Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 08 Januari 2015

Share:

Bukannya Mempercepat, 'Memory Optimizer' Justru Memperlambat Kinerja Komputer

wise memory optimizer
Wise Memory Optimizer

Jika Anda pernah menggunakan beberapa program pembersih files sampah, seperti Wise Care 365 atau Advanced SystemCare, Anda mungkin akan mencoba atau bahkan terus menggunakan suatu alat tambahan lain di dalamnya yang berupa pengoptimal memori, misalnya Wise Memory Optimizer. Pengoptimal memori bermaksud membersihkan RAM untuk mempercepat kinerja komputer. Tapi sebaliknya, bukannya mempercepat kinerja komputer, pengoptimal memori justru membuat kinerja komputer lebih lambat.

Fakta

Hanya dengan sekali klik, pengguna telah membersihkan RAM, dan itu meningkatkan kinerja komputer. Setelah itu, Anda mungkin akan mengecek Task Manager untuk melihat turunnya persentase penggunaan RAM. Kemudian, Anda merasa tenang karena kinerja komputer akan lebih cepat.

Itu salah! Setelah menggunakan pengoptimal memori, kinerja akan lebih segar, tetapi menjadi lebih lambat, misalnya lebih lambat dalam membuka program, akses data dalam suatu program, dan sebagainya yang perlu mengandalkan harddisk.

Yang terjadi setelah membersihkan RAM

Dalam teknologi, memori adalah 'ingatan' dari sistem operasi yang pernah membuka suatu aplikasi. Secara logika, sistem operasi akan mengingat itu dan menyimpannya sebagai files, dan files tersebut adalah cache RAM. Jika kita manusia yang ingat akan suatu perbuatan yang pernah kita lakukan, maka di masa depan kita dapat melakukannya lagi dengan lebih mudah dan cepat. Jika ingatan itu hilang, maka kita akan melakukannya dengan lebih lambat karena kesulitan, setara dengan waktu saat ingatan itu dibuat, atau bahkan lebih lambat. Hal tersebut mungkin berlaku bagi teknologi, yakni cache (sebagai ingatan sementara).
RAM yang tidak dibersihkan, tapi ini jauh lebih baik.

RAM terlihat penuh itu karena cache termasuk ke dalamnya. Cache berfungsi untuk mempercepat akses data. Jika Anda menutup suatu aplikasi yang akan dibuka lagi nanti, maka RAM tidak perlu menambah beban terhadap harddisk untuk mengakses data di dalamnya, karena data tersebut sudah berupa cache RAM yang dapat diakses lebih cepat. Karena itu, kecepatan membuka program, akses data dalam suatu program, dan sebagainya menjadi lebih lambat setelah membersihkan RAM.

Cara kerja pengoptimal memori

Yang saya tahu, pengoptimal memori bekerja dengan cara membersihkan cache RAM. Setelah itu, persentase penggunaan RAM akan menurun karena cache telah dibersihkan. Cache sendiri adalah ingatan yang seperti saya tulis tadi. Jika ingatan itu hilang, maka komputer dapat mengingat kembali ingatan itu setelah Anda membuka aplikasi yang bersangkutan. Komputer akan mengingat cache baru pada aplikasi yang baru dijalankan untuk mempercepat kinerja aplikasi itu saat ia dijalankan lain kali.

Mempercepat kinerja RAM

Pengoptimal memori hanya kesalahpahaman belaka, atau bahkan scam (penipuan). Akan lebih baik jika Anda membiarkannya penuh dan berkurang dengan sendirinya, dan mencoba mempercepat kinerja komputer dengan menghemat RAM, seperti: menghilangkan program yang tidak aktif dari system tray, tidak membuka program yang tidak penting, dan sebagainya; atau bahkan meng-upgrade RAM. Tidak ada alasan apa pun untuk menggunakan pengoptimal memori, itu pendapat saya.

Ketika tidak ada program dan proses yang berjalan, persentase penggunaan RAM akan menurun. Hanya tersisa cache di sana. Jika RAM penuh, maka ia akan memindahkan beberapa data dari RAM ke pagefile (sebagai cadangan jika ada suatu program yang membutuhkan banyak kuota RAM, agar nantinya program itu tidak crash saat dijalankan). Tentu saja, program itu juga memerlukan cache RAM agar akses data di dalamnya lebih cepat.

Sistem operasi modern seperti Windows mampu mengelola RAM dengan lebih baik. Membiarkannya penuh jauh lebih baik ketimbang membersihkannya. Jangan sampai mengorbankan harddisk demi segarnya kinerja. Ingat! Membersihkan RAM hanya dapat menyegarkan, tidak mempercepat kinerja.

Jadi, masih mau menggunakan pengoptimal memori?

6 komentar:

  1. Cara terbaik ya beli RAM lagi :)
    RAM 4 GB DDR3 di bawah 500rb banyak kok, malah bisa dapet yang pake heatsink, hehehe :D

    BalasHapus
  2. wah, begitu ya,
    nice info gan XD

    BalasHapus
  3. wahh baru tau saya.... thanks infonya.... (y)

    BalasHapus
  4. thanks infox bang...nh btl skl tuh sy srng mncba mggnkn apliksi pmbrsh ram dn trbukti mmng jstru mmprlmbt kinerja komputer. Mantap

    BalasHapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.