Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 31 Maret 2017

Share:

Cara Rapikan Teks Berantakan Hasil Copas di Microsoft Word

cara ubah teks internet ke teks normal

Mengerjakan skripsi atau tugas mengetik di sekolah tampaknya akan sangat merepotkan sekali. Sobat perlu membaca banyak sumber informasi di internet, meng-copy-nya ke Microsoft Word, lalu mengedit teks-teksnya yang berantakan agar rapi satu per satu, yang sangat melelahkan.

Microsoft Word sendiri punya caranya sendiri untuk memudahkan sobat dalam mengerjakan skripsi atau bahkan tugas mengetik biasa. Terutama bagi sobat yang sering meng-copy materi dari internet ke Microsoft Word, yang font-nya berantakan serta hyperlink yang menempel di mana-mana.

Meng-copy dan paste materi dari internet kini tak lagi merepotkan. Sobat tak perlu menghilangkan hyperlink secara manual, mengubah font dan font size secara manual, atau mengubah seluruh style mengikuti format dari internet. Sobat dapat memperbaiki teks dan merapikannya dengan beberapa klik.

Ketika sobat meng-copy dan paste, teks itu akan secara otomatis berubah menjadi teks biasa atau normal.

Cara Merapikan Teks Berantakan dari Web menjadi Normal

Mengubah teks berantakan yang sobat paste dari internet ke Microsoft Word sangatlah mudah.

Sebagai contoh di tutorial ini, saya meng-copy salah satu paragraf dari Kompiwin, dan mem-paste paragraf itu ke dalam Microsoft Word.

copy paste dari internet

Ketika di-paste, pilih tombol “Ctrl” > Keep text only.

copas dari internet ke microsoft word

copas dari internet format word

Seketika itu, seluruh style, font, ukuran font dari tulisan yang di-copas akan berubah menjadi plant text atau teks normal yang rapi – dengan style default dari Microsoft Word. Hyperlink yang ada juga akan berubah menjadi teks biasa.

cara copas dari internet ke microsoft word

Sobat juga dapat melakukan cara yang sama dengan menggunakan keyboard shortcut. Blok teks yang ingin dihilangkan style web-nya, lalu tekan Ctrl+Space secara bersamaan.

Dengan begini, sobat dapat meng-copy dan paste dari internet tanpa perlu mengubah format teks menjadi format standar atau default di Microsoft Word. Hyperlink pun juga akan hilang ditelan angin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.