Android

Cara Membuat QR Code Alamat Rumah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Zaman sudah semakin canggih, perkembangan teknologi juga tidak akan ada hentinya. Kita juga bisa bandingkan, jaman dulu di era 90an akhir sampai 2000an awal teknologi mulai masuk ke masa transisi dari yang serba manual ke modern.

Tetapi kini kita sudah mulai bisa merasakan, pada abad 20an ini teknologi makin berkembang pesat. Segala gadget dari mulai analog telah tergantikan dengan yang digital. Contohnya adalah HP yang kamu gunakan saat ini, segala fitur dan kecanggihan sudah dapat diakses cukup dengan melalui genggaman tangan saja.

Dibarengi dengan koneksi jaringan yang sudah luas, pengguna bisa melakukan akses ke segala penjuru dunia lewat browser internet dan beberapa platform mendunia lain seperti Youtube dan sejenisnya. Bahkan kamu juga dapat melihat denah peta yang ada di berbagai negara lengkap penampakan visual kondisi jalan yang ada di sekitarnya.

Padahal dulunya metode untuk melihat peta dunia masih terbilang manual yakni mengandalkan peta globe atau buku atlas. Bahkan untuk menunjukkan suatu lokasi, mereka harus mengurutkan jalan berdasarkan patokan terakhir dimana posisinya berada.

Dijaman sekarang ini tentu hal tersebut sudah tidak berlaku lagi, pihak pengembang aplikasi telah menciptakan yang namanya GPS atau navigasi penunjuk arah. Jadi pengguna cukup memasukkan titik posisi saat itu berada dan lokasi yang dituju, secara otomatis sistem akan mengarahkannya.

Jadi keinget ketika orang dulu menunjukkan denah alamat rumah, masih menggunakan gambar peta manual seperti yang kebanyakan ada di undangan hajatan. Jika dibilang membantu memang sangat membantu saat itu, tetapi metode penunjuk arah seperti ini dinilai kurang akurat, karena tidak bisa mencantumkan secara rinci detail alamatnya.

Sekarang jaman sudah berganti, kamu gak perlu repot-repot lagi membaca denah yang tampilannya sangat sederhana itu, namun cukup melakukan scan QR Code alamat yang tercantum, maka GPS akan mengarahkan kamu ke lokasi secara akurat.

Cara Membuat QR Code Alamat Rumah

Bagi yang sudah penasaran, kamu bisa membuat alamat rumah menjadi sebuah QR Code scanner. Untuk membuatnya sangat sederhana, kamu hanya memerlukan aplikasi bernama Barcode Generator.

Link download Barcode Generator ada disini :

Barcode Generator
Barcode Generator
Developer: Aeiou
Price: Free

  1. Pertama download dan install dulu aplikasinya.
  2. Jika sudah terpasang kamu langsung buka aplikasi Google Maps.Cari Alamat Lewat Kotak Pencarian
  3. Masukan lokasi yang ingin kamu jadikan barcode.Pilih Alamat Yang Tertera Di Maps
  4. Ketuk titik lokasi merah tersebut lalu klik tombol Bagikan.Ketuk Tombol Share Untuk Opsi Lebih Lanjut
  5. Pilih sharing menggunakan metode Barcode Generator.Pilih Share Menggunakan Barcode Genetaro
  6. Secara otomatis sistem akan memberikan gambar barcode untuk denah yang telah kamu bagikan tadi.Hasil QR Code Alamat
  7. Untuk menyimpannya, kamu bisa menggunakan tombol Export code, pilih lokasi file dan format gambar, kemudian Export.Cara Membuat QR Code Alamat Rumah 1
  8. Silahkan share alamat tersebut kepada target.
  9. Selesai, sekarang kamu bisa bagikan QR Code alamat rumah kamu ke saudara, teman, atau kerabat lainnya.

Penting!

Tutorial membuat QR Code alamat rumah ini dilakukan pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Untuk pengguna iPhone, silahkan menyesuaikan dengan menggunakan aplikasi Barcode Generator yang lain.


Akhir Kata

Gimana, membuat QR Code alamat rumah ternyata sangat mudah bukan? bahkan metode ini lebih simpel ketimbang kamu harus menggambar denah lokasi secara manual, selain kurang informatif cara ini bisa mempersingkat waktu juga. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

1 Comment

  1. Makasih informasinya, sangat membantu sekali. Jadi punya ide untuk nambahin ke undangan pernikahan 😀

Tulis Komentar