Berapa Penghasilan Mobile Legends Pertahun? Berikut Jawabannya

Penghasilan Mobile Legends Pertahun
Penghasilan Mobile Legends Pertahun

Salah satu game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang paling terkenal dan memiliki jumlah pemain yang sangat banyak adalah Mobile Legends. Game ini diunduh lebih dari 25 juta pengguna Android dan memiliki rating 4.6 di iOS.

Mobile Legends dianggap sukses menggaet pasar mobile game di Indonesia seiring dengan banyaknya turnamen yang diadakan oleh Moonton baik tingkat Nasional maupun Internasional.

Pada bulan Januari 2021 kemarin, Moonton berhasil menggelar kejuraan Mobile Legends tingkat Internasional yaitu M2 World Championship di Singapura.

Turnamen tersebut diikuti oleh 8 tim Esport dari seluruh dunia. Dan Indonesia diwakilkan oleh RRQ Hoshi dan Alter Ego.

Bracket M2 World Championship Singapore - Penghasilan Mobile Legends Pertahun
Bracket M2 World Championship Singapore

Walaupun sayang sekali, kedua tim ini harus gugur sebelum masuk ke babak Final.

Ketenaran game Mobile Legends membuat banyak orang bertanya-tanya berapa pendapat yang diperoleh Moonton selaku developer dari Mobile Legends.

Undang teman dan dapatkan uang dengan mudah. Mau? Silahkan ikuti cara undang teman di Snack Video.

Jika kamu juga bertanya-tanya berapa penghasilan Moonton pertahun, kami akan membahasnya pada postingan ini.

Penghasilan Moonton dari Mobile Legends

Sejak pertama kali dilaunching pada tahun 2016, game MOBA ini mendapatkan antusias yang sangat besar oleh para gamer. Mungkin karena hampir mirip dengan game DOTA 2 PC yang sudah terkenal sebelumnya.

Dilansir dari situs surgatekno.com, Moonton mendapatkan keuntungan kurang lebih $500 juta atau sekitar 7 Trilliun rupiah. Pendapatan ini merupakan pendapatan kotor selama mereka beroperasi.

Perkembangan ini tentunya akan berbeda setiap tahunnya dan keuntungan Mobile Legends sendiri naik hampir 36% setiap tahun.

Setelah Moonton mengeluarkan versi 2.9, mereka mendapatkan keuntungan sebanyak $24.4 juta. Dan kawasan Asia menyumbangkan keuntungan lebih dari $301 juta atau sekitar 60% dari total pendapatan. Kawasan Asia tersebut antara lain adalah Indonesia dan Malaysia.

Dimana pendapatan terbesar berasal dari Malaysia, dimana para player Mobile Legends dari negara tersebut menghabiskan $87,5 juta atau 17% dari total pendapatan. Pada posisi kedua, ditempati oleh Indonesia dengan $69,2 juta atau 14 %. Sedangkan posisi ketiga diambil oleh Amerika Serikat dengan $64,1 juta atau 12,8% dari total pendapatan.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat perkembangan pendapatan Moonton pada grafik di bawah ini:

Grafik Pendapatan Mobile Legends - Penghasilan Mobile Legends Pertahun
Grafik Pendapatan Mobile Legends

Moonton Mendapatkan Penghasilan dari Mobile Legends

Mungkin dari kamu banyak yang bertanya, darimana pendapatan Moonton dari Mobile Legends ? Kok bisa sebanyak itu ya.

Walaupun Mobile Legends dapat kamu mainkan secara gratis, tetap saja Moonton banyak mendapatkan keuntungan. Hal tersebut dilakukan Moonton dengan menjual skin serta item dengan pembayaran menggunakan diamond.

Jadi setiap player yang ingin membeli skin hero atau item yang dijual menggunakan diamond harus melakukan top up terlebih dahulu. Karena diamond hanya bisa didapatkan dari top up.

Pembelian diamond di Mobile Legends merupakan sumber utama penghasilan dari Moonton.
Jadi semakin banyak player yang melakukan top up, maka semakin banyak pula keuntungan yang Moonton dapatkan.

Jika kamu ingin mengkoleksi skin ataupun memberikan dukungan kepada Moonton, maka kamu bisa melakukan top up diamond sebagai bentuk dukungan.


Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai berapa penghasilan Mobile Legends per tahun. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjawab pertanyaan kalian semua. Sampai disini dulu dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *