Smart IR Remote Bardi

Smart IR Remote

Smart Home akhir-akhir ini tengah menjadi salah satu tren di tengah kehidupan perkotaan modern. Salah satu inovasi untuk Smart Home adalah Smart Plug Bardi.

Ada banyak peralatan rumah tangga yang fungsinya bertambah dan membuat kehidupan di rumah menjadi lebih terkoneksi dan memudahkan kehidupan modern.

Bardi sendiri sebagai salah satu penyedia produk-produk dan layanan smart home di Indonesia banyak menyediakan produk-produk yang mendukung serta memaksimalkan konektivitas rumah kamu.

Salah satu inovasi produk dari Bardi Smart Home adalah Smart IR Remote. Bardi Smart IR Remote adalah pemancar infrared pintar yang bisa dikendalikan melalui aplikasi selama ada Wi-Fi/Hotspot.

Dengan alat kecil ini kamu dapat dengan mudah menggantikan semua fungsi remote infrared yang berada dalam radius 10 m. Semua fungsi remote seperti TV, AC, dan lainnya dapat kamu kendalikan dengan handphone milik kamu.

Tentunya rumah kamu dapat menjadi lebih Smart Home lagi karena kamu dimudahkan untuk menyalakan AC, mengganti channel, dan kebutuhan lainnya.

Penasaran dengan produk Smart IR Remote dari Bardi ini? Nah, beruntung sekali karena dalam artikel kali ini kami akan membahas serba serbi dari alat mungil yang satu ini. Langsung saja kita simak berikut ini.

Produk Smart IR Remote

Perangkat yang dibanderol dengan harga resmi Rp 125.000 ini sangat ringan dan mungil. Walaupun memiliki bentuk yang kecil, tetapi fungsinya luar biasa besarnya dan dengan harga 125 k saja, tentunya tidak terlalu memberatkan kantong kamu,

Alat yang satu ini mampu memancarkan sinyal Infrared hampir ke seluruh penjuru. Sehingga jika diletakkan di posisi yang tepat, tanpa penghalang fisik dan interference elektrik, maka IR Remote ini bisa menyampaikan perintah yang diinput di ponsel ke seluruh perangkat yang ada di rumah Anda.

Remote ini dapat menggantikan semua remote infrared dengan mayoritas sudah ada dalam daftar dan bila tidak ada, bisa di duplikat signal infrared dari remote lama ke remote Bardi.

Dengan sudut pemancaran di 360 derajat dan jarak hingga 10m, remote Bardi dapat mengendalikan banyak perangkat yang dalam garis pandang karena sinyal infrared tidak dapat tembus halangan.

Remote ini sangat mudah di pasang, hanya dengan menghubungkan ke listrik mengingat kepala adaptor sudah termasuk dalam dus IR Remote Bardi.

Jadi kamu cukup menghubungkan alat ini ke handphone kamu melalui aplikasi Bardi Smart Home dan segala macam remote dan fungsinya dapat kamu kendalikan dari satu handphone. Tentunya sangat mempermudah bukan?

Selain itu, kamu juga bisa meminimalisir penggunaan remote tradisional yang sewaktu-waktu memerlukan penggantian batre. Selain mempermudah, tentunya Smart IR Remote juga membuat kamu lebih hemat.

Mau tahu review produk lain dari Bardi ? Coba simak review lampu pintar Bardi lengkap dengan cara mengkoneksikan dengan smartphone.

Spesifikasi Dari Smart IR Remote

Smart IR Remote oleh Bardi di desain dengan model futuristik yang simpel dan juga elegan. Berikut adalah spesifikasi dari produk yang satu ini secara lebih spesifik.

