Word Office

Margin Skripsi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Skripsi adalah momok menegangkan bagi sebagian mahasiswa akhir yang sudah mulai mendekati kelulusan.

Istilah skripsi sendiri sering digunakan di Indonesia untuk mendeskripsikan sebuah karya ilmiah yang dibuat oleh calon lulusan Sarjana S1 dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

Materi skripsi tidak akan jauh dari bidang yang mereka tekuni, namun dengan tetap mengacu kaidah-kaidah yang sudah berlaku sebelumnya.

Menulis Skripsi tentu tidak sembarangan, sebisa mungkin materi serta teknis yang dibuat sangat minim kesalahan agar mahasiswa terhindar dari yang namanya revisi.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, diantaranya yaitu teknis penulisan seperti margin skripsi, ukuran kertas, font, ukuran font dan format spasi.

1. Ukuran Kertas Skripsi

Semua unsur teknis pembuatan skripsi tentu harus diperhatikan, salah satu yang wajib kamu kritisi adalah penggunaan kertas. Standar pembuatan skripsi pasti selalu menggunakan rekomendasi ukuran kertas A4.

Untuk kertas A4 sendiri memiliki ukuran Ā 21,0 cm X 29,7 cm atau dalam versi inch bisa dikatakan 8,3 inchi X 11,7 inchi.Ukuran Kertas A4

Di Indonesia kerta A4 sering kali disebut sebagai HVS, selain kertas HVS yang sering digunakan untuk membuat skripsi, ada jenis kertas lain yang bisa dibilang serupa.

Kertas tersebut memiliki nama kertas Kuatro, sebenarnya kertas ini memiliki ukuran yang sama dengan A4, namun jenisnya saja yang berbeda.

Bagi yang belum tahu cara mengubah format kertas di Word, silahkan ikuti cara dibawah ini :

  1. Buka Microsot Word.
  2. Silahkan masuk ke Page Layout āž¤ Size āž¤ pilih kertas A4.Atur Ukuran Kertas Pada Fitur Size
  3. Jika ingin memasukkan format kertas lain, silahkan pilih More Paper Size āž¤ ubah menjadi Custom Size āž¤ masukkan ukuran kertas.Sesuaikan Ukuran Custom Kertas Di Page Setup

Jika satuan ukur Word kamu belum menggunakan CM, untuk mengubahnya bisa melakukan pengaturan dibawah ini :

  1. Tekan menu File.
  2. Pilih kotak Options.Buka Menu File Lalu Tekan Options
  3. Masuk ke menu Advanced, kemudian scroll dan ubah Show measurement in unit of menjadi Centimeters.Masuk Menu Advance dan Ubah Satuan Jadi Centimeters
  4. Terakhir tekan tombol OK.

2. Jarak Spasi, Font dan Ukuran Font

Pengaturan jarak spasi dalam skripsi juga sangat diperhitungkan, sama seperti bentuk karya ilmiah lainnya, standar spasi yang digunakan dalam membuat skripsi yaitu 1.5.

Kemudian untuk penulisan formal seperti skripsi ini, jenis font yang sering digunakan sebagai standarisasi adalah Times New Roman. Dan yang terakhir ukuran font selalu mengikuti acuan umum yaitu menggunakan ukuran 12.

  1. Buka Microsoft Word.
  2. Silahkan ubah font di menu Home. Kemudian ubah ukurannya di samping jenis Font.Atur Jenis Font dan Ukuran Di Menu Home
  3. Setelah itu kamu bisa tekan tombol Line & Paragraph Spacing untuk mengatur ukuran spasi. Tekan fitur tersebut lalu pilih ukuran 1.5.Ubah Ukuran Spasi Di Line & Paragraph Spacing

3. Margin Skripsi

Setelah hampir menyelesaikan teknis penulisan Skripsi di Word, selanjutnya kamu menentukan ukuran Margin Skripsi. Dan pada point artikel yang lain, kita sudah pernah membahas ukuran margin untuk makalah.

Sekedar tambahan info, margin merupakan jarak tepi kertas dengan halaman atau konten yang ada di Word.

Untuk mempermudah pengaturan, margin biasanya di set sebelum kita mulai menulis skripsi, sehingga hasilnya akan lebih baik tanpa mengatur dan menyesuaikan kembali di akhir.

Untuk ukuran standar margin skripsi yang sering digunakan adalah 4 4 3 3, atau bisa kita jabarkan dengan format Top:Ā 4 cmĀ ; Left :Ā 4 cmĀ ; Bottom :Ā 3 cmĀ ; Right ;Ā 3 cm.

Disini kita akan gunakan satuan angka CM, jika settingan Word kamu masih dalam bentuk inci silahkah ubah dulu seperti yang sudah kita berikan caranya diatas.

  1. Buka Microsot Office Word.
  2. Masuk ke menu Page Layout, kemudian kamu bisa klik kotak Margins lalu pilih tombol paling bawah yakni Custom Margin.Ubah Ukuran Margin di Menu Margins, Page Layout
  3. Tunggu sampai muncul jendela pengaturan Page Setup, kemudian kamu bisa atur ukuran margin skripsi disini. Masukkan angka sesuai format Top:Ā 4 cmĀ ; Left :Ā 4 cmĀ ; Bottom :Ā 3 cmĀ ; Right ;Ā 3 cm.Masukkan Ukuran Margin Di Page Setup
  4. Terakhir tekan tombol OK.

Akhir Kata

Secara otomatis ukuran tepi kertas akan menyesuaikan format ukuran baru melalui pengaturan Page Setup tadi.

Setelah itu kamu bisa mulai mengisi skripsi sesuai dengan materi penelitian yang diambil.

Jangan lupa ketika mencetak hasilnya ubah pengaturan kertasnya di jendela Print menjadi A4, agar hasilnya tidak terpotong. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar