Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 11

Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 11

Pembaruan yang terjadi di Windows 11 ditunjukkan dengan keberadaan program fitur canggih.

Sistem operasi terbaru ini telah didukung seperti transmisi display tanpa kabel, sehingga memungkinkan pengguna untuk menyambungkan perangkat baik laptop maupun komputer dengan layar secara wireless.

Tentu dibutuhkan perangkat teknologi pendukung seperti Miracast agar proses koneksi antara Windows dengan monitor dapat berjalan dengan baik.

Metode seperti ini adalah cara paling efektif untuk melihat layar menggunakan monitor jauh lebih besar melalui perantara PC.

Dan cara menggunakan Wireless Display di Windows 11 bisa kamu akses dengan beberapa cara, semua penjelasan tersebut sudah kita rangkum dibawah ini.

Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 11

Umumnya kita masih sering memaki setup konvensional dalam merangkai sebuah perangkat PC. Seperti koneksi pada hardware sehingga membuat fungsi menjadi kurang ringkas.

Beruntung telah banyak sistem teknologi terbaru yang memungkinkan setiap komponen perangkat keras terkoneksi secara wireless.

Seperti apa yang telah dilakukan windows 11, dimana mereka mempunyai satu sistem baru terkait soal koneksi display secara wireless.

Asalkan setiap perangkat monitor bersangkutan telah didukung Miracast atau Dongle sebagai media komunikasi kedua buah perangkat.

Tenang saja, kalian bisa mendapatkan adaptor Miracast atau Dongle ini secara mudah di pasaran. Tinggal sambungkan ke monitor, lalu jangan lupa bagian PC Windows aktifkan WiFi untuk perantara koneksi.

Berikut penjelasan seputar cara menggunakan wireless display di Windows 11, simak langkah-langkah dibawah ini.

Cara 1 : Aplikasi Wireless Display

Kalian dapat dengan mudah menginstall fitur wireless display di dalam pengaturan Windows 11. Tanpa perlu repot menu instalasi ini sudah tersedia di tampilan Settings di Windows 11.

Tugas kalian disini install dulu menu Wireless Display karena secara default, menu wireless ini masih berstatus nonaktif.

  1. Pertama kita buka menu Setting untuk menginstall fitur Wireless Display ini, dimulai dari buka tombol Start.
  2. Kemudian pencet menu Settings. Atau ingin langsung pencet shortcut Windows + i.1 Pencet Tombol Settings - Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 11
  3. Kalau sudah terbuka, arahkan ke menu Apps di bagian kiri.
  4. Lalu kamu bisa buka menu Optional Features.2 Tap Apps Optinal Features - Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 11
  5. Disini tinggal kamu tap kotak View Features di menu Add a optional feature.3 Klik View Features - Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 11
  6. selanjutnya ketikkan pada kotak pencarian “Wireless Display“.
  7. Dibawahnya akan muncul fitur Wireless Display tersebut, centang saja lalu pencet Next.4 Centang Wirelss Display - Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 11
  8. Install fitur aplikasi satu ini, dan tunggu proses pemasangannya selesai.5 Klik Tombol Install - Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 11
  9. Bila pemasangan berhasil kamu akan melihat status Wireless Display berhasil Installed di bawah Recent Action.
  10. Kemudian kamu bisa tekan tombol Start, dan ketikkan “Projection Settings” di menu pencarian. Tap untuk membukanya.
  11. Lalu klik menu drop down yang bertuliskan Always Off (Recommended). Dan ubah menjadi Available everywhere atau Available Everywhere on secure networks.7 Ubah Alway Off - Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 117 Pilih Always Everwhere - Cara Menggunakan Wireless Display di Windows 11
  12. Kalau sudah silang jendela setting ini.
  13. Dan lanjutkan kembali tekan tombol Start. Ketikkan pencarian Connect App atau Wireless Display. Klik untuk membukanya.
  14. Sekarang aktifkan menu fitur Cast. Dan pilih display monitor yang ingin kamu transmisikan.

Cara 2 : Tombol Shortcut

Kalau cara diatas terlalu rumit, saat setelah kalian berhasil menginstall fitur Wireless Display, bisa langsung tekan status Jaringan di Toolbar dan aktifkan Cast.

Tentu syaratnya install dulu Wireless Display seperti yang kita jelaskan diatas.

  1. Pertama aktifkan Wifi pada PC windows 11 kalian.
  2. Lalu tekan tombol Windows + K atau Windows + A untuk membuka pengaturan cepat.
  3. Atau tekan saja bagian icon Jaringan yang ada di tampilan Toolbar.
  4. Kemudian pencet Cast untuk mengaktifkannya.
  5. Nanti kamu akan melihat beberapa perangkat yang tersedia untuk kita sambungkan secara wireless.
  6. Pilih salah satu maka monitor maka PC akan mentransmisikan display dari PC.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kita mengenai cara menggunakan wireless display di Windows 11. Beruntung bagi pengguna yang menyukai kepraktisan, karena kemudahan wireless mengubah trend yang berbau konvensional menjadi serba digital. Tidak ada lagi deh kabel yang berseliweran di meja, semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang