Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 26 Maret 2016

Share:

Dwango Merilis OpenToonz, Software Animasi Gratis & Open Source – Review, Spesifikasi, & Downloads

opentoonz software animasi gratis open source

Beberapa hari yang lalu, bersama Dwango, Digital Video mengumumkan bahwa software animasi yang dikembangkannya, Toonz, akan dibuat versi open source-nya. Software animasi dua dimensi ini digunakan dan disesuaikan sedemikian rupa yang sebelumnya digunakan untuk pembuatan film animasinya Studio Ghibli, seperti Princess Mononoke.

Sekarang, versi open source dari Toonz ini telah diluncurkan. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Fitur

Seperti yang diumumkan dalam website-nya, ada beberapa fitur khas dari OpenToonz yang sudah disesuaikan oleh Studio Ghibli:

  • Alat scanning GTS yang membantu proses scanning gambar.

  • Digital painting dengan beberapa kelebihan, salah satunya pengoperasiannya yang smooth.

  • Bisa pakai plug-in untuk mendapatkan efek animasi lebih.

Namun itu hanya intinya, kamu bisa melihat lebih jauh apa kelebihan dari software animasi open source ini di website-nya.

Fitur-fitur yang disediakan bisa dibilang “wow” bagi software animasi gratis sekaligus open source ini.

Pemakaian

OpenToonz dapat digunakan oleh siapa pun, baik developer maupun user biasa, dan tentu saja, dapat mengubah sumber kodenya (namanya juga open source). OpenToonz dapat digunakan untuk hal apa pun, tak peduli untuk kebutuhan komersial atau personal.

Ditambah lagi dengan telah mengalami penyesuaian oleh Studio Ghibli untuk pembuatan film animasinya. Sehingga pengguna mendapat pengalaman yang cukup baik dari software animasi open source ini. Software animasi ini bisa dibilang "berpengalaman".

Spesifikasi

Ini spesifikasi dari OpenToonz:

Windows

Mac

Microsoft Windows 7 SP1/8.1/10 (64bit)

OS X 10.9 or versi selanjutnya

Intel Core i series processor

Intel Core i series processor

4GB RAM

4GB RAM

500 MB storage space

500 MB storage space

1280 x 1024 monitor resolution

1280 x 1024 monitor resolution

Kamu Mungkin akan Kena Sedikit Bug

Tidak menutup kemungkinan bahwa software animasi ini dapat menyebabkan bug atau masalah saat penggunaannya. Tentu saja, karena sifatnya open source yang memungkinkan masalah terjadi. Versi open source sengaja dibuat, karena agar pengembangan aplikasi agar semakin terbantu dari masalah yang dilaporkan pengguna.

Untuk bertanya-tanya seputar masalah yang dialami, dan memberikan saran, atau diskusi lainnya, kamu bisa mengunjungi Google group-nya. Khusus developer, bisa menggunakan forum GitHub-nya, karena proyek ini pun diluncurkan di GitHub.

Download OpenToonz

Kamu bisa men-download OpenToonz di website-nya sekarang. Namun, sebelum itu, disarankan untuk membaca informasi lebih lanjut tentang OpenToonz, guna mengetahui hal-hal yang mungkin penting untuk diketahui, karena sifat open source dari software animasi ini. Bukan hanya user biasa, OpenToonz juga sengaja disajikan untuk developer.

Download OpenToonz

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.