Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 21 Juni 2014

Share:

Cara Agar Window Border Menjadi Transparan di Windows 8.1

tampilan border jendela transparan di windows 8.1

Seperti yang diketahui, jendela di Desktop Windows 8.1 terlihat lebih modern. Gaya visual berubah. Dan yang paling mencolok ketika pertama kali menggunakan Windows 8 dan Windows 8.1 adalah window border yang tidak transparan alias dipenuhi dengan satu warna. Yang transparan, itu disebut sebagai "Aero Glass". Aero Glass hanya tersedia pada Windows 7 dan Vista yang disertai dengan cara mengaturnya. Namun pada Windows 8 dan Windows 8.1, Aero Glass tidak tersedia yang juga pengaturannya tidak tersedia di mana pun. Itu berarti pengguna perlu menggunakan perangkat lunak alias software pihak ketiga untuk mendapatkan tampilan transparan pada window border di Desktop Windows 8 dan Windows 8.1.

Lalu apa perangkat lunak pihak ketiga itu? WinaeroGlass adalah perangkat lunak pihak ketiga yang berguna untuk mengubah window border menjadi transparan di Windows 8 dan Windows 8.1. WinaeroGlass berukuran kecil tidak lebih dari 10 KB. Namun WinaeroGlass tidak dapat mengubah window border di Desktop menjadi transparan secara permanen, Anda perlu membukanya setiap kali ingin mendapatkan transparan pada window border Anda. Karena itu, kita perlu membuatnya menjadi terbuka secara otomatis ketika komputer menyala.

Cara Agar Window Border Menjadi Transparan di Windows 8.1

Pertama unduh/download dahulu WinaeroGlass di http://goo.gl/gkqolV. Lalu buka folder unduhan (di "Downloads") dalam File Explorer.

Klik dua kali WinaeroGlass. Anda telah mendapatkan tampilan transparan pada window border di Desktop Windows 8.1 Anda. Tapi untuk mendapatkan tampilan transparan ini secara permanen, maka kita perlu membuatnya agar terbuka ketika komputer menyala.

Klik kanan WinaeroGlass dan pilih Create shortcut. Lalu klik kanan pada WinaeroGlass - Shortcut dan pilih Copy.

Ketik "startup" (tanpa tanda petik) ke dalam bilah alamat di File Explorer untuk membuka folder Startup, lalu tekan Enter. Kemudian klik kanan > Paste pada folder Startup yang telah dibuka tadi.
tampilan border jendela transparan di windows 8.1

Akhir Kata

Selamat! Anda telah mendapatkan tampilan transparan pada window border di Desktop Windows 8 atau Windows 8.1 Anda, dan ini secara permanen. Namun jika secara permanen, itu akan memperlambat kinerja komputer Anda ketika booting/komputer menyala. Satu hal lagi, WinaeroGlass hanya mengubah tampilan border jendela (window) tanpa blur, tidak seperti Windows 7 yang window border-nya transparan disertai dengan efek blur.

12 komentar:

  1. sayangnya kompi saya masih windows XP :3

    pengen ganti windows 8 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti aja, langsung aja ke Windows 8.1.

      Hapus
  2. Balasan
    1. maksudnya gak ada folder startup? coba masuk ke sini: shell:startup untuk user yg sedang login, atau shell:common startup untuk semua user. Masuk ke alamat yg diinginkan lewat kotak "Run" atau langsung lewat bilah alamat File Explorer untuk membuka folder Startup.

      Hapus
  3. Sudah saya terapkan di Win 8.1 saya dan berhasil. Tapi kenapa background judul pada windownya masih ada terdapat warna a.k.a tidak transparant. Ini ssnya http://prntscr.com/58rlv5

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gak transparan sepenuhnya. Ntar saya update lagi postingan ini.

      Hapus
  4. Bang maaf out of topic, gimana cara mindah programfile apps windows store, misal ke hdd lain soalnya storage ku terbatas

    Kalo boleh share dong cara nge crack apps windows store yg berayar. oke makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, nanti tunggu aja update-an baru dari Kompiwin. Kalau nge-crack kayaknya gak bisa.

      Hapus
  5. Gimana ya. Soalnya aku dulu juga bingung, soalnya kalau dinyalain Lepinya tidak otomatis transparan, tetapi malah kembali seperti semula. Dan beberapa waktu yang lalu, saya coba, mungkin hampir sama caranya, jadi kalau dinyalain itu bisa otomatis transparan tanpa mengaturnya kembali. Tapi saya coba nggak bisa, mungkin saya lupa lagi caranya. Mungkin admin ingat.?

    BalasHapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.