Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 18 Juni 2017

Share:

Cara Kirim File Tugas lewat Email Gmail di PC/Laptop, Android, iPhone

kirim file melalui email

Kadang tugas sekolah sungguh memberatkan. Kadang ringan.

Contohnya seperti tugas sekolah semisal dokumen Word atau presentasi PowerPoint, yang disuruh untuk dikirim lewat email. Ini memudahkan, karena tak perlu proses mencetak/print makalah, tugas sekolah, atau revisi skripsi tersebut.

Yang kamu butuhkan hanyalah sebuah smartphone Android, iPhone, atau sebuah PC/laptop dengan web browser (Chrome, Firefox, Safari, Edge). Yang paling penting adalah koneksi internet dengan kuota yang cukup.

Lalu, bagaimana cara mengirim file lewat email Gmail?

#1 Cara Mengirim File melalui Gmail di PC/Laptop

Siapkan dokumen Word, presentasi PowerPoint, foto, video, lagu, aplikasi, atau apa pun yang hendak kamu kirim lewat email Gmail.

Buka web browser. Misalnya Google Chrome. Kemudian buka Gmail.com.

mengirim email lewat gmail

Pada tutorial ini, saya menggunakan tampilan atraktif Gmail, dan bukan tampilan HTML. Jadi, buat yang pakai tampilan HTML, sesuaikan saja.

Klik Tulis untuk membuat email baru untuk dikirim.

mengirim email lewat gmail

Kemudian muncul sebuah kotak kecil di sudut layar. Di kotak itu, terdapat alamat email penerima email, dan pengirim yang tak lain adalah akun Gmail kamu sendiri.

kirim file melalui email

Isi alamat email si penerima yang nanti akan menerima file hasil upload kamu. Isi pula Subject dengan judul email-nya – misalnya “Tugas Sekolah”. Isi pula konten email kalau perlu.

Untuk mengirim file, kamu bisa meng-upload-nya langsung di sini. Klik Lampirkan File.

mengirim email

Kemudian cari file yang hendak kamu kirim. Klik Open jika sudah.

gmail

Lalu, Gmail akan meng-upload file yang hendak kamu kirim. Proses upload berlangsung semakin lama jika file berukuran besar. Setelah selesai, kamu boleh mengklik Kirim untuk langsung mengirim email tersebut.

mengirim tugas lewat email

Tunggu hingga muncul pesan “Pesan Anda telah dikirim”.

cara mengirim lewat email

Dan, BOOM! Kamu telah berhasil mengirim file tersebut. Beri tahu teman atau guru atau dosen untuk membuka email tersebut.

Khawatir kalau email atau file tersebut masih belum terkirim? Kamu bisa mengecek email apakah sudah terkirim atau belum melalui pesan terkirim. Klik Email Terkirim.

pesan terkirim gmail

Jika muncul email yang barusan kamu kirim, maka itu artinya file sudah terkirim.

kirim file besar lewat gmail

Kamu boleh mengecek isi email yang telah kamu kirim dengan mengkliknya.

mengirim lewat smartphone

#2 Cara Mengirim File lewat Email Gmail di Smartphone Android/iPhone

Proses pengiriman email, pada tutorial ini, adalah melalui aplikasi Gmail di Android. Jika kamu menggunakan aplikasi email lain seperti Outlook, maka sesuaikan saja.

Download Gmail untuk iPhone/iPad

Download Gmail untuk Android

Buka aplikasi Gmail. Lalu klik tombol bulat merah yang berikon pensil di pojok layar smartphone.

cara kirim lewat email di hp

Kemudian isi alamat email tujuan, subjek, dan konten email yang akan dikirim. Untuk menambah file untuk dikirim, klik tombol Attachment yang letaknya di samping tombol Kirim.

mengirim file

Pilih Attach File.

kirim file lewat hp

Lalu cari dokumen, video, gambar, foto, presentasi, atau apa pun yang hendak kamu kirim. Jika ingin memilih, klik saja file-nya.

cara kirim file

Kemudian Gmail akan meng-upload file tersebut. Setelah itu, klik tombol Kirim/Send yang terletak di pojok kanan atas layar.

mengirim file besar

Untuk mengetahui apakah email atau file tersebut sudah dikirim atau belum, kamu bisa memeriksa dengan cara membuka menu navigasi, dan memilih Sent.

gmail

Kamu akan melihat email terkirim secara langsung di sana.

mengecek apakah email sudah terkirim atau belum


Itulah cara mengirim file melalui email Gmail. Proses pengiriman dapat dilakukan di PC, laptop, notebook, smartphone, atau tablet dengan aplikasi Gmail di dalamnya. Yang paling penting, terhubung dengan koneksi internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.