Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 05 April 2014

Share:

Cara Menghilangkan/Disable Lock Screen di Windows 8.1

Contoh Lock Screen di PC Settings

Lock screen adalah tampilan yang menampilkan tanggal dan waktu yang disertai dengan gambar latar belakang. Ketika menyalakan komputer yang bersistem operasi Windows 8.1, Anda akan melihat Lock screen yang biasanya terdapat pada sistem operasi dalam smartphone pada umumnya. Saat pertama kali menggunakan Windows 8.1, fitur Lock screen akan terlihat sangat aneh, kecuali jika Anda sudah memiliki pengalaman sendiri menggunakan Windows 8.

Tips Trik Windows 8.1 ini juga dapat dilakukan di Windows 8

Jika Anda sudah cukup lama menggunakan Windows 8.1, Anda tidak akan terasa asing dan bahkan tidak merasa terganggu dengan Lock screen di Windows 8.1 walaupun Anda adalah pengguna mouse dan keyboard yang tidak menggunakan layar sentuh sekalipun.

Bagaimanapun juga, Anda mungkin berpikir yang lain mengenai hal ini. Tapi jika Anda memang benar-benar orang yang sangat membenci fitur Lock screen ini, maka Anda dapat menghilangkan Lock screen di Windows 8.1 dengan mudah.

Cara Menghilangkan Lock Screen di Windows 8.1

Pilih salah satu dari kedua cara ini.

Cara 1: Menghilangkan Lock Screen Melalui Group Policy Editor

Ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Cukup mengikuti tips trik Windows 8.1 ini, dan Anda dapat menghilangkan Lock screen di Windows 8.1 dengan mudah.

Pertama, tekan  + Q (pada keyboard) atau arahkan kursor ke sudut kanan bawah, dan klik Search. Muncullah Search charm dan masukkan gpedit.msc, klik gpedit.msc pada hasil penelusuran.
gpedit.msc untuk menghilangkan lock screen di windows 8.1

Kemudian akan muncul "Local Group Policy Editor". Masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > Control Panel > Personalization. Dan klik dua kali pada "Do not display the lock screen".
gpedit  untuk menghilangkan lock screen di windows 8.1

Pilih Enabled dan klik Ok.
enabled  untuk menghilangkan lock screen di windows 8.1

Cara 2: Menghilangkan Lock Screen Melalui Registry Editor

Cara ini sedikit lebih sulit dibandingkan cara pertama. Tapi jika Anda tidak ingin menggunakan Group Policy Editor, Anda dapat menggunakan Registry Editor.

Lakukan hal yang sama pada cara 1. Namun Anda akan mencari regedit, bukan gpedit.msc.
regedit  untuk menghilangkan lock screen di windows 8.1

Kemudian akan muncul "Registry Editor" dan masuk ke:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Personalization
Jika tidak ada key Personalization, maka Anda dapat membuatnya sendiri secara manual dengan cara mengklik kanan key Windows > New > Key. Masukkan Personalization sebagai namanya.
new key  untuk menghilangkan lock screen di windows 8.1

Setelah itu, buat DWORD 32 bit dengan cara mengklik kanan pada key Personalization > New > DWORD 32 bit.
new dword  untuk menghilangkan lock screen di windows 8.1

Masukkan NoLockScreen sebagai namanya, klik dua kali pada DWORD NoLockScreen. Dan set Value data-nya menjadi 1. 1 berarti menghilangkan Lock screen, dan 0 berarti mengaktifkan Lock screen.
edit dword  untuk menghilangkan lock screen di windows 8.1

Akhir Kata

Itulah 2 Cara Menghilangkan/Disable Lock Screen di Windows 8.1. Anda dapat mengaktifkan kembali Lock screen dengan mengubah Value data-nya menjadi "0", atau mengubah dari Enabled menjadi Not Configured pada Group Policy Editor. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk membaca tips trik Windows 8.1 lainnya.

1 komentar:

  1. terima kasih kang, akhirnya bisa juga diilangin lockscreennya.

    sangat mengganggu soalnya ^^

    BalasHapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.