Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 31 Maret 2016

Share:

Yang Baru di Windows 10 Anniversary Update

Event “Build 2016” di San Francisco kemarin, Microsoft mengumumkan untuk memberikan updates untuk Windows 10 yang jauh lebih baik, yang dinamakan “Anniversary Update”. Update ini akan muncul di musim panas ini, dan akan hadir untuk para Insider.

Lalu apa yang baru?

Windows Hello untuk Login ke Aplikasi dan Website

Microsoft membawa Windows Hello, yang memungkinkan pengguna untuk login ke PC hanya dengan iris matanya, atau fingerprint. Di Anniversary Update, kamu nantinya juga bisa login ke website yang dikunjungi di Microsoft Edge dan aplikasi Windows 10.

Asisten Digital Cortana yang Lebih Pintar

Cortana, asisten digital Windows akan semakin pintar. Selain mengajaknya chat, Cortana bisa melakukan perintah apa pun yang diminta, membuat reminder misalnya. Sekarang, ia mengalami banyak peningkatan pada Anniversary Update ini, yang jauh lebih pintar.

Kamu bisa mengirim presentasi yang telah dibuat ke orang lain yang berada dalam kontakmu, hanya dengan mengatakan perintahnya. Jika kamu mendapat email konfirmasi dari penerbangan, Cortana akan memasukkannya ke Calendar. Mau mengetahui tempat di mana fotomu berada tahun lalu? Cortana bisa memberi tahu hal itu. Cortana juga tersedia bahkan saat layar dikunci.

Cortana juga akan terhubung dengan aplikasi-aplikasi Windows. Para developers dimudahkan untuk mengembangkan tools yang nantinya akan menghubungkan aplikasi buatannya ke Cortana, sehingga apa yang ingin kamu lakukan di dalam aplikasi bisa dilakukan hanya dengan memerintah Cortana. Semakin mudah, bukan?

Aplikasi Desktop akan Tersedia di Windows Store

Sebelumnya, kamu hanya bisa mencari aplikasi UWP (Universal Windows Platform) yang akan bisa digunakan di perangkat Windows lainnya. Namun itu tidak selengkap yang dikira.

Di Anniversary Update, Microsoft menambahkan satu hal: aplikasi desktop di Windows Store, selama developer meng-convert-nya ke versi desktop. Ini demi memudahkan proses instalasinya. UWP sendiri tampaknya tak terlalu “dalam” dan bebas dalam proses pengembangan aplikasinya, termasuk games yang fitur-fiturnya terbatas.

Windows Ink, terintegrasi dengan Cortana, dan Sticky Notes

Dengan digital ink dari Windows, kamu bisa langsung membuat perintah hanya dengan menulis tangan langsung di layar, di Sticky Notes yang jauh lebih baik. Membuat directions di Map hanya dengan membuat garis dari ke satu titik ke titik tempat lain; menghapus kalimat hanya dengan mencoretnya. Kamu juga bisa meminta Cortana melakukan sesuatu hanya dengan menulis-tangan.

Windows Store di Xbox One

Microsoft berencana membuat produk-produknya bisa digunakan di berbagai perangkat, termasuk platform gaming Xbox One. Windows Store akan hadir di sana, sehingga kamu nantinya bisa menggunakan aplikasi UWP. Cortana juga tentu hadir.

Linux Command Line di Windows 10

Buat developers, nantinya akan dimudahkan dengan kehadiran bash shell dari Linux yang akan terintegrasi dengan Windows 10. Developers bisa menjalankan perintah dengan kode yang sama.

Fitur-Fitur Lain

Di Anniversary Update ini, fitur tampaknya tidak terlalu banyak perubahan. Namun Sticky Notes lebih baik di Windows 10, dan dengan Windows Ink, itu akan lebih mudah, termasuk membuat perintah kepada Cortana. Action Center juga mengalami peningkatan dengan tambahan card view dan membuat notifikasi terlihat lebih detail.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.