Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 21 April 2016

Share:

Windows Update Macet & Berhenti Sendiri di Windows 10, Ini Cara Mengatasinya


Windows Update sering berhenti sendiri? Windows 10 membawa perubahan pada Windows Update – tampilannya menjadi lebih sederhana dan elegan, namun masih memiliki masalah yang sangat umum: Windows Update berhenti sendiri/stuck. “Berhenti sendiri” itu seperti Windows Update yang mem-pause dirinya sendiri, tanpa memberi tahu pengguna. Sementara di Windows 10, Windows Update tidak memiliki tombol Pause.

Error ini dialami oleh banyak pengguna Windows, Windows 10. Saya pikir masalah Windows Update yang berhenti sendiri ini dialami oleh pengguna dengan koneksi internet yang lambat. Ternyata tidak juga. Jika sobat sedang mengalaminya, ada beberapa cara utuk mengatasi Windows Update yang berhenti sendiri.

Cara Mengatasi Windows Update yang Berhenti Sendiri

Windows Update Troubleshooter

Microsoft sebenarnya menyediakan fitur di dalam Windows untuk membantu pengguna mengatasi masalahnya dengan semacam alat troubleshooter, termasuk untuk Windows Update yang berhenti sendiri ini. Sobat bisa menemukan Windows Update Troubleshooter di Control Panel.

Pergi ke bagian ini: Control Panel\All Control Panel Items\Troubleshooting. Sobat akan menemukan “Fix problem with Windows Update”. Klik itu untuk mengetahui apa yang salah di Windows Update.


Itu akan menjalankan sebuah window yang harus diikuti petujuknya. Pastikan mengklik “Advanced”, kemudian beri tanda cek pada “Apply repair automatically”, dan klik “Run as administrator”. Itu akan mengatasi Windows Update secara otomatis.


Sobat hanya perlu mengikuti petunjuk selanjutnya. Troubleshooter akan mengidentifikasi masalah dan mengatasinya secara otomatis. Setelah melakukan ini, cobalah kembali menggunakan Windows Update. Jika sobat sudah mencobanya namun Windows Update masih macet-macet, sobat bisa menggunakan cara selanjutnya.

Menghapus Cache secara Manual

Windows Update mengandung cache yang berisi semacam banyak file beracak yang berisi updates yang telah di-download.

Agar hasil lebih efektif, masuk ke safe mode dulu. Kemudian buka CMD (Admin).

Masukkan perintah ini, dan tekan Enter:

net stop wuauserv


Setelah itu, buka C:\Windows\SoftwareDistribution

Sobat perlu menghapus file di folder ini. Pilih semua dan tekan Delete.

Kemudian buka lagi CMD, jalankan perintah ini:

net start wuauserv

Ini akan menyalakan kembali Windows Update.

Jalankan kembali Windows Update, dan cobalah untuk melanjutkan proses update.

Jika cara ini tak bisa mengatasi Windows Update yang berhenti sendiri, kamu bisa berkomentar di bawah artikel ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.