Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 25 Mei 2017

Share:

Cara Menonton Video 360 di PC/Laptop/Smartphone secara Online/Offline

vr player di android

Video 360 derajat mungkin menjadi tren beberapa tahun belakangan ini.

Ditambah lagi dengan hadirnya produk-produk headset virtual reality seperti HTC Vive, Oculus Rift, Google Cardboard, dan kawan-kawannya. Tren memutar video 360 derajat menggunakan virtual reality tampak semakin populer.

Tapi, pernahkah kamu terpikirkan untuk memutar video 360 derajat, tanpa sebuah headset VR?

Atau kamu yang memang sedang mencari-cari cara untuk melihat video 360 derajat langsung di PC, laptop, dan smartphone kamu?

Terlepas dari tidak punyanya headset VR, dan merek smartphone kamu, apalagi OS-nya (Android, Windows, iOS iPhone), kamu tentunya bisa menonton video 360 tanpa VR.

Cara ini bisa kamu lakukan secara online maupun offline. Jadi kamu nggak perlu khawatir untuk terlalu menghabis kuota hanya untuk menonton video 360 derajat di smartphone atau laptop kamu.

#1 Menonton Video 360 Derajat di YouTube

YouTube belum terlalu lama ini meluncurkan fitur video 360 barunya. YouTube kini sudah bisa memutar video 360 derajat yang juga bisa kamu upload sendiri.

Video 360 derajat memungkinkan kamu melihat sekeliling isi video dalam sudut pandang 360 derajat. Video normalnya hanya mampu dilihat dengan sudut pandang satu sisi saja, yakni dua dimensi tanpa bidang dan tanpa arah.

Berbeda dengan video virtual reality yang menggunakan headset VR, video 360 biasa yang bisa kita lihat di YouTube tak memiliki kuasa untuk digerakkan maju-mundur atau kiri-kanan. Karena tanpa bidang.

Video 360 belum tentu video virtual reality. Kita cuma bisa mengikuti arah yang ditentukan, tapi sambil melihat sekeliling secara 360 derajat. Tanpa mampu berjalan sendiri sesuai langkah kaki dalam video tersebut.

YouTube sendiri memiliki banyak video 360 derajat atau video virtual reality yang dapat kamu tonton. Untuk memudahkan pencarian, ketik #360video dalam kotak cari. Maka muncullah daftar video-video 360 derajat.

video 360 derajat youtube

Pilih salah satu video.

Di aplikasi YouTube di Android atau iPhone, kamu bisa memindahkan langsung smartphone ke arah mana pun untuk melihat sekeliling isi video tersebut.

menonton video di youtube

Di browser dalam PC/laptop, kamu bisa mengontrol arah menggunakan tombol-tombol yang tersedia di YouTube, atau men-drag mouse dalam video.

video 360 di pc/laptop google chrome

Video 360 di YouTube dapat kamu tonton di Android, iPhone/iPad, Windows, Mac, dan browser yang mendukung di dalamnya.

Sayangnya, di smartphone, agar bisa memutar video 360, kamu perlu menggunakan aplikasi YouTube-nya. Browser smartphone saat ini masih belum terlalu mendukung pemutaran video 360.

Download aplikasi YouTube untuk Android

Download aplikasi YouTube untuk iOS (iPhone/iPad)

Kalau kamu punya sebuah headset VR, klik tombol Google Cardboard di video 360 yang sedang diputar. Dengan headset VR, kamu tak perlu mengikuti arah jalan yang telah ditentukan. Kamu bisa sebebasnya berkeliling dalam video – seolah kamu berada dalam video.

youtube video

Menonton video 360 atau video virtual reality secara online sangatlah menguras kuota. Pasalnya, video 360 adalah jenis video yang berbeda dengan video-video 2D yang datar-datar saja, sehingga memiliki size file yang lebih tinggi.

Memutar dalam mode 360p/480p saja masih agak buram. Kamu perlu melihatnya dalam mode (setidaknya) 720p sampai 4K untuk video 360 yang jernih!

Tapi, tenang. Ada cara lain untuk menonton video 360, yang dapat dilakukan secara offline – tanpa butuh koneksi internet.

#2 Menonton Video 360 secara Offline di PC/Laptop

Secara offline?

Jelas, caranya sudah ditebak, yakni dengan men-download terlebih dahulu video 360-nya. Kemudian memutarnya dalam media player di PC/laptop atau smartphone.

Tapi, bagaimana caranya men-download video 360 dari YouTube? Dengan resolusi 720p atau lebih dari itu?

Untuk saat ini, Keepvid.com mungkin menjadi solusi. Buka situsnya dan paste URL video 360 dari YouTube. Download videonya dengan resolusi yang paling tinggi. Kalau kamu memerlukan resolusi lebih dari 720p, kamu perlu menginstal software-nya dulu.

keepvid tempat download video youtube

Setelah men-download videonya, kamu bisa memutar video 360 dengan media player yang mendukung. Kalau kamu menggunakan Windows 10 Creator Update, kamu bisa menggunakan aplikasi Movies & TV untuk memutar video 360.

aplikasi movies & tv

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi GoPro VR Player. VR player ini tersedia untuk di-download di Windows, Mac, dan Linux – secara gratis.

gopro vr player

#3 Menonton Video 360 secara Offline di Android dan iPhone/iPad

Di smartphone Android, kamu bisa menggunakan aplikasi VR Player Free. Download aplikasinya di sini. Aplikasi ini mampu memutar video 360 dengan dan tanpa menggunakan headset virtual reality.

vr player di android

Di iOS pada iPhone/iPad, kamu bisa menggunakan VRPlayer. Download aplikasinya di iTunes.

Masukkan video 360 derajat yang kamu download dan buka melalui aplikasi tersebut. Kamu sekarang bisa memutar video 360 secara offline di smartphone.


Tentunya, dengan kehadiran sebuah headset virtual reality, video yang tampil akan tampak dan terasa lebih nyata, ketimbang menontonnya di PC/smartphone tanpa headset virtual reality. Tapi, kalo kamu tak punya, tutorial di atas sudah cukup membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.