Cara Print (Cetak) Tanpa Kabel di Laptop [Lewat WiFi]

Cara Print Tanpa Kabel di Laptop

Teknologi printer telah berkembang semakin pesat. Perangkat untuk mencetak dokumen ini sudah mengalami beberapa kali inovasi zaman yang cepat, dari model print konvensional hingga teknologi print tanpa kabel.

Tersedia banyak printer yang dibekali dengan modul WiFi, sehingga memungkinkan para pengguna tersebut melakukan perintah print tanpa perlu menghubungkan kabel ke komputer.

Cara print tanpa kabel berikut dinilai sangat praktis, apalagi buat para pekerja kantoran yang dituntut efisien dalam waktu, dan responsif dari segi mengolah perintah…tips cara print tanpa kabel di laptop kali ini bisa kalian coba.

Manfaat Print Tanpa Kabel

Perkembangan teknologi pada printer berhasil memudahkan peran manusia. Tanpa kita sadari, sangat banyak manfaat yang dapat kita peroleh ketika menggunakan media print tanpa kabel. Misalnya seperti :

Praktis dan Simpel

Kita tidak perlu lagi pergi dari kursi atau memerintahkan orang lain untuk melakukan print. Berkat print tanpa kabel berikut, kita bisa dengan mudah melakukan aktivitas mencetak cukup hanya melalui depan layar saja.

Bahkan printer kalian bisa disetting menjadi mode Sharing Printer. Sehingga komputer client lain juga dapat melakukan perintah print wireless.

Tidak Harus Angka Laptop

Kalian tidak akan lagi mengangkat atau menteng-nenteng laptop mendatangi printernya. Perintah cukup kalian kirimkan lewat meja masing-masing, meskipun dengan jarak yang jauh asalkan masih terjangkau jaringan routernya.

Efisien Waktu

Printer wireless dapat menyimpan sebagian waktu dari keribetan-keribetan kecil. Sehingga perintah cetak bisa langsung kita teruskan secara cepat tanpa adanya hambatan lagi.

Tidak Ribet

Karena printer menggunakan akses WiFi, maka kita tidak akan menemukan lagi kabel yang berseliweran di meja. Sehingga meja jauh lebih rapi dan terlihat bersih.

Baca Juga :

Muncul kode 0x0000011b saat sharing printer ? Beginilah solusi atasi kode 0x0000011b saat sharing printer.


Cara Print Tanpa Kabel Di Laptop

Printer telah menjadi suatu hardware yang dapat berfungsi mencetak hasil dokumen secara hardcopy melalui laptop atau komputer.

Saat ini sudah tersedia banyak merek dan jenis printer di pasaran, masing-masing model telah dibekali dengan teknologi dan fitur yang berbeda-beda. Dan fitur tertinggi dari perangkat printer adalah dapat melakukan perintah print dari jarak jauh.

Namun ada beberapa syarat sebelum kalian mengikuti step by step cara print tanpa kabel di laptop berikut ini. Yaitu pertama device printer sudah dibekali dengan WiFi, lalu dalam satu ruangan terdapat satu akses WiFi utama bisa itu dari router, hotspot HP atau jaringan WiFi lainnya, dan sambungkan laptop dengan printer dalam satu WiFitersebut.

Selanjutnya ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Pertama nyalakan dulu printer kalian.1 Aktifkan Printermu - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  2. Pencet tombol Wifi pada printer sampai terhubung.2 Klik Tombol Wifi - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  3. Setelah terhubung dengan wifi, pencet tombol Informasi pada printer. Tujuannya untuk mengetahui alamat IP yang printer sudah tersambung.3 Tap Tombol Informasi - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  4. Siapkan kertas karena printer akan mencetak informasi.
  5. Lihat hasil cetakan informasi, cek pada bagian tulisan IP Address.4 Perhatikan Alamat IP - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  6. Setelah itu buka laptop kalian.
  7. Sambungkan laptop pada koneksi wifi yang sama.
  8. Klik tombol Start, kemudian ketikkan Control Panel. Lalu buka.
  9. Disini kamu bisa tap bagian Hardware and Sound -> Device and Printer.
  10. Setelah itu klik tombol Add a printer di bagian atas.5 Klik Add a Printer - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  11. Klik tulisan The printer that I want isn’t listed.6 The Printer That I - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  12. Centang pada bagian Add a local printer or network printer with manual settings. dan tap Next.7 Add Local Printer Or - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  13. Lali kamu centang bagian Create a new port. Dan tap Next.8 Create a New Port - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  14. Pilih Manual Setting, dan tap Next.9 Manual Settings Dan Next - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  15. Silahkan masukkan alamat IP yang tertera pada print out informasi tadi. Lalu klik Next10 Masukkan Alamat IP - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  16. Pilih seri printer yang terhubung dengan perangkat. Lalu tap Next.11 Pilih Seri Printer - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  17. Klik Use the driver that is currently installed (recommended), dan klik Next.13 Use Ther Driver That - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  18. Beri nama printer, dan klik Next.13 Beri Nama Printer - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  19. Klik Next sekali lagi sampai pada bagian Finish.
  20. Nanti akan keluar driver printer kalian disana. Coba klik kanan.
  21. Dan pilih Printer Properties.14 Printer Properties - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  22. Klik Print Test Page, dan tunggu jika printer mengeluarkan hasil kerta print out maka proses menghubungkan kedua device ini berhasil.15 Print Test - Cara Print Tanpa Kabel di Laptop
  23. Tinggal kamu gunakan untuk mencetak dokumen lain.

Baca Juga :

Baru saja menggunakan Windows 11 ? Ingin sharing printer ? Inilah panduan lengkap tutorial cara sharing printer di Windows 11.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan kita mengenai cara print tanpa kabel di laptop. Silahkan lakukan langkah-langkah diatas untuk menghubungkan antara laptop kalian dengan printer. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang