, namun malah menggunakan Chrome yang juga melakukan hal yang sama.

Tapi, tenang. Masih ada solusi lain untuk mengatasi ini.

#2 Gunakan Facebook Lite, Web Wrapper Facebook yang Jauh Lebih Ringan

Aplikasi ini tampaknya sudah tak asing lagi di telinga pengguna smartphone dengan spesifikasi yang tak terlalu tinggi. Facebook Lite adalah aplikasi web wrapper dari situs Facebook dengan fitur yang cukup lengkap di dalamnya.

facebook lite

Berita bagusnya, Facebook Lite juga menyajikan fitur chat langsung, sehingga sobat tak perlu men-download dan menginstal Messenger. Facebook Lite juga berjalan sangat ringan dan cepat, karena ia membungkus seluruh fitur Facebook ke dalam satu aplikasi yang size-nya tak lebih dari 10MB.

Dengan Facebook Lite, sobat dapat men-share postingan dari orang lain atau suatu fanpage ke grup yang sobat inginkan. Sobat juga dapat membuat status/postingan Facebook untuk dibaca oleh orang-orang tertentu. Semua dapat sobat lakukan dengan Facebook Lite.

Hanya ada satu hal yang tak dapat dilakukan dengan Facebook Lite, yakni memberi reaksi Like, Love, Haha, Wow, dan sebagainya. Namun, bagi pengguna smartphone yang spesifikasinya rendah dengan kuota internet yang sedikit atau kecepatan internet lambat, hal ini tak menjadi masalah.

#3 Gunakan Metal, Web Wrapper Facebook dan Twitter

Metal juga merupakan salah satu aplikasi web wrapper Facebook. Kelengkapan fiturnya bisa dibilang lebih lengkap daripada Facebook Lite. Sobat juga dapat melakukan chat langsung tanpa Messenger di sini.

Metal sendiri bukan hanya sebuah aplikasi web wrapper untuk Facebook, melainkan juga untuk Twitter.

Tak seperti Facebook Lite yang membungkus elemen situs Facebook secara keseluruhan, Metal malah membuat semuanya loading sempurna seperti situs mobile Facebook biasanya, namun tetap menampilkan fitur chat langsung tanpa Messenger.

metal app facebook twitter

Sederhananya, sobat perlu menguras kuota lagi untuk membuat semua elemen loading dengan sempurna agar Facebook dapat bekerja maksimal dalam aplikasi Metal. Namun bagi orang yang tendensius dengan estetika dari Facebook, hal ini tak akan menjadi masalah.


Pada akhirnya, sobat tinggal menggunakan salah satu dari kedua aplikasi di atas. Pilih Facebook Lite atau Metal – semua tergantung keinginan. Atau jika sobat ingin menggunakan situs mobile Facebook di Chrome pada Android – itu pun tak masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.