  • Warna : Hitam
  • WIFI : IEEE 802.11 b/g/n 2.4GHz
  • Power : 5V DC 2A
  • Sistem Pendukung : IOS & Android OS
  • Dimensi : 100 x 100 x 26mm
  • Frekuensi Infrared : 38-56KHz
  • Sudut Infrared : 360⁰
  • Jarak Infrared : 10m

Nah, alat yang satu ini memang fungsinya bisa membuat satu ruangan terlihat lebih rapi tanpa perlu menggunakan remot-remot tradisional untuk menggunakan berbagai alat seperti AC dan Televisi. 

Kelebihan Smart IR Remote

Alat yang satu ini memiliki banyak sekali kelebihan. Pertama-tama harganya yang murah dan sangat terjangkau. Desain dari alat yang satu ini juga mungil dan mudah diletakkan di permukaan dan tidak akan merusak desain ruangan.

Selain itu, Smart IR Remote juga memiliki kelebihan lain seperti Wireless WiFi control, termasuk 220v to 12v adaptor,  memiliki 360 degree infrared blaster, dapat digunakan dengan Alexa Echo & Google home dan juga bisa mensupport Siri & Google Assist dari handphone, dan terakhir bisa dikontrol banyak user. 

Cara Menggunakan Smart IR Remote

Tidak berbeda dengan produk dari Bardi lainnya. Alat ini dapat digunakan di handphone Android dan iOS dengan menggunakan aplikasi Bardi Smart Home.

Aplikasi ini sendiri dapat diunduh di Google Play Store dan Apple Store. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Instal aplikasi Bardi Smart Home di Google Apps Store atau Apple Store.
    Bardi Smart Home
    Bardi Smart Home
    Developer: bardi official
    Price: Free
    Smart IR Remote Bardi 15
  2. Setelah selesai, buka dan daftar dengan memasukkan alamat email dan verifikasi.Smart IR Remote Bardi 16
  3. Selanjutnya buat password untuk keamanan aplikasi ini.Smart IR Remote Bardi 17
  4. Untuk menghubungkan Smart IR Remote dari Bardi dengan aplikasi ini, kamu cukup tekan tombol add manually dan pilih produk yang kamu pakai.Smart IR Remote Bardi 18
  5. Masukan APN WiFi rumah, dan masukkan passwordnya, untuk kemudian diingat oleh perangkat IR Remote yang akan kita sambungkan.Smart IR Remote Bardi 19
  6. Sambungkan IR Remote 10M ke kabel power yang telah disediakan, lalu segera tekan tombol WiFi di IR Remote dan tahan hingga 5 detik sampai lampu indikator berkedip.
  7. Setelah lampu berkedip, kembali ke aplikasi lalu pilih tombol konfirmasi bahwa lampu indikator telah berkedip cepat, dan tekan selanjutnya. Maka IR Remote akan terhubung ke Hotspot, lalu dihubungkan juga ke aplikasi. Proses ini membutuhkan waktu. Usahakan sinyal hotspot di rumah terbaca dengan kuat dan stabil.
  8. Ketika sudah terhubung, kamu akan masuk ke halaman penambahan perangkat. Di sini banyak sekali perangkat yang kompatibel dengan remote IR ini. Diantaranya adalah AC, TV, proyektor, kipas angin, STB, dan sebagainya.
  9. Selesai.
Butuh colokan yang on off bisa diatur lewat smartphone ? Mau coba produk Smart Plug dari Bardi ? Coba ikuti dan simak review Smart Plug Bardi beserta cara menggunakannya..

Kesimpulan

Nah, bisa disimpulkan bahwa smart IR remote dari Bardi ini menjadi salah satu alat yang dapat mempermudah kehidupan kamu.

Tentunya dengan alat mungil ini kamu bisa menggunakan banyak fungsi remote dalam satu handphone. Selain mempermudah, hal ini juga bisa membuat ruangan menjadi lebih rapi.

Bisa dikatakan bahwa produk yang satu ini benar-benar bisa membantu kamu untuk mentransformasi rumah menjadi smart home. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa langsung cek website milik Bardi di https://bardi.co.id/.

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.