Cara Mengatasi Font Buram (Blurry Font) di Windows 8.1

Windows 8.1 memang jauh berbeda dari versi Windows sebelumnya. Windows 8.1 lebih mendukung penggunaan layar sentuh (pada Start screen dan Aplikasi Metro) dibandingkan dengan penggunaan

Update

Cara Mengatasi Font Buram (Blurry Font) di Windows 8.1

Windows 8.1 memang jauh berbeda dari versi Windows sebelumnya. Windows 8.1 lebih mendukung penggunaan layar sentuh (pada Start screen dan Aplikasi Metro) dibandingkan dengan penggunaan non-layar sentuh dalam mode desktop.

Hal ini bisa dibuktikan dalam mode desktop yang terdapat font buram.

Umumnya, font buram ini terdapat pada web browser, seperti IE (Internet Explorer) dan Chrome. Font buram ini menyebabkan para pengguna sulit untuk membaca teks, terutama teks yang ditebalkan (bold). Hampir semua web browser memiliki font buram.

cara mengatasi font buram di windows 8.1
Cara mengatasi font buram di Windows 8.1

Sebenarnya font buram tidak selalu terdapat pada web browser. Mungkin beberapa software lain juga memiliki font yang buram.

Hal ini menyebabkan para pengguna merasa tidak nyaman dan kesulitan membaca teks pada layarnya.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara mengatasi font buram di Windows 8.1 agar lebih mudah dibaca.

Cara Mengatasi Font Buram di Windows 8.1

Membesarkan Ukuran Semua Item

Cara pertama ini dapat memudahkan kita dalam membaca teks atau melihat item (objek) di Windows 8.1. Pertama buka Control Panel dengan cara arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah layar. Klik Settings, lalu klik Control Panel.

Control Panel

Cari display dalam kotak pencarian. Pilih Make text and other items larger or smaller.

display mengatasi font buram

Setelah itu, Anda akan menemukan pengaturan untuk mengatasi font buram (blurry font) di Windows 8.1. Lalu cek/centang Let me choose one scaling level for all my displays.

mengatur ukuran item

Cara ini dapat memudahkan Anda untuk membaca text pada layar Windows 8.1 dengan membesarkan ukuran font dan objek lain.

Cara Mengatasi Font Buram pada Software Tertentu

Jika Anda merasa masih kurang dalam mengatasi font buram dengan cara pertama, maka lakukan cara kedua untuk mengatasi font buram di Windows 8.1.

Web browser adalah software yang paling berpengaruh pada font. Font buram dapat dimiliki pada web browser, apalagi Google Chrome dan IE (Internet Explorer).

Lalu bagaimana cara mengatasi font buram pada web browser dan software lain di Windows 8.1?

Buka salah satu web browser, misalnya Google Chrome. Klik kanan icon Google Chrome pada Taskbar. Klik kanan Google Chrome, dan pilih Properties.
Google Chrome

Masuk ke tab Compatibility. Centang Disable display scaling on high DPI settings, dan klik Ok.

Disable display scaling
Disable display scaling on high DPI settings

 

Lakukan cara kedua ini pada software tertentu untuk mengatasi font buram di Windows 8.1.

Akhir Kata

Mungkin kedua cara untuk mengatasi font buram di atas tidak memiliki efek yang besar dalam mengatasi font buram di Windows 8.1. Tapi setidaknya kita bisa melihat layar dan membaca teks lebih mudah. Mungkin ini juga dapat mengurangi risiko kerusakan mata saat melihat layar komputer.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Mengatasi Font Buram (Blurry Font) di Windows 8.1 di Tips Trik Windows 8.1. Jangan lupa untuk share artikel ini!

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar