Gampang, Cara Membuat Garis Pembatas Tabel di Excel

Cara Membuat Garis Pembatas Tabel dalam Microsoft Excel

Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari Microsoft Excel. Aplikasi ini walau terlihat membosankan, namun peran dan fungsi dalam kehidupan manusia dinilai sangat membantu.

Contoh realitanya seperti perusahaan yang menggunakan basis sistem komputer, mereka selalu mengandalkan Microsoft Excel dalam membuat laporan, hingga menyusun rancangan kerja. Ditambah lagi aplikasi mempunyai potensi fitur seperti rumus hitungan statistik, sehingga dapat mempersingkat perintah penjumlahan data.

Tetapi sebelum jauh kesana, pertama kita awali dulu dengan teknis-teknis sederhana seputar Microsoft Excel. Salah satunya yaitu membuat seperti border untuk menyusun tabel di lembar worksheet.

Jadi pembahasan kali ini akan lebih memaksimalkan potensi dasar dari Excel tersebut. Yang pertama Excel ini merupakan aplikasi ber-interface gridline di dalam worksheet sistem, artinya memasukkan tabel ke dalam gridline Excel itu suatu hal yang sangat mudah.

Singkatnya kalian akan membuat tabel di dalam lembar kerja Excel yang sudah berbentuk seperti garis bantu pembatas alias border.

Cara Membuat Garis Pembatas Tabel di Microsoft Excel

Bukan suatu hal yang sulit membuat garis pembatas tabel di dalam lembar Excel. Banyak kemudahan dalam pembuatan tabel kali ini, yang pertama worksheet berupana gridline ini sangat membantu sekaligus sebagai simulasi garis pembatas transparan.

Berbeda dengan Microsoft Word, bila kalian ingin membuat garis pembatas tabel, pengguna diminta untuk menggambarnya secara manual. Tetapi di Excel ini, tinggal blok gridline/kotak-kotak cell yang ingin kita beri garis, dan aktifkan fitur border.

Pembahasan selengkapnya bisa langsung kalian ikuti cara membuat garis pembatas tabel dalam Microsoft Excel berikut ini.

Cara 1 : Menggunakan Menu Format Cell

Satu menu properties yang disukai pengguna Microsoft Excel adalah menu Format Cell. Akses jendela berikut, memberikan kita sebagai pengaturan yang berkaitan dengan cells di lembar Excel kamu.

Dan disana kita juga bakal menemukan fitur border secara lengkap, berikut juga style, garis putus-putus, sampai memberikan warna.

  1. Pertama buka Microsoft Excel.
  2. Buat data Excel yang akan kalian atur garis pembatasnya.
  3. Disini kita contohkan format input data sederhana, rencananya kita akan buat input data tersebut menjadi seperti tabel.
  4. Blok semua data yang akan kita buatkan pembatas tabel.Gampang, Cara Membuat Garis Pembatas Tabel di Excel 8
  5. Setelah itu klik kanan dan pencet menu Format Cells.Gampang, Cara Membuat Garis Pembatas Tabel di Excel 9
  6. Kalau jendela Format Cells sudah terbuka, pencet saja bagian Border.Gampang, Cara Membuat Garis Pembatas Tabel di Excel 10
  7. Perhatikan menu sub Preset, tersedia 3 pilihan garis pencet Outline untuk hanya membuat garis luar tabel saja, pencet Inside untuk menambahkan garis di bagian tengah. Atau kombinasikan Outline dan Inside untuk membuat tabel utuh.Gampang, Cara Membuat Garis Pembatas Tabel di Excel 11
  8. Perhatikan menu sub Style, disini kalian bisa memilih custom tampilan garis untuk tabel atau garis pembatas.Gampang, Cara Membuat Garis Pembatas Tabel di Excel 12
  9. Perhatikan menu sub Color, disini kalian bisa mengubah warna garis pembatas tersebut.Gampang, Cara Membuat Garis Pembatas Tabel di Excel 13
  10. Dan terakhir perhatikan menu sub Border, pada bagian ini kalian bisa tekan opsi kotak-kotak kecil sebagai garis custom tabel atau pembatas datamu.Gampang, Cara Membuat Garis Pembatas Tabel di Excel 14
  11. Terakhir tinggal klik OK.

Baca Juga :

Ingin bikin tabel di Word ? Silahkan ikuti panduan membuat tabel di Microsoft Word secara lengkap.


Cara 2 : Menggunakan Menu Ribbon Border

Cara membuat garis pembatas tabel dalam Microsoft Excel yang paling mudah yaitu melalui salah satu fitur dari menu Ribbon.

Kalian dapat menemukan Border di menu Ribbon Home. Klik sekali untuk memunculkan semua pilihan custom garis, selengkapnya simak penjelasan berikut.

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Buat data yang ingin kalian beri garis pembatas tabel.
  3. Blok data tersebut.
  4. Setelah itu masuk ke dalam menu Home.
  5. Tekan fitur Border seperti yang kita tandai di bawah ini. Tepatnya tekan di bagian Panah drop down.8 Klik Fitur Border - Cara Membuat Garis Pembatas Tabel dalam Microsoft Excel
  6. Nanti akan keluar beberapa pilihan garis, tentukan ingin mengaplikasikan hanya Bottom Border, Top Border, Left Border, Right Border atau langsung kalian kombinasikan dengan fitur Outside Borders.
  7. Klik All Borders untuk langsung membuat tabel utuh.
  8. Pilih juga Line Color untuk mengubah warna garis pada tabel kamu.

Baca Juga :

Bingung bikin tabel di WPS Office ? Silahkan ikuti panduan membuat tabel di WPS Office dengan mudah.


Akhir Kata

Jadi seperti tutorial sederhana cara membuat garis pembatas tabel dalam Microsoft Excel yang bisa kalian pelajari.

Langsung saja terapkan di dalam file data masing-masing supaya menghasilkan worksheet laporan yang profesional. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang