Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 22 Oktober 2017

Share:

Cara Merekam Layar HP Android tanpa Root (Gratis)

setting aplikasi untuk merekam layar hp

Ponsel Android semakin populer. Bukan hanya karena kemudahannya, melainkan pula karena cara kerjanya yang bebas. Pengguna bisa melakukan apa pun terhadap ponsel/HP Android-nya, termasuk rooting, juga termasuk merekam layar HP-nya.

Khususnya bagi YouTuber. Membuat konten video YouTube janganlah tanggung-tanggung. Khususnya YouTuber gaming – merekam aktivitas saat bermain game di smartphone bukanlah hal yang asing lagi.

Merekam layar Android dapat dilakukan dengan mudah. Kamu bahkan tak perlu melakukan rooting hanya untuk merekam segala aktivitas layar menjadi sebuah video. Terlepas dari merek dan brand, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, ASUS, atau apa pun.

Tanpa perlu root, ada satu aplikasi perekam layar smartphone yang sangat berguna, dan yang pasti, mudah digunakan.

Apa aplikasi perekam layar itu?

#1 Mobizen, Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Di antara aplikasi perekam layar yang tersedia untuk Android, Mobizen mungkin menjadi paling sederhana dan mudah digunakan. Mobizen juga gratis untuk di-download dari Play Store.

Secara keseluruhan, Mobizen menyajikan fitur yang cukup lengkap. Merekam layar Android dapat dilakukan dengan beragam pilihan kualitas layar. Kamu juga bisa menambah watermark sendiri. Hingga mengedit video hasil rekaman langsung di smartphone, tanpa perlu sebuah PC/laptop.

Download Mobizen untuk Android

Install aplikasi perekam layar ini sampai selesai. Apabila smartphone Android-mu punya spesifikasi yang cukup tangguh untuk menggunakan aplikasi ini, maka proses perekaman layar tak akan mengalami lag – tapi itu pun bergantung pada kualitas video yang dipilih saat merekam.

#2 Mulai Merekam Layar HP Android dengan Mobizen

Pada tampilan awal aplikasi, pilih Welcome. Lalu Mobizen akan menyesuaikan aplikasinya dengan kinerja dan performa smartphone Android yang digunakan.

aplikasi perekam layar android

Sebelum mulai merekam, Mobizen membutuhkan izin khusus dari penggunanya, agar dapat merekam dengan proses yang maksimal. Khususnya bagi pengguna smartphone dengan brand yang strict dengan segala macam permission, seperti Xiaomi.

merekam layar

Seperti permission ini, drawing over other apps, agar tombol rekam muncul langsung di layar.

xiaomi

Di Home screen, kamu seharusnya sudah melihat tombol menu dari Mobizen. Pilih tombol itu, lalu masuk ke Settings terlebih dahulu untuk mengatur kualitas video atau pengaturan lainnya. Ini berguna untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, seperti proses perekaman yang lag.

setting aplikasi untuk merekam layar hp

Pilih tab dengan icon roda gigi, dan atur semua pengaturan sesuai kebutuhan. Kamu bisa memilih kualitas video, menambah watermark, mengaktifkan kamera depan, count down, waktu rekaman, tempat penyimpanan hasil rekaman.

merekam layar android

setting alat perekam layar

Jika sudah, kembali ke Home screen. Tekan tombol Rekam untuk merekam layar smartphone.

merekam layar hp

Pilih Start now untuk langsung merekam layar. Tunggu hitungan mundur selesai, lalu lakukanlah aktivitas apa pun di layar untuk direkam. Entah itu bermain game, me-review suatu aplikasi, atau sekedar menggeser layar Home.

mulai merekam layar

Selama merekam, kamu bisa mem-pause atau menunda proses perekaman.

menunda proses rekam

menunda proses rekaman

Untuk langsung menghentikan proses perekaman, pilih tombol Stop. Tunggu beberapa detik sampai Mobizen selesai memproses hasil rekaman.

merekam layar android

Pilih tombol Menu untuk melihat hasil videonya.

melihat hasil rekaman

Karena perekaman video dalam contoh tutorial ini dilakukan dengan kualitas video yang rendah, maka video pun tampak kurang jernih. Kamu bisa memilih kualitas perekaman video bergantung pada kebutuhanmu.

merekam layar

Terganggu dengan watermark? Kamu bisa menghilangkan watermark, atau mengganti watermark video dengan gambar buatanmu sendiri. Sayangnya, untuk mengganti watermark sendiri, kamu harus membagikan aplikasi Mobizen kepada pengguna lain.

watermark video

Dengan Mobizen, kamu juga bisa langsung mengedit hasil rekaman layar smartphone-mu. Di bagian Settings, pilih Launch Editor untuk mengedit videonya.

video edit

Pilih video hasil rekaman untuk diedit, dan muncullah aplikasi editor dari Mobizen. Di sini, kamu bisa menambah musik background, menambah intro dan outro sendiri, dan pilihan-pilihan editing lainnya.

mengedit video layar

Jika selesai, pilih Done untuk menyimpan hasil editan.


Itulah cara merekam layar HP Android dengan mudah dan cepat. Hanya dengan aplikasi Mobizen, kamu sudah bisa merekam segala aktivitas layar tanpa perlu root.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.