Cara Melihat Kode QR GoPay

Cara Melihat Kode QR GoPay

Pada artikel kali ini kami akan membahas cara melihat kode QR GoPay kita sendiri. GoPay sendiri bukan sesuatu yang asing lagi di telinga orang-orang Indonesia.

Apalagi jika bicara soal Gojek, tentunya jaket berwarna hijau dan logo yang sudah bertebaran di berbagai toko-toko sudah menjadi pemandangan yang biasa terlihat.


Memang sejak awal kemunculan perusahaan startup unicorn yang satu ini, namanya terus naik daun dan digandrungi banyak orang.

GoPay sendiri juga merupakan suatu inovasi yang dibuat oleh Gojek.

GoPay sendiri adalah sistem pembayaran digital yang dapat digunakan dalam aplikasi Gojek untuk membayar jasa dan juga untuk memesan makanan. Namun, saat ini sistem pembayaran tersebut sudah bertransformasi menjadi lebih banyak digunakan.

Tidak hanya dalam aplikasi Gojek. GoPay dapat digunakan untuk membayar makanan di restoran, membayar parkir, dan lain-lainnya.

GoPay ingin membuat sistem pembayaran ini populer dan dapat dipakai di banyak tempat.

Tentunya aplikasi yang satu ini menjadi salah satu aplikasi yang wajib berada dalam handphone orang-orang.ย 

Salah satu kemudahan yang diberikan oleh GoPay adalah kamu dapat membayar seseorang hanya dengan menscan barcode begitu juga sebaliknya.

Orang-orang dapat membayar kamu hanya dengan menunjukkan barcode GoPay milik kamu.ย 

Sayangnya masih cukup banyak orang yang tidak mengetahui cara melihat kode QR GoPay. Padahal caranya sangat mudah dan dapat menghemat banyak waktu.

Orang-orang tidak perlu repot meminta informasi untuk pembayaran. Tinggal scan dan informasi sudha keluar secara otomatis.

Nah, tetapi tidak perlu khawatir karena dalam artikel kali ini. Kami akan membahas bagaimana cara melihat kode QR GoPay dan menunjukkan langkah-langkah agar pembaca dapat lebih memahami caranya. Yuk, langsung saja kita simak bagaimana caranya di bawah ini.

Apa Itu GoPay?

Dilansir dari website Gojek, GoPay adalah uang elektronik yang bisa kamu pakai untuk melakukan transaksi pembayaran dan keuangan melalui aplikasi Gojek.

Artinya aplikasi ini memiliki fungsi seperti dompet yang memungkinkan kamu untuk membayar dengan menggunakan handphone milik kamu.ย 

Kamu bisa menggunakan GoPay untuk melakukan pembayaran pada:

  1. Layanan di aplikasi Gojek.
  2. Toko atau restoran Rekan Usaha GoPay.
  3. PayLater untuk pelanggan terpilih, dan
  4. Transaksi keuangan lainnya seperti transfer saldo GoPay ke sesama pengguna dan ke bank bagi kamu yang sudah melakukan upgrade ke GoPay Plus.

Cara Melihat Kode QR GoPay Kita

Saat kamu ingin membeli barang pada merchant. Kamu sebelumnya harus menunjukkan kode QR GoPay milik kamu untuk membayar.

Setelah melakukan scan kode QR Gopay, maka transaksi pembayaran baru bisa berlangsung.

Sebelumnya kode digunakan untuk pembayaran. Namun, sekarang GoPay sudah mengganti kode QR ini dengan Barcode. Jadi untuk pembayaran saat ini kamu harus menunjukkan Barcode GoPay milik kamu.ย 

Cara Melihat Barcode Gopay

Cara melihat Barcode GoPay sangat mudah dan gampang sekali. Kamu hanya perlu menggunakan handphone, pastikan memiliki internet, langsung buka saja aplikasi GoJek tersebut.

Nah untuk langkah-langkah lebih lanjut. Kamu bisa langsung melihat langkah-langkah di bawah ini.ย 

  1. Buka aplikasi GoJek yang ada di handphone milik kamu.Cara Melihat Kode QR GoPay
  2. Klik tombol Bayar yang ber icon panah mengarah ke atas. Cara Melihat Kode QR GoPay 13
  3. Selanjutnya untuk melihat barcode Gopay maka tekan tombol Pakai Kode.
  4. Langkah selanjutnya kamu tinggal masukkan pin aplikasi GoJek milik kamu dan barcode milik kamu akan terlihat.Cara Melihat Kode QR GoPay 14

Cara Melihat Kode QR GoPay Di GoBiz

Nah, tentunya tidak akan ada pelanggan tanpa penjual. Sama seperti itu aplikasi GoBiz adalah aplikasi yang dikhususkan pada seller di Gojek.

Kalau kamu adalah pelaku usaha atau pemilik merchant yang menerima pembayaran lewat Gopay, maka kamu juga bisa memperlihatkan kode QR milik kamu untuk di scan oleh pembeli.

Cara melihat kode QR GoPay di GoBiz juga sama mudahnya. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi GoBiz dan masuk ke menu Transaksi.Cara Melihat Kode QR GoPay 15
  2. Kemudian tekan tombol QR yang ada di pojok kanan atas.Cara Melihat Kode QR GoPay 16
  3. Selanjutnya kode QR milik kamu akan muncul dan bisa langsung meminta pelanggan untuk scan barcode tersebut untuk menyelesaikan transaksi. Cara Melihat Kode QR GoPay 17
  4. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Nah, jadi begitulah bagaimana cara melihat kode QR GoPay kita sendiri. Aplikasi yang satu ini memang sangat bermanfaat bagi orang-orang.

Tidak hanya anak-anak mudah, ibu-ibu yang belanja di pasar sampai bapak-bapak kantoran juga menjadi pengguna aplikasi GoPay ini.

Bisa dipastikan kalau aplikasi dompet digital yang satu ini akan menjadi lebih besar lagi di masa depan.

Selamat mencoba menggunakan aplikasi ini dan semoga artikel mengenai cara melihat kode QR GoPay kita sendiri dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.