Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 07 Mei 2014

Share:

Cara Mengaktifkan – Menonaktifkan Windows SmartScreen di Windows 8.1

smartscreen di windows 8.1
Gambar: http://blog.laptopmag.com/
Windows 8.1 memiliki fitur Windows SmartScreen yang berfungsi untuk melindungi Anda dari aplikasi yang berbahaya. Setelah Anda mengklik suatu aplikasi yang tidak aman, maka muncullah peringatan dari Windows SmartScreen sebelum Anda menjalankan aplikasi tersebut. Windows SmartScreen berfungsi untuk mengamankan komputer Anda dari aplikasi yang berbahaya.

Ada pilihan ketika peringatan Windows SmartScreen muncul, yaitu: memilih untuk menjalankan saja dan memilih untuk tidak menjalankan aplikasi yang terdeteksi. Sistem operasi (Windows) Anda akan mengirim identitas dari aplikasi tersebut ke server-nya Microsoft. Hal ini berguna agar Microsoft dapat mengecek aplikasi yang tidak aman tersebut.

Peringatan Windows SmartScreen akan muncul jika Anda mencoba untuk membuka atau menginstal aplikasi baru yang terdeteksi dan dianggap berbahaya. Padahal aplikasi yang hendak dibuka adalah aplikasi yang aman. Jika memang begitu, maka Anda dapat mengklik Run Anyway.

Terkadang, aplikasi yang terdeteksi oleh Windows SmartScreen tidak akan berjalan baik jika Anda telah mengklik Run Anyway. Bisa saja tombol Run Anyway tidak tersedia di peringatan Windows SmartScreen. Padahal aplikasi yang hendak dibuka itu aman. Lalu bagaimana? Solusinya yaitu menonaktifkan Windows SmartScreen untuk sementara di sistem operasi Anda, Windows 8.1.

Cara Menonaktifkan Windows SmartScreen di Windows 8.1

Artikel ini juga berlaku untuk Windows 8.
Buka Control Panel. Caranya arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah, arahkan kursor sedikit ke atas, klik Settings, dan klik Control Panel.
klik control panel di windows 8.1

Setelah itu, jendela Control Panel terbuka. Masuk ke alamat berikut. Agar lebih mudah, salin (copy) alamat berikut dan tempel (paste) di bilah alamat (address bar) Control Panel.
Control Panel\System and Security\Action Center
buka windows smartscreen

Setelah itu, masuklah ke alamat yang dituju. Klik Change Windows SmartScreen settings.

Pilih tombol radio (radio button) yang bertuliskan "Don't do anything (turn off Windows SmartScreen)". Lalu klik OK.
cara mengaktifkan menonaktifkan windows smartscreen di windows 8.1

Akhir Kata

Nah, Anda wajib mengaktifkan kembali Windows SmartScreen jika Anda telah selesai menginstal program atau hal lain yang berkaitan dengan aplikasi. Untuk mengaktifkan kembali, klik "Get administrator approval...", dan klik OK. Baca juga mengenai masalah Windows SmartScreen tidak bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.