Cara Menggunakan Screen Recorder Bawaan Windows 11

Cara Menggunakan Screen Recorder Bawaan Windows 11 7
Cara Menggunakan Screen Recorder Bawaan Windows 11

Jika kamu ingin merekam layar untuk kebutuhan khusus, tenang saja Windows 11 sudah punya fitur bawaan tanpa perlu kamu download ulang aplikasi recorder lain.

Maka dari itu Tim Kompiwin sudah membuatkan cara menggunakan screen recorder bawaan Windows 11 buat mereka yang berkebutuhan.

Aplikasi perekam layar ini bisa dipakai untuk merecord gameplay, kemudian bisa digunakan untuk membuat step tutorial, lalu dipakai presentasi tugas dan masih banyak lain.

Sebenarnya sudah banyak platform eksternal yang khusus dirancang buat merekam layar, bahkan kemampuan aplikasi tersebut jauh lebih advance dibanding bawaan Windows sendiri…tetapi disini kita lebih mengejar kepraktisan user dan fungsi utamanya.

Selagi ada cara yang lebih mudah, dan fungsinya pun tetap sebagai aplikasi perekam layar, gak ada salahnya kita coba pakai fitur bawaan Operating System.

Cara Menggunakan Screen Recorder Bawaan Windows 11

Sebenarnya akses perekam layar bawaan Windows sudah bisa kamu dapatkan di generasi Windows 10. Semenjak Operating System memasukkan pengaturan menu Gaming Bar, kemampuan sistem dalam merespon kebutuhan seperti bermain game pun makin terfasilitasi.

Microsoft tahu bahwa segmentasi gameplay yang dimainkan di perangkat komputer itu sangat banyak peminatnya, sehingga fitur ini mereka sematkan bagi user yang ingin melakukan record layar khususnya pada saat bermain game.

Dan cara menggunakan screen recorder bawaan Windows 11 ini gak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, sehingga buat yang ingin tahu lebih detail silahkan simak langkah-langkahnya berikut :

  1. Tap tombol pencarian.
  2. Ketik Settings, kemudian buka program tersebut.
  3. Lalu silahkan klik kotak Gaming.Buka Menu Gaming
  4. Aktifkan recording dengan mengubah posisi OFF ke ON.
  5. Centang juga bagian Open Xbox Game Bar using this button on a controller.Aktifkan Menjadi ON Dan Centang Perintah
  6. Dibawahnya kalian bisa lihat, untuk memunculkan XBOX Game Bar yang sudah termasuk tombol Record, bisa tekan shortcut Windows + G.
  7. Atau klik pencarian, ketik XBOX Game Bar. Silahkan buka program tersebut.Tampilan Game Box
  8. Nanti akan muncul popup jendela Game Bar seperti di bawah, dan tombol Record ada di bagian jendela Capture.Silahkan Klik Tombol Record
  9. Tombol Record tidak akan muncul ketika kamu ada di tampilan desktop, tombol bisa digunakan merekam saat pengguna sedang membuka aplikasi, jendela windows apapun, game dan sejenisnya asalkan tidak tampilan desktop.
  10. Selamat mencoba.
Baca Juga :

Mau nge-crack aplikasi tapi dilarang oleh Windows Defender ? Begini trik mematikan Windows Defender di Windows 11.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara menggunakan screen recorder bawaan Windows 11. Buat yang sudah pernah menggunakannya di Windows 10, kalian pasti sudah terbiasa dengan fitur Game Bar ini. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.