7 Solusi Voice Note WhatsApp Tidak Keluar Suara

Solusi Voice Note WhatsApp Tidak Ada Suara
Solusi Voice Note WhatsApp Tidak Ada Suara

VN WA tidak keluar suara? Bagaimana cara mengatasinya? VN atau Voice Note atau pesan suara merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp.

Fitur ini sudah tentu memberikan kemudahan karena kamu bisa lebih mudah menyampaikan keinginanmu dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan harus mengetik atau mengirim pesan teks.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memberikan penjelasan secara detail atau membutuhkan penjelasan yang lama.

Pastinya jika kamu menjelaskan dengan cara mengetik kurang efektif, terlebih lagi terkadang apa yang kita ketik tidak sesuai dengan apa yang kita omongkan. Mungkin kamu pernah mendapatkan pesan suara dengan durasi 2 atau bahkan 5 menit.

Bayangkan ketika kamu harus mengetik isi pesan suara tersebut menjadi pesan teks. Tentu akan lebih ribet dan lebih banyak membuang waktu.

Dengan memanfaatkan pesan suara, maka apa yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan dipahami oleh orang lain. Meskipun begitu, terkadang ada masalah yang dialami para pengguna WhatsApp berkaitan dengan VN.

Undang teman dan dapatkan uang dengan mudah. Mau? Silahkan ikuti cara undang teman di Snack Video.

Salah satunya adalah pesan suara tersebut tidak mengeluarkan suara. Lalu kira-kira kenapa VN tidak keluar suara? Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk menjawab hal tersebut, silakan kamu simak penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Kenapa VN Tidak Keluar Suara

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan pesan suara di aplikasi WhatsApp tidak mengeluarkan suara.

Masalah pertama dan termasuk masalah umum adalah ketika membuka VN, layar smartphone tiba-tiba mati sehingga membuat VN tidak keluar suara. Namun masih bisa kamu  keluarkan dari chat.

Permasalahan lainnya adalah layar smartphone tetap menyala, namun ketika kamu memutar pesan suara, ternyata suaranya tidak keluar atau bisa juga suaranya terdengar namun sangat kecil.

Padahal volume HPmu pada waktu itu sudah maksimal. Ada juga pesan suara tersebut tidak bisa diunduh sehingga kamu tidak bisa mengetahui apa yang coba disampaikan oleh si pengirim.

Solusi Mengatasi VN WA Tidak Keluar Suara

Jika kamu mengalami permasalahan di mana VN tidak keluar suara, kamu bisa menerapkan beberapa solusi yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Matikan Proximity Sensor

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonaktifkan sensor proximity. Sensor ini berfungsi untuk mematikan layar ketika terdapat benda maupun apa pun yang mendekat ke layar HP.

Sensor tersebut akan aktif ketika kamu sedang menelepon dan umumnya HP kita akan ditempelkan ke telinga. Sensor inilah yang kemudian membuat layar HP otomatis mati tanpa perlu kamu tekan tombol apa pun.

Sensor proximity yang mengalami masalah berpotensi bisa mengakibatkan pada saat kamu memutar VN. Ketika kamu ingin memutar pesan suara tersebut tiba-tiba layar HPmu mati.

Untuk memastikan apakah sensor ini bekerja dengan baik atau tidak, silakan masuk ke menu pengaturan. Kamu tinggal mengetik “proximity” di pencarian dan coba matikan sensor tersebut. Selanjutnya kamu coba putar VN dan cek apakah kamu masih bisa memutar pesan suara tersebut atau tidak.

2. Mengatur Volume Speaker

Cara kedua adalah silakan kamu atur volume speaker di smartphone. Bisa jadi pada waktu kamu memutar pesan suara tersebut, volumenya masih kecil atau bahkan off.

Kamu hanya perlu menaikkan volumnya dengan menekan tombol volume yang ada di sebalah kanan maupun kiri HPmu. Dengan begitu, maka kamu bisa mendengar pesan suara tersebut dengan jelas.

3. Gunakan Headset

Jika dua solusi di atas masih belum memberikan hasil, maka coba kamu download dan dengarkan pesan suara tersebut melalui headset.

Jika VN tersebut mengeluarkan suara, maka permasalahannya kemungkinan besar berasal dari speaker smartphonemu.

Namun, jika masih belum ada suara yang terdengar, kemungkinan masalah bisa berasal dari file pesan suara tersebut.

4. Memberikan Izin Microphone

Solusi yang keempat adalah dengan memberikan izin microphone. Biasanya microphone yang belum diberikan izin oleh sistem bisa menyebabkan pesan suara yang diputar tidak mengeluarkan suara. Maka solusinya adalah:

  1. Pertama-tama, silahkan masuk ke “Pengaturan“.
  2. Kemudian pilih menu “Aplikasi“.
  3. Selanjutnya tinggal kamu cari aplikasi “WhatsApp“.
  4. Lalu masuk ke “Izin Aplikasi“.
  5. Kemudian cari ikon “Microphone“.
  6. Sekarang tinggal kamu aktifkan toogle.
  7. Selesai.

5. Merefresh Jaringan

Keempat solusi yang sudah kami berikan masih belum berhasil? Coba dengan merefresh jaringan. kemungkinan jaringan yang bermasalah mengakibatkan pesan suara tidak bisa diputar atau bahkan kamu tidak bisa mengunduhnya.

Untuk merefreshnya, kamu hanya perlu mengaktifkan mode pesawat. Kemudian nonaktifkan kembali mode pesawat tersebut. Tunggu beberapa saat dan coba kamu download dan dengarkan pesan suara itu kembali.

6. Restart HP

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan merestart HPmu. Ketika kamu melakukan cara ini, sistem yang ada di smartphone akan otomatis melakukan boot ulang terhadap seluruh aplikasi.

Dengan begitu, aplikasi yang bermasalah kemungkinan akan kembali normal seperti sebelumnya.

7. Membawa ke Tempat Servis

Jika semua cara sudah kamu lakukan dan masih tidak memberikan hasil, maka solusi terakhir adalah dengan membawa HPmu tersebut ke tempat servis.

Kamu bisa membawanya ke tempat servis resmi yang ada di kotamu. Akan lebih baik jika ternyata kartu garansi smartphonemu masih berlaku.

Namun, kamu juga bisa membawanya ke tempat servis HP umum. Hanya saja, pastikan kamu benar-benar membawa ke tempat servis terpercaya.

Kamu bisa bertanya kepada teman atau orang yang kamu percaya tentang tempat servis yang memang memberikan hasil yang memuaskan dengan para pegawai yang profesional.

Dengan begitu, smartphonemu benar-benar tidak mengalami masalah dan kamu bisa mengunduh serta mendengarkan pesan suara dengan normal seperti HP lainnya.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan terkait solusi mengatasi VN WA tidak keluar suara. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *