Masih Hangat
memuat ...

Senin, 21 September 2015

Share:

5 Cara Mengubah Fungsi Notifikasi dan Tombol 'Quick Action' di Action Center Windows 10

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 2

Cara kerja fitur notifikasi di Windows 10 memiliki perubahan. Bukan hanya pada tampilan, melainkan juga pada letak notifikasi yang lebih produktif dan semakin memudahkan penggunanya. Notifikasi kini dapat muncul di pojok kanan bawah layar. Selain itu, notifikasi yang belum atau sudah terbaca dapat dilihat kembali di Action Center.

Tersedianya tombol Quick Action juga berpengaruh di sini. Pengguna dapat dengan mudahnya mengaktifkan fitur yang tombolnya terdapat di Action Center. Semuanya berguna, dan memudahkan pengguna. Sekarang, kita ubah bagaimana notifikasi bekerja, dan tombol Quick Action di Action Center, agar lebih memudahkan kita sebagai pengguna setia Windows. ^_^

Cara Mengubah Fungsi Notifikasi dan Tombol Quick Action

Buka Settings. Salah satu caranya adalah melalui Start.

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10

Masuk ke “System”. Pilih “Notifications and actions”.

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 3

Tombol Quick Action

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 4

Di sini, pengguna dapat mengubah urutan tombol Quick Action, dari yang paling sering digunakan sampai yang paling jarang digunakan. Sayangnya, sementara ini, kita hanya bisa mengubah empat urutan pertama. Dalam gambar ini, saya mengubah urutan ketiga tombol Quick Action menjadi tombol Wifi. Anda dapat melakukan hal yang sama, atau sesuai keinginan Anda. 

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 5

Taskbar dan System Icons

Kalau yang ini, nampaknya sudah tidak perlu dijelaskan lebih jauh. Ikon-ikon yang beterbaran di taskbar dapat ditambah atau dihilangkan keberadaannya. Pengguna cukup memilih ikon mana yang dapat tampil, dengan mengubah tombol menjadi “On”.

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 6

Tentunya, banyak ikon yang keberadaannya sangat dibutuhkan sebagai jalan pintas. Jadi, semua itu tergantung kebutuhan Anda.

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 7

Notifikasi dasar

Di sini, pengguna dapat mengubah cara kerja notifikasi. Pengguna dapat menampilkan notifikasi di Lock screen; atau mencegah munculnya notifikasi di mana pun; telepon, alarm, dan pengingat muncul di Lock screen; atau bahkan mencegah notifikasi saat presentasi menggunakan proyektor (Tapi sejauh ini, saya belum pernah mencoba fungsi dari setelan ini :v).

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 8

Notifikasi aplikasi

Notifikasi dari semua aplikasi yang terinstal dapat diatur di sini. Bukan hanya itu, pengguna juga dapat mengatur bagaimana cara aplikasi menampilkan notifikasinya. Klik nama aplikasi.

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 9

Pengguna dapat mengatur, apakah aplikasi menampilkan notifikasi dengan cara yang diinginkan: menggunakan suara atau tidak; dan menggunakan bilah kecil (yang muncul di pojok kanan bawah layar) atau tidak. Semua tergantung kebutuhan Anda.

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 0

Quiet hours

Fitur ini pernah dibahas dalam salah satu artikel di Kompiwin. Fitur ini berfungsi sebagai pencegah munculnya notifikasi dalam jangka waktu tertentu. Sayangnya, sementara ini, kita hanya dapat menekan tombol Quick Action-nya di Action Center untuk mencegah munculnya notifikasi, tanpa jangka waktu yang dapat ditentukan. Anda perlu menonaktifkan fitur ini lagi untuk dapat kembali menampilkan notifikasi.

cara mengubah notifikasi tombol quick action windows 10 11

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.