Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 13 Juli 2014

Share:

Cara Menggunakan Gambar Sebagai Password saat Sign-In (Picture Password) di Windows 8.1

picture password di windows 8.1
Gambar: http://www.itworld.com/

Maksud dari artikel ini adalah: memilih gambar, dan membuat 3 gerakan pada gambar. Gerakan tersebut bisa berupa apa pun, bisa gerakan memutar, gerakan acak, atau bahkan hanya klik saja. Gerakan pada gambar tersebut dijadikan sebagai password. Ketika seseorang telah berhasil menggerakkan jarinya dengan gerakan yang telah ditetapkan pada gambar yang telah ditetapkan juga, maka orang itu berhasil sign-in ke user yang digunakan.

Fitur ini sangat berguna sekali. Ini adalah pengganti untuk mengetik kata sandi. Kata sandi pun menjadi lebih aman (jika gerakannya sangat panjang), dan lebih cepat untuk sign-in. Tapi pastikan ketika Anda sign in ke user yang dimiliki dengan menggunakan gambar, Anda perlu bergerak lebih cepat lagi, atau bahkan membuat gerakan yang tak bisa diingat oleh orang di belakang Anda.

Cara Menggunakan Gambar Sebagai Password Saat Sign-In

Buka PC Settings > Accounts > Sign-in Option. Klik Add pada "Picture password".
picture password

Masukkan kata sandi user yang Anda gunakan. Lalu klik OK.

Klik Choose picture untuk memilih gambar yang akan dijadikan sebagai password.
Maaf, jika gambar terlihat berbeda.
Setelah memilih gambar, klik gambar tersebut lalu klik Open.

Jika gambar tersebut terlihat cocok sesuai keinginan Anda, maka klik Use this picture.

Lalu mulailah membuat gestur. Gestur di sini adalah gerakan tekan-tahan dari jari Anda yang disertai dengan gerakan memutar atau gerakan lainnya yang menurut Anda aman. Pastikan bahwa Anda tidak membuatnya terlalu panjang atau pun terlalu pendek, kecuali jika Anda ingat gerakannya. Buat gestur dengan 3 gerakan. Dan jangan membuat gestur tersebut terlalu cepat, karena waktu tak penting; melainkan gerakanlah yang penting.

Untuk memulai membuat gestur, tekan-tahan pada suatu posisi dalam gambar, lalu gerakkan tekanan Anda sampai posisi lain dalam gambar tanpa melepaskan tekanan Anda pada layar; lakukan ini 3 kali. Atau tekan saja 3 posisi mana pun dalam gambar (tidak disarankan), 1 tekanan berarti 1 gerakan. Anda hanya perlu membuat 3 gerakan saja.
Animasi GIF: Membuat Gestur
1 tekanan = 1 gerakan. Gerakan bisa berupa lingkaran, garis, persegi, dan sebagainya.
Jika ada pesan "Confirm your gesture", maka selanjutnya adalah mengulanginya kembali. Ulangi semua gerakan yang tadi dibuat secara pelan-pelan. Jika semua gerakan ulang benar, maka klik Finish. Jika ada gerakan ulang yang salah, maka klik Try again untuk mengulangi semua gerakan ulang.

Akhir Kata

Setelah mengklik Finish, Anda boleh mencoba menggunakan gerakan jari Anda sebagai password ketika sign in. Fitur ini sangat berguna. Sayangnya, fitur ini sangat berguna untuk pengguna layar sentuh. Bagaimana dengan Anda yang mungkin hanya menggunakan mouse dan keyboard? Bukannya mempercepat, melainkan menyulitkan ketika sign in, apalagi jika gerakan mouse lambat. Nanti password-nya malah ketahuan dari gerakan mouse Anda pada gambar (jika gerakannya pendek dan lambat atau ada orang di belakang Anda). Itulah cara membuat Picture Password di Windows 8.1.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.