3 Cara Membuka File .step Secara Online Tanpa Install Aplikasi

Cara Membuka File STEP Secara Online

Rekayasa 3D saat ini dapat dibuat dengan menggunakan bantuan software komputer. Banyak sekali aplikasi yang telah mendukung pengembangan model 3D berikut, dan terkait hal tersebut kita kenal satu format bernama STEP.

File ini sendiri digunakan sebagai standar untuk pertukaran data produk. Kenyataannya, dalam industri CAD kita mengalami kesulitan dalam mentransfer dan membaca data karena perbedaan sistem CAD tersebut.

Sehingga dibuatkan format standar universal untuk memungkinkan pengguna lain menyimpan dan membagikan model 3D lewat aplikasi CAD berbeda. Dan untuk membaca file .step bisa kamu lakukan melalui browser online.

Meskipun ada beberapa pilihan aplikasi CAD yang dapat menampilkan file .step ini, namun metode cara membuat file .step secara online jauh lebih praktis. Simak ulasan berikut sampai akhir.

3 Cara Membuka File .step Secara Online dengan Mudah

Di dalam file .step online reader ini menyediakan banyak fasilitas, seperti mengubah mode tampilan, menggunakan tangkapan layar model 3D dengan format lain contohnya PNG, tersedia juga akses penyimpanan cloud gratis serta masih banyak lainnya.

Sejauh ini ada 3 website utama yang sering banyak orang gunakan dalam membuat file .step secara online. Masing-masing web tools berikut mempunyai keunggulan dan fungsi yang berbeda, silahkan gunakan menurut kebutuhan kalian.

Berikut adalah pembahasan secara lengkap tentang cara untuk membuka file .step secara online.

1. Sharecad.org

1 ShareCAD - Cara Membuka File STEP Secara Online

Konsentrasi Sharecad.org satu ini rupanya tidak hanya berfungsi khusus dalam membaca file dari aplikasi CAD saja. Melainkan banyak sekali jenis format file gambar dan beberapa jenis file lainnya.

Contoh support format dalam Sharecad.org adalah DWG, DXF, PLT, DWF serta banyak format CAD lain. Berikut juga termasuk format PDF, EMF, SVG dan WMF. Lainnya termasuk format raster seperti JPG, TIFF, BMP, GIF, PNG, dll. Terakhir browser bisa membaca file arsip seperti RAR, 7z, ZIP TAR dan banyak lagi.

Fasilitas utama dari Sharecad.org telah dibekali dengan preview file .step, sehingga pengguna dapat melakukan zoom objek 3D file tersebut, hingga menyembunyikan orbit 3D antarmukanya.

Penyesuaian objek termasuk kedalam file Sharecad.org, misalnya menguba mode tampilan, SW Isometrik, NE Isometrik, NW Isometrik serta lainnya.

Apakah cukup sampai disitu? Tentu tidak, tersedia juga pengaturan bayangan 3D , Bingkai foto 3D, Garis 3D Tersembunyi, hingga banyakan datar 3D. Sekelas webtools, Sharecad.org tersedia fitur fasilitas yang lengkap, silahkan kamu unggah file .step, dengan catatan file maksimal berukuran 50 MB.


2. Autodesk Viewer

2 Autodesk Viewer - Cara Membuka File STEP Secara Online

Autodesk merupakan aplikasi khusus pengelola CAD, namun rupanya mereka juga menyediakan versi online demi mendukung format .step pemrograman secara luas.

Ketika kamu mengunjungi website Autodesk Viewer ini, pertama user diminta untuk mendaftarkan akun sebagai akses fasilitas dalam platform. Tenang saja, proses pendaftarannya diminta secara gratis.

Tidak hanya tersedia versi 3D saja, namun pengguna juga terfasilitasi untuk membaca file 2D, seperti RVT, DWG dan Solidworks.

Berikut yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan Autodesk Viewer, pertama sudah terfasilitasi alat untuk mengukur jarak, sudut dan kalibrasi. Menyediakan juga alat Zoom, mengorbit, alat pan, mengubah sudut tampilan, dan mengatur bagian bidang.

Sama seperti sharecad.org diatas, disana tersedia tangkapan layar lalu diubah dalam format gambar seperti PNG dan lainnya.

Fasilitas lain tersedia seperti markup sebagai poin catatan pada file, dan markup tersebut terdiri dari pencil, arrow, cloud, text, color, weight, dan lainnya.

Untuk memonitor detail properties file, kamu akan melihat kotak jendela terpisah yang berisi informasi nama file, system asli, preprosesor, tanggal pembuatan dll.


3. 3D Viewer Online

3 3D Viewer - Cara Membuka File STEP Secara Online

Terakhir cara membuka file .step secara online yang ketiga silahkan kunjungi web tools bernama 3D Viewer Online.

Website ini sangat bagus dari segi potensi pembacaan 3D, menariknya lagi tersedia penyimpanan cloud sebesar 5GB, dan itu diberikan secara gratis.

Jenis format pendukung dalam website terdiri dari STL, IGES, OBJ, PLY, DXF dan DWG. Batas unggah file CAD hanya sampai 50 MB saja.

Lalu seperti apa fasilitas di dalam 3D Viewer Online ini? pertama penampilan utuh objek 3D, menguba mode tampilan Orthografis, Isometrik, atas, depan, bawah, belakang, mengukur jarak pada model 3D dalam bentuk mm, cm, inchi dan sebagainya.

Menentukan potongan bidang x, y, z, lalu mengambil tangkapan layar dan menyimpan dalam format gambar. Serta masih banyak lainnya.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah pembahasan cara untuk membuat file .step secara online. Tinggal kalian unggah file tersebut ke dalam browser di atas, setelah itu gunakan fasilitas pendukung untuk mengoperasikan file STEP unggahanmu. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang